Pengertian Google Drive Dan Fungsinya

Pengertian Dan Fungsi Google Drive – Mungkin kita sering mendengar istilah google drive atau menemukan aplikasi tersebut dalam suatu perangkat smartphone anda, tapi kita tidak mengetahui banyak tentang untuk apa aplikasi google drive ini digunakan atau apa saja fungsinya ? kita tahu bahwa google drive yaitu salah satu fitur yang disediakan oleh Google.

Pengertian Google Drive Dan Fungsinya Yang Harus Diketahui
Pengertian Google Drive Dan Fungsinya Yang Harus Diketahui

Layanan Google Drive ini bisa di akses dari web atau komputer serta dari aplikasi yang tersedia di smartphone anda. Nah untuk anda yang belum mengenal google drive dan mengetahui fungsinya, coba anda bisa membaca penjelasan mengenai pengertian google drive berikut ini.

[irp]

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google dan merupakan layanan untuk menyimpan dokumen atau file secara gratis maupun berbayar tergantung juga pada jumlah kapasitas memori penyimpanan itu sendiri.

Kapasitas yang tersedia dalam google drive yang bisa di akses secara gratis adalah 5GB dan bisa ditambah jika menggunakan layanan yang berbayar. Tidak hanya dapat menyimpan file, google drive juga terhubung dengan fitur lainnya seperti Gmail, Google Search dan sebagainya.

Hal ini tentu akan lebih memudahkan user atau pengguna untuk mengakses file dan data yang dimiliki. Layanan Google Drive ini sudah ada sejak tanggal 24 April 2012 dan semakin berkembang juga hingga saat ini serta memungkinkan pengguna untuk mengedit data, membuat slide presentasi, mengedit gambar dan lain sebagainya.

Google Drive yang digunakan saat ini adalah ganti dari fitur terdahulu yaitu google docs, oleh sebab itu URL yang tadinya digunakan untuk mengakses google docs akan dialihkan secara langsung pada menu atau fitur google drive nya.

[irp]

Fungsi Google Drive

Fungsi Google Drive
Fungsi Google Drive

Google Drive saat ini banyak digunakan, memiliki banyak fungsi yang bisa membantu seseorang saat menyimpan data dan melakukan aktifitas lainnya. Berikut ini merupakan sebagian fungsi google drive yang dapat diketahui.

1. Menyimpan Data

Fungsi utama dari google drive yang paling menonjol adalah untuk menyimpan file atau dokumen dan pengguna juga bisa mengaksesnya dimana saja baik di rumah maupun di kantor tentunya dengan terhubung pada koneksi internet.

Google Drive bisa di akses melalui drive.google.com dan menyediakan 5GB kapasitasnya untuk keperluan anda dan bisa diperbesar dengan membayar sekitar 2,5 USD perbulannya. Data yang dapat disimpan dalam google drive ialah data yang diciptkana melewati menu google drive itu sendiri ataupun data yang diciptakan dengan memakai aplikasi lain diluar google drive.

2. Membuat dan Mengedit Dokumen

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, google drive juga memungkinkan pengguna atau user untuk membuat lembar kerja atau spreadsheet baru dan juga mengedit data yang diakses atau dibuat dari aplikasi lainnya. Google Drive juga mempunyai menu untuk membuat slide presentasi yang dapat diakses kapan saja.

3. Mengakses Fitur Google Lainnya

Dalam menu atau aplikasi google drive tersedia tautan langsung dengan menu atau fitur google lainnya seperti gmail, google browser, google plus, dan lain lain.

Video dan foto yang tersimpan dalam google drive akan secara otomatis tersimpan dalam google plus dan data yang diciptakan dalam google drive juga tersimpan secara otomatis tanpa mesti menaruhnya secara manual.

Manfaat Menggunakan Google Drive

Fitur google drive ini yang disediakan oleh google, ternyata ada banyak manfaat bagi para penggunanya sehingga layak untuk digunakan bagi mereka yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Nah, disini Kami akan membahasnya dan ternyata ada 6 Manfaat Menggunakan Google Drive yang perlu anda ketahui.

[irp]

1. Google Drive memungkinkan anda untuk mengirim file dengan ukuran yang cukup besar dengan kapasitas penyimpanan maksimal 5GB atau lebih dan langsung melalui gmail tanpa perlu mengakses atau membuka fitur gmail terlebih dahulu.

Selain itu juga, google drive memungkinkan pengguna untuk menshare foto, video, dan dokumen dengan orang lain yang tersimpan dalam kontak

2. Data yang tersimpan dalam google drive bisa di akses dimanapun dan dengan menggunakan komputer atau device yang berbeda karena file telah tersedia di web.

Anda juga tidak perlu repot – repot menyimpan data dalam USB dan menggunakannya dalam presentasi.

3. Tidak hanya tersedia tersedia pada web atau komputer saja, google drive bisa di akses melalui smartphone dan smartphone itulah sehingga bisa di akses dengan lebih mudah bahkan saat dalam perjalanan.

4. Google drive tersinkronisasi dengan website browser sehingga pengguna dapat mencari atau melakukan searching pada fitur google drive.

5. Berbagai macam format file dapat dibuka dan diakses dengan menggunakan google drive, termasuk file adobe photoshop .psd, adobe ilustrator .ai dan tipe lainnya.

6. Google drive memiliki fitur OCR atau Optical Character Recognition yang merupakan suatu fitur yang bisa mengenali kata atau ekspresi yang tersimpan dalam file yang di scan dan disimpan dalam Google drive.
Misalnya saja kita ingin mencari nama seseorang yang ada pada sebuah lembaran koran yang di scan  dan disimpan dalam google drive.

[irp]

Nah demikian mengenai Pengertian Google Drive Dan Fungsinya Yang Harus Anda ketahui, sampai disini dan jangan lupa share mengenai pengertian google drive ini dan semoga membantu untuk sobat – sobat semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.