Home » Komputer » Pengertian dan Fungsi Lengkap CPU dan Komponennya

Pengertian dan Fungsi Lengkap CPU dan Komponennya

Pengertian dan Fungsi CPU – Saat membeli sebuah perangkat komputer biasanya seseorang akan melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Mengecek spesifikasi pada perangkat yang ingin Anda beli hukumnya wajib, jangan sampai Anda membeli perangkat yang tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Pengertian dan Fungsi Lengkap CPU dan Komponennya

Pengertian dan Fungsi Lengkap CPU dan Komponennya

Misalkan Anda membeli komputer, salah satu perangkat yang harus Anda periksa pertama kali adalah CPU atau prosesor. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Pentium dan beberapa spesifikasi CPU seperti quad core intel i7 3,5 GHz, dan lain sebagainya. Istilah ini mengacu pada kecepatan prosesor komputer atau CPU.

Melalui artikel berikut ini, kita akan membahas pemahaman CPU serta fungsi – fungsi komponen CPU yang perannya sangat penting untuk komputer atau laptop.

Baca:  Asus Rilis Motherboard Seri X570 Untuk Ryzen 3000 Series

Pengertian CPU

CPU, yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit, adalah komponen perangkat keras atau perangkat keras untuk memproses data di komputer.

Prosesor dapat disebut otak komputer karena ia mengelola semua aktivitas dan menjalankan semua program, termasuk aplikasi atau perangkat lunak.

Apapun itu semua hal yang berkaitan dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan selalu diatur oleh CPU. Misalnya, ketika Anda menekan huruf “H” pada keyboard saat mengetik, huruf “H” muncul di layar, menunjukkan prosesor yang memungkinkannya.
Jadi, tanpa prosesor di komputer, komputer tidak akan dapat melakukan apa pun atau komputer tidak akan dapat menjalankan program.

Secara teknis, prosesor ini juga lebih sering disebut prosesor. Misalnya, ketika membaca dan mengenali spesifikasi prosesor, Anda sebenarnya membaca spesifikasi prosesor suatu perangkat. Suatu CPU setidaknya memiliki sebuah “prosesor” atau suatu chip yang tertanam didalamnya yang berfungsi dalam proses kalkulasi komputer. Namun, perkembangan teknologi yang lebih cepat dan lebih cepat juga memungkinkan prosesor memiliki lebih dari satu prosesor atau disebut juga “prosesor core”.

Baca:  5 Software Presentasi Offline Terbaik Selain Power Point

Istilah yang sering kita dengar hari ini juga berasal dari perkembangan teknologi CPU seperti teknologi “dual core” di mana prosesor memiliki dua core pemrosesan, serta quad core. memiliki empat processing core. CPU yang canggih bahkan memiliki enam teknologi (hexa core) dan delapan core pemrosesan (octo heart). Selain itu, komputer server yang canggih mungkin memiliki banyak prosesor yang mengandung banyak inti pemrosesan.

Fungsi CPU

Sebagai komponen utama komputer, CPU melakukan beberapa fungsi penting. Di antara fungsi-fungsi ini meliputi:

1. Fetching

Fetching adalah suatu istilah yang digunakan dalam ilmu komputer dan diartikan sebagai proses pengambilan atau pemanggilan data. Di komputer, data disimpan di hard disk CPU dengan alamat.

Diibaratkan data didalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat dan ketika suatu program dijalankan CPU akan mengambil data dari alamat yang tersimpan dalam komponennya tersebut.

2. Decoding

Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan atau yang dieksekusi, harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner. Dapat disimpulkan bahawa decoding adalah proses menerjemahkan program ke dalam bahasa yang difahami oleh CPU.

Decoding dilakukan di CPU dan semua program yang berjalan di komputer harus melalui proses decoding terlebih dahulu.

3. Executing

Ketika sebuah program dimulai, CPU akan menjalankannya. Maksudnya adalah CPU akan melakukan satu hal yakni melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit .

Kompenen ALU bertanggung jawab untuk semua proses perhitungan matematis dan logis pada komputer. Selain itu fungsi eksekusi dari suatu CPU juga berarti sebagai proses pemindahan suatu data dari suatu perangkat memori menuju perangkat memori yang lainnya.

4. Storing

Menyimpan atau menyimpan data adalah fungsi lain dari CPU. Saat seseorang menggunakan komputer maka ia membutuhkan perangkat untuk menyimpannya baik secara sementara maupun secara permanen.

Jika seseorang membutuhkan data dengan cepat dan menyimpannya sementara, CPU menyimpannya dalam RAM sementara data yang disimpan secara permanen memasuki hard drive.
Kedua fungsi tersebut dijalankan dan dikendalikan sepenuhnya oleh CPU.

Baca:  Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Untuk melakukan fungsi-fungsi ini, prosesor tidak hanya mengandalkan perangkat prosesor, tetapi juga melibatkan beberapa perangkat lain: hard drive, motherboard, RAM, floppy drive, kartu suara, port USB, kartu VGA, dan sebagainya. Kesemua bagian tersebut tersusun sedemikian rupa dan saling terhubung satu sama lain. Semakin cepat CPU bekerja, semakin baik juga performanya.

Kecepatan CPU diukur dengan satuan Hertz yang berarti satu operasi perdetiknya dan biasanya dituliskan dalam satuan GHz atau Giga hertz. 1 GHz didefinisikan sebagai kecepatan CPU untuk melakukan sejuta operasi di komputer. Apakah Anda sekarang mengerti arti CPU dan fungsi CPU dan komponennya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.