Home » bansos » Pro Abes Program Penanggulangan Kemiskinan Aceh Besar

Pro Abes Program Penanggulangan Kemiskinan Aceh Besar

Program Aceh Besar Sejahtera atau disingkat dengan Pro Abes merupakan program penanggulangan kemiskinan yang dibentuk secara khusus melalui Peraturan Bupati Nomor 58 Tahun 2017. Berdasarkan kutipan dari proabes.com 15 Agustus 2018, tugas Pro Abes antara lain yakni, melakukan pendataan, verifikasi dan juga validasi data masyarakat miskin dalam Wilayah Kabupaten Aceh Besar. Program ini hanya ada di kabupaten Aceh Besar provinsi Aceh.

Tujuan Program Aceh Besar Sejahtera (Pro Abes)
Program Aceh Besar Sejahtera (Pro Abes) ini, bertujuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin melalui bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, dan juga pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil serta program dalam rangka meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat khusus Aceh Besar.

 yang dibentuk secara khusus melalui Peraturan Bupati Nomor  Pro Abes Program Penanggulangan Kemiskinan Aceh Besar

Program yang sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu. Rabu 15 Agustus 2018, Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali, secara resmi meluncurkan Program Aceh Besar Sejahtera (Pro Abes) di Aula LPMP Aceh, Desa Niron Kecamatan Suka Makmur Aceh Besar.

Melalui program ini juga, harapan pemerintah Aceh Besar dapat mengurangi angka kemiskinan kedepan. Berdasarkan data yang ada tahun 2017, Aceh Besar memiliki 14.45 persen penduduk miskin dari jumlah penduduk 400 ribu jiwa. Artinya terdapat 56 ribu penduduk miskin.

Baca Juga: Perbedaan Bantuan PKH Dengan Bansos Lainnya

Target Aceh Besar, di tahun 2022 angka kemiskinan dapat berkurang menjadi 10 persen. Artinya bisa berkurang dari 56 ribu menjadi 25 ribu masyarakat miskin. Melihat program Pro Abes yang sinergi dengan program PKH, maka besar kemungkinan Aceh Besar mampu mengurangi angka kemiskinan.

Aceh Besar Mampu Mengurangi Angka Kemiskinan Secara Cepat
Tidak ada alasan pemerintah Aceb Besar gagal mengurangi angka kemiskinan sesuai target. Program bantuan Pro Abes yang hampir sama dengan bantuan PKH, tentu akan sangat efektif untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Aceh Besar. Walaupun beda jumlah bantuan yang diberikan, namun akan sangat membantu masyarakat bila kedua bantuan ini tepat sasaran.

Baca:  Khusus Ibu Hamil, PKH Berikan 2.4 Juta! Mau Hamil Lagi?

Walaupun beda, kedua program sosial ini tujuannya sama. Artinya dapat mengurangi angka kemiskinan dan bisa menciptakan masyarakat mandiri. Program PKH yang dianggarkan melalui dana pusat, sementara Pro Abes dianggarkan melalui APBK. Untuk tapan pertama, pemerintah Aceh Besar menganggarkan 10 miliar yang akan mengcaver 5.000 kepala keluarga.

Dalam satu tahun KPM Pro Abes mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1.800.000 per KK. Sementara, untuk KPM PKH ini besaran bantuannya tahun 2018. Dan jumlah nominal bantuan ini juga sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh masing masing pemerintah.

Mungkin kedepan pemerintah Aceh Besar akan melakukan pendataan kembali agar, bantuan yang diberikan benar benar tepat sasaran sehingga berdampak langsung pada angka kemiskinan di pemerintaan tersebut. Apa saja langkah yang dilakunan? Tunggu informasi selanjutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.