Home » sosiologi » Tips Membangun Kepercayaan Dalam Masyarakat Desa

Tips Membangun Kepercayaan Dalam Masyarakat Desa

Kepercayaan satu sama lain itu sangatlah penting. Ditambah dengan hidup dalam lingkungan yang berbeda latar belakang sosial budaya. Tak heran dalam sebuah desa saling menjatuhkan satu sama lain. Hal ini tentu disebabkan oleh keterbatasan wawasan dan juga pengetahuan. Saling tidak percaya satu sama lainnya juga banyak penyebab, salah satunya adalah kurang terbuka. Walaupun hal itu terjadi, lalu bagaimana cara membangun kepercayaan dalam masyarakat ramai?

Kepercayaan satu sama lain itu sangatlah penting Tips Membangun Kepercayaan Dalam Masyarakat Desa

Kami rasa sangat mudah, yang terpenting kita bisa terbuka dan juga mengedepankan kejujuran dengan lingkungan kita sendiri. Nah, dengan demikian maka. Orang lain tentu akan senang dengan kita serta bisa menjaga kepercayaan yang ada. Tidak mudah memberi kepercayaan tanpa dibuktikan dengan perbuatan. Maka, dalam hal ini juga perlu kebersamaan dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat.

Berbuat Demi Kepentingan Umum
Tidak heren bila seorang pemimpin kurang kepercayaan dari rakyatnya. Hal ini tentu dikarekan apa yang dilakukan hanya kepentingannya semata dan tanpa mempedulikan kepentingan secara umum. Begitu juga dengan kepentingan kelompok, maka pemimpin itu juga tidak ada kepercayaan dari pengikutnya.

Lalu apa yang perlu dilakukan agar kepercayaan tetap terjaga? Nah, seperti yang kami buat sub judul yakni perlu berbuat hanya semata mata kepentingan umum. Apa pun kegiatan, bila manfaatnya dirasakan oleh masyarakat umum tentu kita akan dipercaya sepenuhnya. Itu salah satu contoh untuk membangun kepercayaan dalam bermasyarakat.

Berikut cara paling mudah membangun kepercayaan dalam masyarakat yakni, di bawah ini:

  1. Peduli
  2. Kebersamaan
  3. Memberi Kesempatan Untuk Masyarakat
  4. Keterbukaan

Untuk poin pertama adalah peduli dalam berbagai hal. Sebagai contoh kecil, bila ada orang sakit kita yang pertama akan mengajak orang lain untuk menjenguknya. Begitu juga dengan kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.

Baca:  Ciri Ciri Orang Mudah Terpengaruh Dengan si Munafik

Selanjutnya adalah kebersamaan dalam bermasyarakat. Hemm.. ini tentu sangat penting sekali. Kebersamaan dalam segala kegiatan tentu menjadi nilai lebih dimata lainnya. Dengan demikian kepercayaan orang terhadap kita tentu akan meningkat.

Nah, pada poin ketiga adalah memberi kesempatan untuk orang lain. Hal ini juga sangat penting guna untuk memberi kepercayaan pada orang lain. Dengan demikian maka, orang lain tentu akan bertampah percaya pada kita sendiri.

Yang terakhir adalah terbuka. Ini yang kadang membuat orang lain bisa percaya bahkan tidak. Hal ini juga yang kadang bisa menimbulkan konflik sosial bahkan krisis kepercayaan bila kita sendiri tidak terbuka dengan apa yang telah kita lakukan.

Berbeda dengan melakukan sesuatu menggunakan fasilatas pribadi dan juga keuangan sendiri. Namun, bagaimana bila kita menggunakan fadilitas umum serta keuangan umum namun memanfaatkan untuk kepentingan sendiri tentu akan menjadi masalah.

Jadi sesuai dengan judul di atas terkait dengan tips membangun kepercayaan dalam masyarakat desa tentu keempat poin di atas perlu dijaga. Tujuannya agar selain mendapatkan kepercayaan juga bisa mendapatkan penghargaan paling tidak dapat terima kasih dari orang banyak.

Jadi kesimpulan dari membangun kepercayaan dalam bermasyarakat tentu diperlukan transparansi serta dapat mengedepankan kepentingan secara umum. Demikian sekialas informasi bagaimana cara hidup dalam bermasyarakat hingga mendapatkan kepercayaan serta dapat dihormati oleh satu dan lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.