Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya

Hyperlink atau dikenal dengan istilah tautan adalah ikon, grafik dan teks di dalam suatu dokumen yang tertaut menuju file atau objek lain. World Wide Web (WWW) terdiri dari hyperlink yang menghubungkan triliunan halaman dan file dengan file lain. Misalnya, halaman beranda Medong adalah halaman utama medipedia.id.

Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya
Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya

Baca: Cara Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Website

Jika kita perhatikan lebih mendalam banyak sekali penggunaan hyperlink yang kita lihat dalam kehidupan sehari, seperti pada tulisan/konten dalam website atau blog. Hyperlink dalam konteks ini hanyalah sebuah perintah khusus yang mengarahkan Anda menuju beberapa konten lain antar halaman atau antar website.

Namun, apakah kalian tahu perbedaan antara eksternal link dan internal link dalam dunia SEO? Seberapa pentingkah pembangunan link ini dalam konten yang Anda buat? Saya akan mengulas sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.

Mengapa Hyperlink Digunakan di Halaman Website?

Hyperlink dalam halaman atau konten dimaksudkan untuk menghubungkan antara halaman web lain tanpa harus mengetahui URL dari halaman yang dituju di internet. Singkatnya, Anda hanya akan melihat link aktif yang menyala tanpa melihat URL halaman tersebut.

Apa yang terjadi ketika Anda Mengklik Hyperlink?

Ketika Anda mengklik, mengetuk, atau memilih hyperlink, browser akan meninggalkan halaman saat ini dan membuka tautan menuju halaman baru. Misalnya, Anda dapat mengeklik tautan mana saja di dalam artikel ini untuk mengetahui informasi lain yang berhubungan dengan hyperlink.

Mengapa Hyperlink Memiliki Warna yang Berbeda?

Link aktif dalam webiste biasanya akan memiliki warna yang berbeda dari tubuh konten. Hal ini dimaksudkan agar pembaca dapat mengetahui dengan mudah perbedaan antara konten dengan link yang dibuat.

Jika Anda perhatikan artikel ini pasti Anda akan melihat tulisan berwarna biru yang saya buat sebagai link aktif untuk menghubungkan beberapa halaman dengan halaman lainnya.

Bagaimana Cara Membuat hyperlink?

Saya akan mencontohkan bagaimana skema pembuatan hyperlink dengan sangat mudah untuk dipahami. Di bawah ini adalah contoh cara membuat hyperlink pada halaman HTML. Dalam contoh visual ini, Anda akan melihat hyperlink menggunakan tag dengan atribut href yang mengarahkan menuju file atau halaman lain.

Pada contoh ini saya akan mengarahkan tulisan Komputer menuju halaman awal medipedia.id menggunakan perintah HTML seperti dibawah ini:

 <a href="https://www.medipedia.id> Komputer </a> 

Baca Juga: Tips Cara Meningkatkan Posisi di Halaman Pencarian Google

Apakah Bisa Mengklik Tautan Link Tanpa Menggunakan Mouse?

Keyboard juga bisa melakukan tindakan yang sama seperti mouse dalam mengklik link tautan. Anda dapat menggunakan tombol tab untuk memilih tautan mana yang akan dituju dan menggunakan Enter untuk menggantikan fitur klik yang ada di dalam mouse.

Nah itulah perbedaan hyperlink internal dan eksternal yang bisa Saya bagikan untuk kalian. Semoga pengetahuan tentang eksternal link dan internal link ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia Blogging. Happy Blogging and See You Next My Article.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.