Pengertian dan Fungsi BIOS Pada Komputer Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian BIOS РMungkin anda pernah mendengar istilah BIOS sebelumnya, namun hal itu tidak begitu paham mengenai pengertian BIOS itu sendiri. Basic input/Output System atau yang sering disebut dengan BIOS merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa assembly yang bertugas mengatur fungsi dari perangkat keras/hardware yang terdapat pada komputer. Berbeda dengan sistem operasi yang berada pada harddisk, BIOS biasanya terletak pada chip memori flash atau ROM yang berbuat dari bahan Complementary Metal- Oxide Semiconductor atau yang biasa disebut dengan CMOS.

Pengertian dan Fungsi BIOS Pada Komputer
Pengertian dan Fungsi BIOS Pada Komputer

Walaupun mempunyai fungsi yang signifikan, namun perangkat lunak yang satu ini tidak banyak diketahui oleh para pengguna komputer. Hal ini pada dasarnya memang wajar mengingat perangkat ini benar – benar jarang dioperasikan secara manual oleh kebanyakan pengguna komputer. Perangkat ini biasanya hanya digunakan disaat komputer mengalami masalah sehingga diperlukan perbaikan seperti install ulang sistem operasi. Nah, lanjut saja Kami akan membahas tentang pengertian bios dan fungsinya.

Biasanya orang – orang menyebutnya baterai yang menempel pada motherboard dengan sebutan baterai CMOS, baterai inilah yang berfungsi menjaga tanggal dan peraturan lainnya yang telah disetting oleh pengguna agar tidak hilang meskipun komputer dimatikan.

[irp]

BIOS mempunyai beberapa tugas penting seperti memuat sistem operasi atau yang umum disebut dengan istilah booting. BIOS juga bekerja menyediakan intruksi pada mikroprosesor untuk menyalakan perangkat komputer.

Salah satu intruksi yang diperintahkan oleh BIOS pada mikroprosesor adalah Power On Self Test (POST) yang berfungsi menguji status pengoprasian semua hardware pada komputer. Intruksi lain yang diberi kepada mikroprosesor yaitu menjalankan aktivasi chip BIOS yang terdapat pada beberapa komponen lain pada komputer seperti SCSI dan kartu grafis, memeriksa dan mengelola peripheral komputer melalui rutinitas tingkat rendah selama proses startup berlangsung.

Selain itu, hal lain yang dilakukan oleh mikroprosesor adalah manajemen clock, harddisk dan pengaturan lainnya.

Fungsi BIOS pada Komputer

Salah satu tugas utama yang dikerjakan oleh BIOS ialah mengontrol tahap awal pengerjaan startup sekalian menentukan bahwa sistem operasi benar – benar sudah dimuat ke dalam memory. Selain hal itu, BIOS berfungsi melakukan hal – hal berikut ini :

[irp]

1. Menjalankan Perintah Power On Self Test (POST)

Salah satu yang harus kita lakukan sebelum menginstall sistem operasi pada komputer adalah dengan dengan melakukan pengecekan beberapa perangkat yang ada di komputer.

Selain itu juga, BIOS dapat memberikan informasi mengenai spesifikasi perangkat keras yang terdapat pada motherboard.

2. Mengatur Konfigurasi Dasar pada Komputer

Pada biasanya, BIOS mengontrol konfigurasi kepada perangkat lain menurut fungsinya masing – masing. Pengaturan konfigurasi ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa orang terutama gamers untuk meningkatkan kinerja atau performa suatu komputer atau yang sering disebut dengan overclocking.

3. Memberikan Informasi Dasar pada Komputer

Selain menjalankan perintah POST dan mengatur konfigurasi dasar pada komputer, BIOS juga bertugas memberikan informasi dasar mengenai bagaimana interaksi setiap perangkat penting yang terdapat pada komputer seperti drive dan memory yang nantinya bertugas memuat sistem operasi.

Komponen – Komponen Pada BIOS

Agar BIOS dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Maka dibutuhkan beberapa komponen pendukung diantara lainnya

1. Program BIOS Setup

Program ini berfungsi untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe harddisk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain – lain sesuai keinginan user.

Biasanya BIOS menyembunyikan mendetail perangkat yang dapat dibilang cukup rumit, jikalau perlu sedikit keahlian apabila kita berkeinginan mengenal lebih dalam mengenai detail – detail perangkat hal yang demikian.

2. Driver

Fungsi dari driver ini ditunjukan perangkat – perangkat keras komputer seperti VGA, input device, processor dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan bagian dari DOS.

3. Program Bootstraper Utama

Program inilah yang berperan dalam cara kerja booting ke dalam sistem operasi yang sudah kita install sebelumnya.

Bagaimana Cara Kerja BIOS

Pengertian Bios

Awalnya BIOS melakukan proses inisialisasi dimana dalam proses tersebut pengguna bisa melihat spesifikasi komputer seperti jumlah memory, jenis dan kapasitas harddisk, informasi mengenal kartu VGA dan lain – lain.

Selain hal itu, BIOS juga melakukan pengecekan terhadap device ROM lainnya juga, seperti harddisk dan melakukan pengetesan terhadap RAM.

Setelah semua pengetesan dan pengecekan terhadap perangkat tersebut selesai, langkah selanjutnya yang harus dilakukan BIOS adalah mencari lokasi booting untuk memasuki sistem operasi yang telah terinstall.

Cara Mengakses BIOS

Perlu kalian ketahui adalah bagaimana cara untuk masuk atau mengakses ke BIOS, agar untuk mengaksesnya, kalian dapat menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada keyboard, saat pertama kali komputer dinyalakan.

Biasanya akan muncul tulisan misalnya, “Press F2 to enter setup”, maka kalian dapat langsung menekan tombol F2 berulang – ulang. Cara setting atau konfigurasi BIOS ini berbeda – beda juga, tapi bergantung pada jenis BIOS dari produsen (pembuatnya).

Itulah artikel Pengertian BIOS dan Fungsinya di Komputer, mulai dari Pengertian, fungsi, cara kerja dan cara akses, jika ada kekurangan silahkan berkomentar dibawah ini agar bisa menambahkan lagi mengenai Pengertian BIOS.

[irp]

BIOS atau Basic Input Output System yakni program yang berisi kumpulan informasi dan konfigurasi mengenai perangkat yang terdapat pada sebuah komputer. BIOS berfungsi untuk mengatur proses booting pada saat komputer dinyalakan. Nah selain itu juga, perangkat keras yang terdapat pada komputer juga bisa di setting melalui BIOS agar dapat bekerja dengan semaksimal mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.