Thermal Paste Terbaik Untuk PC dan Laptop

Thermal Paste Terbaik untuk Digunakan Pada PC dan Laptop –  Thermal paste adalah pasta konduktif panas yang ditempatkan di antara heat sink dan perangkat yang dimaksudkan untuk menjadikan dingin. Ini juga dapat ditempatkan di antara komponen lain, terutama antara CPU dan pendingin ac. Thermal paste membantu mendapatkan konduksi panas yang lebih baik.

Baca: Apa Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

Heatsink, CPU, dan pendingin memiliki ketidaksempurnaan yang kecil dan tidak terlihat yang berpotensi menjebak udara dan menurunkan kinerja umum pendinginan. Thermal paste menghaluskan permukaan ini dan membuatnya bekerja seefisien mungkin. Udara tidak baik untuk menghantarkan panas untuk membuat pendinginan. Konduksi panas adalah apa yang mengambil panas dan memindahkannya dari komponen yang menghasilkan panas tersebut.

Berapa Banyak Thermal Paste yang Digunakan

Saat bermain game di PC, CPU adalah komponen yang akan membutuhkan thermal paste. Tujuan Anda saat menerapkan thermal paste adalah untuk mendapatkan lapisan kertas di atas CPU Anda. Untuk ini, gunakan hanya satu titik tempel di setiap sisi CPU Anda (sebutir biji jagung sudah cukup).

Cara Menggunakan Thermal Paste dan Menghapusnya

Ketika akan memberikan thermal paste, langkah pertama adalah memasukkan CPU ke soket yang tepat pada motherboard komputer Anda.

Langkah kedua adalah meletakkan titik thermal paste ke tengah CPU. Itu harus seukuran bantalan bola kecil, atau berpotensi sedikit lebih kecil dari kacang polong. Ambil komponen dan tekan ke bawah pada titik. Kunci komponen itu ke tempatnya yang benar. Ini akan menyebarkan titik thermal paste keluar. Anda selalu dapat mengangkat komponen untuk melihat apakah pasta telah disebarkan secara merata. Jika tidak berjalan sesuai rencana, bersihkan dan coba lagi.

Jika Anda ingin tahu cara menghapus thermal paste, yah, itu cukup sederhana. Bersihkan menggunakan kain mikrofiber tanpa serat (penyaring kopi juga bisa digunakan sebagai alternatif yang murah). Ini akan menghindari membuat lebih banyak lubang mikroskopis yang mengurangi konduksi kepala saat menyeka pelumas termal.

Sekarang, mari kita bicara tentang beberapa jenis thermal paste CPU yang dapat Anda gunakan saat membangun PC. Ini akan membantu Anda memilih thermal paste terbaik untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar

Thermal Paste untuk Overclocking

Noctua NT-H1

Overclocking PC Anda menghasilkan banyak panas, dan thermal paste Noctua NT-H1 dibuat persis untuk tujuan ini. Itu membuat CPU komputer hingga dua derajat lebih dingin, dan proses aplikasi sangat mudah tanpa memerlukan waktu penyelesaian. Ini juga merupakan alternatif yang sangat murah, meskipun harus dicatat bahwa penawaran Noctua sebenarnya termasuk lebih sedikit dari pasta itu sendiri (yang merupakan cara perusahaan menurunkan harga).

Thermal Grizzly Kryonaut

Thermal Grizzly Kryonaut adalah pasta yang sangat mahal, harganya dua kali lipat dari harga Noctua NT-H1 dan termasuk pasta yang sedikit lebih sedikit. Untuk alasan ini, produk ini hanya ditujukan untuk gamer PC yang paling berdedikasi dan hardcore. Pasta ini tidak memiliki daya konduktif, yang sangat ideal untuk thermal paste.

Ini juga tidak memiliki persyaratan waktu penyelesaian, artinya mudah untuk diterapkan ke komputer Anda. Ini memiliki kemampuan pendinginan suhu tiga hingga empat persen lebih rendah.

Jika Anda mencari untuk mengambil thermal paste, kemungkinan Anda sudah tahu sedikit tentang membangun komputer. Jika tidak, pastikan untuk membaca tentang jenis komponen yang Anda gunakan sehingga Anda dapat membeli jenis thermal paste terbaik untuk pekerjaan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.