Medipedia – Gambar yang bagus dan menarik akan lebih banyak disukai orang dibandingkan dengan yang biasa saja, jadi kita semua akan senang melihat gambar yang baik setiap hari.

Saya membutuhkan gambar beresolusi tinggi akhir-akhir ini untuk digunakan di blog medipedia, dan bahkan Saya juga membutuhkannya untuk dibagikan di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest dll. Tidak hanya Saya saja yang membutuhkannya, tetapi semua orang juga mencari stok gambar gratis yang bisa digunakan kembali tanpa terkait masalah hukum.

Ketika Saya mulai blogging, saya menggunakan gambar yang dicari melalui Google dan kemudian menggunakannya langsung di blog Saya tanpa memberikan kredit kepada pemilik yang sebenarnya.

Menggunakan gambar secara langsung di blog sepertinya ilegal, jadi Saya memutuskan untuk membaca lebih lanjut tentang lisensi gambar. Bahkan ada sebuah kasus yang Saya temukan di internet bahwa seorang penulis membayar $4000 karena menggunakan 10 foto tanpa izin (ilegal).

Baca: Cara Membuat Artikel SEO Agar Bisa Masuk di Halaman Pertama

Disini kita akan membahas tentang situs penyedia gambar gratis terbaik yang bisa membantu Anda untuk mengambil gambar bebas hak cipta dan bisa digunakan pada blog Anda. Tetapi sebelum melangkah ke pokok inti pembahasan Saya ingin menjelaskan tentang lisensi gambar. Anda harus menggunakan gambar dengan lisensi creatif common, karena ini adalah gambar yang dapat Anda gunakan pada blog Anda. Anda dapat melihat penjelasan tentang creative Common pada video dibawah ini:

 

 

Dan Anda dapat lihat gambar dibawah ini untuk lebih memahami tentang Creative Common

Creative Common Rule

Aturan Gambar kreatif Sumber: bloggingcage.com

Anda dapat menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan foto atau gambar yang ditempatkan di bawah lisensi Creative Commons asalkan foto atau gambar dikaitkan dengan benar kepada pemilik aslinya. Lisensi creative common berlaku diseluruh dunia dan bersifat secara eksklusif. Semua gambar yang ada di internet memiliki berbagai macam lisensi, jadi selalu periksa lisensi sebelum menggunakan gambar apun secara online.

Lebih detailnya Anda dapat lihat berbagai macam lisensi gambar yang bisa Anda pahami:

Macam macam Lisensi

Macam macam Lisensi Sumber: bloggingcage.com

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa situs penyedia gambar gratis terbaik dengan resolusi tinggi yang bisa kalian download secara gratis. Gambar-gambar royalti ini tersedia dalam berbagai ukuran sehingga Anda dapat mengunduhnya sesuai dengan kebutuhan atu bisa mencompresnya dengan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Internet dengan Kata Kunci Yang Tepat

70+ Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik (Bebas Hak Cipta)

1. Unsplash

Unplash adalah salah satu situs terbaik untuk mendapatkan gambar gratis yang bisa Anda gunakan pada blog, Pinterest atupun kegiatan marketing pemasaran online. Unplash memiliki gambar dari semua kategori/genre yang diupdate setiap harinya.

2. Pexels

Pexel juga salah satu situs penyedia gambar gratis terbaik, dan ini adalah situs yang sering Saya gunakan untuk mencari gambar. Anda dapat mengunduh dengan sangat mudah, pilih ukuran gambar dan simpan dikomputer Anda.

3. Pixabay

Pixabay adalah salah satu situs terbaik untuk mendapatkan stok gambar bebas hak cipta yang bisa anda gunakan pada blog dan kreasi grafis lainnya.

4. Death to the Stock Photo

Memiliki nama yang cukup unik untuk sebuah blog, tetapi Anda dapat mengunduh gambar profesional yang disediakan oleh mereka secara gratis. Anda bisa berlangganan untuk mendapatkan informasi update gambar terbaru setiap minggunya.

5. Gratisography

Seperti semua situs lain yang disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan Gratisography untuk mengunduh beberapa gambar stok yang luar biasa secara gratis.

6. PhotoPin

Saya suka situs ini lebih dibandingkan dengan situs lainnya. Desain situs ini sangat mengagumkan sehingga ini adalah pilihan pertama ketika Saya mulai mencari gambar untuk artikel.

Mereka telah mengambil semua gambar dari Flickr, yang berada di bawah lisensi kreatif sehingga Anda dapat menggunakannya dalam posting blog.

Baca:  Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya

Dari situs ini, Anda dapat mengunduh gambar dari berbagai ukuran, dan mereka menyediakan kode atribusi yang dapat Anda tempatkan langsung di blog Anda setelah disalin. Anda dapat mengunduh gambar dari berbagai ukuran dan langsung menyalin kode dan tempel di posting blog Anda.

7. FreeDigitalPhotos

Mereka menawarkan gambar gratis untuk penggunaan bisnis dan pribadi. Anda dapat menggunakan gambar-gambar ini untuk blog Anda, tujuan periklanan, berbagai surat kabar, ebooksdan di berbagai tempat lainnya.

8. StockVault

Anda akan mendapatkan koleksi foto stok berkualitas tinggi, serta templat logo, clip art, tekstur, dan latar belakang. Kualitas gambarnya sangat mengagumkan, dan bahkan desainer profesional dapat memilih gambar dari sini untuk penggunaan non-komersial.

9. Stock.Xchng

Ketika Anda akan mulai mencari gambar di sini (seperti semua situs lain) maka mereka akan menyarankan Anda gambar premium dari penyedia gambar lainnya. Jadi jika Anda tidak puas dengan gambar gratis, Anda dapat menghabiskan sedikit uang dan membeli dari sana juga. Karena gambar yang akan ditampilkan sebagai premium akan sangat ditargetkan untuk kata kunci pencarian Anda.

10. Fotolia

Fotolia adalah situs web besar yang memiliki 20 juta stok foto bebas royalti dan premium, Fotolia menawarkan beberapa foto gratis. Ukuran gambar bervariasi dari sekitar 425x280px hingga 3.400 × 2.300px.

11. Flickr

Flickr adalah salah satu situs tertua untuk mendapatkan gambar gratis. Semua gambar yang diunggah di situs ini dibuat oleh pengguna dan mereka dapat memilih lisensi saat mengunggah gambar. Gambar yang memiliki creative common bebas untuk digunakan.

12. Burst

Burst adalah platform yang diluncurkan oleh Shopify. Semua foto di platform mereka ditawarkan di bawah lisensi CC0, yang berarti Anda dapat menggunakan foto untuk tujuan apa pun.

13. Albumarium

Ini adalah situs gambar stok gratis yang dibuat oleh Vilem Ries. Mereka telah mendaftarkan beberapa gambar luar biasa dari fotografer profesional yang dapat Anda unduh secara gratis.

14. Magdeleine

Magdeleine selalu membagikan foto resolusi tinggi setiap hari. Mereka memiliki gambar dengan lisensi berbeda yang dapat Anda pilih dengan mengatur filter di sebelah kanan. filter ini memungkinkan Anda untuk memilih gambar sesuai warna. Cukup pilih warna favorit Anda dan itu akan memfilter semua foto itu.

15. BarnImages

Barnimages diluncurkan pada Maret 2015 oleh Igor Trepeshchenok dan Roman Drits, dua fotografer dari Latvia. Di sini, Anda hanya akan menemukan fotografi berkualitas yang di publikasikan secara segar oleh para fotografer.

16. NegativeSpace

17. Skitterphoto

18. Jay Mantri

19. Polar Fox

20. Good Stock Photos

21. Travel Coffee Book

22. Free Food Photos

23. Startup Stock Photos

24. KaboomPics

25. Pic Jumbo

26. Negative Space

27. Morguefile

28. Stokpic

29. ColorUBold

30. Freerange

31. LibreShot

32. Fancy Crave

33. StockSnap.io

34. SplitShire

35. Life of Pix

36. HubSpot

37. ISO Republic

38. New Old Stock

39. ReShot

40. FoodiesFeed

41. Freestocks.org

42. Picography

43. MMT Stock

44. Little Visuals

45. Epicantus

46. ShotStash

47. StyledStock

48. DesignerPics

49. RealisticShot

50. FancyCrave

51. StartupStockPhotos

52. Scatter Jar

53. TravelCoffeeBook

54. GoodFreePhotos

55. 4FREEPhotos

56. Adigitaldreamer

57. BigFoto

58. Freeimages.co.uk

59. FreeNatureStock

60. StockUp

61. FreePik

62. Nomad Pictures

63. GetRefe

64. PublicDomainArchive.com

65. Flazingo

66. IMCreator.com/free

67. Plixs

68. Commons.Wikimedia.org

69. Rawpixel

70. IvoryMix

71. Focus Fitness

72. The Pic Pac

73. StreetWill

74. PicoGraphy

Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Download Software Gratis Full Version (PC)

Kesimpulan

Berhentilah menggunakan gambar yang Anda cari di google images. Anda dapat menggunakan situs penyedia gambar gratis yang saya sebutkan diatas tanpa harus memusingkan hak cipta. Jika Anda memiliki situs penyedia gambar gratis terbaik lain yang lebih lengkap lagi dari daftar Medipedia silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah.