Pengertian Dan Fungsi HTML – Sebagai penggua internet anda pasti belum tahu fungsi dan kegunaannya HTML ini, mungkin anda ada yang mengenal atau tahu HTML ini apa, bagi anda yang sering menggunakan perangkat gadget atau bersangkutan dengan ilmu komputer, pasti pernah melihat HTML istilah ini sudah tidak asing lagi bagi kalian yang bersangkutan dengan gadget atau ilmu komputer dan di dunia internet juga.

Baca:  Pengertian Mailing List Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Lain hal nya dengan mereka yang masih awam mungkin hanya sekedar mendengar istilah HTML tanpa tahu apa itu HTML dan apa kegunaannya. Nah, untuk mengetahui dan mengenal pengertian HTML dan juga fungsinya coba untuk membaca artikel berikut ini.

Pengertian HTML

Pengertian HTML

Pengertian HTML

HTML atau yang merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language adalah Bahasa standart pemrograman untuk membuat suatu website yang bisa di akses dengan internet. Dengan kata lain halaman website yang kita lihat dan kita baca ini disusun dengan menggunakan bahasa ini dan kemudian diterjemahkan oleh komputer agar dapat dipahami oleh penggunanya.

HTML merupakan standart pembuatan website secara luas agar laman website dapat ditampilkan pada layar komputer. HTML disusun dengan kode dan simbol tertentu yang dimasukkan kedalam sebuah file atau dokumen. Nah, jadi setiap anda membuka website apapun dengan menggunakan browser maka web tersebut dibuat dengan menggunakan HTML.

Dari singkatan hypertext markup language itu sendiri kita dapat mengenal makna dari html. Hypertext ialah suatu metode yang diterapkan untuk berpindah laman web ke laman yang lain dengan mengklik suatu artikel atau simbol pada situs website.

Baca:  Bagaimana cara meningkatkan DA dan PA pada Blog?

Istilah markup pada html sendiri diartikan sebagai suatu hal yang dilakukan tag html terhadap teks yang berada didalamnya, misalnya jika mengetik suatu teks dengan tanda tag <b> maka teks dengan huruf tebal atau bold pada suatu laman website.

Simbol tag html tersebut ditulis pada laman html yang sudah disediakan di dashboard website pada umumnya. Sementara language dalam html adalah bahasa pemrograman atau script yang disusun dari tag ke tag tertentu yang nantinya akan diterjemahkan kedalam teks atau visual yang dapat dilihat pada website.

Sejarah HTML

Markup Language atau yang sekarang dikenal sebagai html mulanya diciptakan oleh suatu perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yaitu IBM atau International Bussiness Machines. Sekitar tahun 1980, IBM menghasilkan sebuah bahasa yang menggabungkan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.

Bahasa yang diciptakan oleh IBM tersebut dikenal dengan sebuat markup language atau Generalized markup language (GML). Selanjutnya ditahun 1986, ISO atau International Standart Organization mengeluarkan pernyatakan bahwa GML yang kemudian diubah istilah menjadi SGML (Standart Generalized Markup Language) ditetapkan sebagai standart dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam bisnis maupun pekerja lainnya.

Baca:  Begini Cara Mudah Untuk Lihat Backlink Website Orang Lain yang Perlu Kamu Ketahui

Di tahun 1989, tim Berners Lee dari organisasi European Organization for Nuclear Research (CERN) mencetuskan ide untuk menciptakan suatu skrip bahasa pemrograman pada suatu dokumen yang kemudian dikenal sebagai html. HTML sendiri adalah bagian dari sgml dan Tim Berners Lee diketahui sebagai orang yang menciptakan HTML.

dikala ini pemakaian dan pengembangan html dipegang oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan versi terakhir dari html yang kini diterapkan ialah html5 dimana tipe html ini mempunyai fitur yang lebih baik dari versi html sebelumnya.

Fungsi HTML

1. Fungsi utama html yang diketahui ialah untuk membuat suatu halaman website yang bisa dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah. Seluruh laman website yang ada dalam dunia internet dihasilkan dengan HTML dan tak ada pengecualian.

2. Menandai teks pada suatu laman, html ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu dimana simbol dan tag tersebut menandai teks menjadi tebal, miring, bergaris, dan lainnya. Misalnya jika kita membuat suatu teks miring atau italic, dalam laman html dituliskan kode <i>, <b> untuk teks tebal dan <u> untuk teks bergaris bawah.

3. Menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Umumnya dalam website atau blog kita tidak dapat langsung meletakkan tabel, gambar, ataupun video oleh karena itu bagian tersebut diletakkan pada web dengan menerapkan bahasa html.

4. Menandai elemen dan membuat online form, html juga berfungsi untuk menandai bagian – bagian dalam website diantaranya header, main, footer, navigation dan lain sebagainya. Nah selain itu html juga biasanya dipakai sebagai bahasa dalam membuat suatu online form atau formulir digital.

Nah demikian Pengertian, sejarah dan fungsi html yang bisa diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat mengenai pengertian html dan bisa menambahkan wawasan.