Seberapa Penting Kecepatan Website Untuk SEO?

Seberapa Pentingnya Kecepatan Website  – Saat ini, orang-orang lebih mengutamakan bertanya pada google dibandingkan bertanya pada teman, buku, surat kabar atau orang yang dianggap lebih tahu. Pencarian pada kolom google setiap harinya selalu meningkat, bahkan cenderung meningkat signifikan setelah istilah “searching” semakin populer di masyarakat.

Seberapa Pentingnya Kecepatan Website
Seberapa Pentingnya Kecepatan Website

Pada dasarnya google hanya menjadi fasilitas bagi blog dan berbagai website untuk mengelola berbagai topik di masyarakat. Baiklah, artikel yang sedang anda baca ini akan membahas mengenai pentingnya kecepatan Webiste.

Mengapa penting? Pernahkah anda membuka suatu website? Dimana saat itu ada sedang buru-buru mencari suatu informasi, namun tiba-tiba website yang anda buka justru mengalami loading yang lama. Bukan karena jaringan internetnya yang jelek, tetapi bisa jadi karena memang website itu sendiri yang kurang bersahabat. Perasaan jengkel pasti ada dalam benak Anda melihat website yang susah dibuka.

Sebenarnya kecepatan website bisa diatasi dengan berbagai cara, dan Anda perlu mengetahui kenapa suatu website memiliki kecepatan yang rendah. Setidaknya para pemilik website atau blogger perlu adanya pengaturan, tata letak dan fitur yang mumpuni untuk mempercepat akses website.

Pentingnya kecepatan website akan berpengaruh pada indeks yang tinggi pada mesin pencari (Search Engine Optimization), website yang aksesnya cepat juga memberikan profit yang cukup besar bagi pemiliknya. Terutama website yang telah memiliki iklan adsense.

Baca: Kenapa Alexa Rank Begitu Penting Untuk Website?

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Website

Kecepatan website biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor,dan faktor ini sebenarnya bisa diatasi. Sehingga kecepatan webiste bisa memuaskan para pengunjung.

Loading Website
Loading Website

1. Hosting

Bagaimana Hosting bisa mempengaruhi kecepatan website? Hosting menjadi tempat untuk menyimpan data-data berupa gambar, aplikasi, program, database dan media lainnya. Semakin cepat akses datanya, maka kecepatan website juga meningkat. Secara tidak langsung, hosting memberikan peranan penting dalam menentukan kecepatan website.

Jika anda membutuhkan hosting yang bagus, maka Dewaweb bisa menjadi pilihannya. Ia sangat menaruh perhatian lebih pada kecepatan website. Berbagai teknologi optimasi terbaru digunakan oleh Dewaweb untuk mendukung terciptanya hosting yang mumpuni dan menyuguhkan kecepatan maksimal. Seluruh server Dewaweb telah terintegrasi dengan LSCache untuk mempercepat website, tentu dampaknya pada kepuasan para penyewa hoting.

2. Template

Apa yang dimaksud dengan template? Template merupakan desain website yang memuat berbagai fitur berupa gambar statis dan gambar dinamis. Template yang tidak tepat sangat berpengaruh pada kecepatan akses, apalagi jika template-nya membosankan dalam artian background yang digunakan tidak kontras. Sebaiknya template yang ringan bisa diterapkan pada website yang Anda kelola.

3. Broken link

Pentingnya kecepatan website tidak hanya berbicara mengenai peringkat SEO dan profit dari iklan. Website yang aksesnya cepat bisa dijadikan rujukan dan orang berlangganan mengunjungi website kita. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja website adalah broken link. Setiap link yang rusak akan masuk ke halaman 404. Broken link ini mempengaruhi SEO dan juga pengunjung. Anda bisa cek broken link di Broken Link Checker.

4. Widget

Bagi anda yang memiliki blog atau website, maka istilah Widget sangat akrab di telinga. Widget merupakan fitur khusus sebagai tambahan dalam website dengan menyisipkan sejumlah kode pemrograman, antara lain HTML atau ada pengaturan khusus. Anda bisa menempatkan widget pada bagian sidebar. Pemasangan widget ini memberikan fungsi tertentu kepada pengunjung seperti menampilkan postingan terpopuler pada website itu, postingan terbaru dan beberapa topik menarik lainnya.

Kecepatan Website
Kecepatan Website

Terakhir, pentingnya kecepatan website juga akan sangat berdampak pada jumlah pengunjung website dalam setiap harinya. Untuk mengurangi keterlambatan akses website, anda perlu melakukan pemilihan asset (js/html/css), gunakan yang diperlukan saja. Biasanya orang yang telah membuat proyek pembuatan web, dimana templatenya beli, mereka seenaknya meng-ekstrak dan digunakan langsung. Padahal asset tersebut masih harus difilter agar performa website semakin membaik.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Harus Menggunakan CDN di Situs Anda

Pentingnya kecepatan website tidak bisa dipandang sebelah mata, apalagi jika dilihat dari sisi bisnis. Tidak sedikit para pelaku bisnis online menggunakan website, disinilah kejelian seorang pengelola bisnis online untuk mensiasati websitenya agar mendapatkan akses yang cepat. Tentunya hal ini mempengaruhi juga pada omset yang akan diperoleh setelah akses website tersebut benar-benar lebih cepat dibandingkan website yang lain.

Setelah kalian mengetahui seberapa penting kecepatan website ini, silahkan cek website yang Anda kelola memalui GTMetrik atau PageSpeed Insight untuk mengetahui performanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.