Home » pkh » Seharian Bersama KPM PKH di Kebun

Seharian Bersama KPM PKH di Kebun

Di luar tugas dan kewajiban pendamping, namun hari ini saya hanya mengisi waktu luang untuk bersama keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di kecamatan lhoong kabupaten aceh besar. Sudah menjadi rutinitas bagi KPM ini untuk menghidupi keluarganya.

 namun hari ini saya hanya mengisi waktu luang untuk bersama keluarga penerima manfaat pro Seharian Bersama KPM PKH di Kebun

Nurbaiti istri dari Zakaria beralamat desa Umong Seuribee kecamatan lhoong kabupaten aceh besar. Ia penuh semangat merawat kebun demi bisa memaksimalkan usahanya. Dalam kebun ini mereka menanam kacang, cabai, dan juga terong. Alhamdulillah usaha mereka sudah membuahkan hasil yakni panen kacang dan terong. Untuk tanaman cabai masih dalam proses panen.

Keluarga nurbaiti yang dikaruniai tiga buah hati membuat mereka semangat bekerja demi pendidikan anak. Anak yang pertama sudah usia SMA, kedua masih sekolah dasar, dan yang ketiga usia prasekolah. Ke tiga anak nurbaiti, diantaranya dua perempuan dan yang terakhir laki laki.

Zakaria suami dari nurbaiti kesehariannya selain berkebun ia juga memelihara ternak. Demi mencukupi kebutuhan keluarga, zakaria pun bekerja sebagai pedagang ikan keliling. Tak pandang bulu, apapun pekerjaan yang bisa menghasilkan, suami nurbaiti ini terus bekerja.

Bercocok Tanam di Kebun Orang
Tidak membuat mereka patah semangat untuk bertani atau berkebun. Ladang dimana tempat nurbaiti bercocok tanam bukan miliknya sendiri, melainkan milik orang lain. Namun, mereka bekerja sebagaimana membersihkan kebun sendiri.

 namun hari ini saya hanya mengisi waktu luang untuk bersama keluarga penerima manfaat pro Seharian Bersama KPM PKH di Kebun

Secara kasat mata, saya sebagai pendamping PKH. Sebelunya, melihat kebun yang mereka kelola penuh dengan rimba dan rumput ilalang yang membuat nurbaiti harus menguras tenaga saat membuka kebun. Namun, sekarang sudah terlihat sangat rapi dan bersih. Itulah keseharian keluarga nurbaiti yakni KPM PKH dampingan Arifin S.

Sifat nurbaiti yang ramah membuat keluarga ini sudah saya anggap seperti saudara sendiri. Hari ini sabtu, 15 juni 2019 saya pun bersama mereka di kebun kacang yang baru ia panen. Saya mengelilingi kebun dan melihat tanaman yang mereka tanam. Mulai dari dari cabai, terong, dan kacang. Harapan kami, usaha nurbaiti bisa membuahkan hasil yang maksimal dan juga bisa menyekolahkan anaknya hingga keperguruan tinggi!.

Baca:  Alasan Mengapa Data KPM PKH Menjadi Data Privasi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.