Selamat datang happy people. Di artikel kali ini admin akan mengupas semua hal yang berkaitan dengan keyboard PC, mulai dari merk, dan type masing-masing keyboard, ciri-ciri, dan perbedaan keyboard tactile dan linear. Tapi tulisan ini ditulis secara spesifik untuk membahas mengenai perbedaannya ya.

Baca: 8 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

Keyboard adalah papan yang tersusun atas tombol-tombol untuk pengetikan. Banyak sekali model dan jenis keyboard, contohnya keyboard mekanik. Jika keyboard umum memakai membran dan karet sebagai pengirim sinyal ke papan sirkuit, keyboard mekanik memanfaatkan sistem pegas klasik.

Perbedaan Keyboard Tactile dan Linear

Perbedaan Keyboard Tactile dan Linear

Ada beberapa merk keyboard mekanik yang mempunyai model dan type switch yang berbeda-beda. Tidak semua keyboard mekanik memakai switchnya sendiri, seperti beberapa brand keyboard mekanik yakni Cherry, Kailh, Razer, Logitech, dan masih banyak brand perusahaan penghasil keyboard mekanik lainnya. Kalau di Indonesia yang paling dominan dan hampir menguasai pasaran adalah keyboard mekanik milik Cherry.

Setiap keyboard pastinya dilengkapi oleh komponen bernama switch. Switch adalah sebuah kesatuan yang terdiri dari adanya pegas yang menghubungkan tombol dengan sirkuit untuk kemudian memberikan sinyal kepada monitor, sehingga layar monitor menampilkan karakter yang ditekan. Switch sendiri memiliki karakteristik yang berbeda-beda, perlu Anda perhatikan agar tidak salah membeli keyboard yang Anda harapkan.

Karakteristik Keyboard

Pasti kalian pernah bertanya-tanya, kenapa pada keyboard dengan type yang sama tetapi punya warna lampu yang berbeda-beda. Nah sebenarnya lampu tersebut adalah ciri ataupun kode yang membedakan karakteristik masing-masing keyboard. Dikatakan karakteristik yakni meliputi Tingkat kedalaman “Actuation Point“, Suara yang Clicky, Apakah switch tersebut “Tactile” atau “Linear“, dan Force.

Jika Anda masih bingung, berikut penjabarannya

  1. Tingkat kedalaman (actuation point), yakni keadaan point yang dimana apabila ketika switch ditekan sampai ke volume point tersebut, maka keyboard akan mengirim sinyal ke layar monitor bahwa tombol tersebut sudah tertekan.
  2. Clicky, adalah suara “klik” yang dihasilkan oleh switch ketika menekan tombol keyboard apakah memiliki volume suara yang keras atau tidak ketika sedang mengetik.
  3. Tactile atau Linear, Secara umum switch diklasifikasikan menjadi dua tipe, yang pertama yaitu switch linear, dan switch tactile.

Perbedaan keyboard tactile dan linear

Switch Linier

Skema kerja dari switch linear adalah dengan menekan tombol keyboard sampai penuh karena saat switch linear ditekan, switch ini tidak memberikan feedback dan hambatan oleh pemakai keyboard dengan switch jenis ini.

Switch Tactile

Berbeda dari switch Linier, switch Tactile bekerja dengan memberikan si pemakai feel feedback yang menandakan bahwa tombol keyboard sudah cukup dalam dan melepaskannya tanpa harus ditekan dengan kuat. Jadi feel feedback yang dimaksud adalah rasa sudah menekan yang didapat si pemakai keyboard saat menekan tombol keyboardnya.

Force, adalah rasa berat ataupun ringan dari switch yang dirasakan tepat saat menekan tombol dari keyboard.

Arti Warna Switch

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwasanya warna dari switch juga merupakan karakteristik dari sebuah keyboard. Bahkan pernah ada yang menerapkan warna yang sama namun berbeda karakteristik Keyboard dengan catatan beda brand. Harus semakin menambah kehati-hatian bukan? Tapi beruntungnya, sekarang semua kode warna keyboard sudah disetarakan karakteristik, yang berpatokan pada brand keyboard terkenal Cherry. Pembagian warna switch dan ciri masing-masing keyboard Cherry :

Cherry MX Black, memiliki alur lurus saat pemakai menekannya dari atas ke bawah, tidak menghadirkan rasa hentakan pada ujung jari ketika tombol yang ditekan tergeser pada sirkuit. Cenderung lebih berat untuk menekan karena pegas yang didesain tebal, jenis keyboard yang ini memerlukan tenaga yang lebih ketimbang jenis switch keyboard lainnya. Cocok untuk gamer yang gemar menyiksa keyboard. Mungkin kurang manteb kali ya kalau belum menekannya dengan kuat.

Cherry MX Red

Tactile dan Linear

Macam-macam Warna Switch Keyboard

Hampir sama dengan Cherry MX Black di atas, MX Red terasa lebih sedikit ringan karena perbedaan ketebalan pegas dari MX Black. Cherry MX Red cenderung membutuhkan tenaga yang ringan saat menekannya, cocok sekali bagi gamer yang kalem, santai, dan cocok juga untuk pengetik, karena tidak mengeluarkan suara klik-klak.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SSD SanDisk

Oke itu dia artikel mengenai serba-serbi keyboard mulai dari merk, dan type masing-masing keyboard, ciri-ciri, dan perbedaan keyboard tactile dan linear. Tapi yang admin fokuskan untuk dibahas yakni pada perbedaan keyboard tactile dan linear. Well terimakasih sudah mampir.