Home » Bisnis » Pengertian Bisnis Secara Umum Dan Macam – Macam Bisnis

Pengertian Bisnis Secara Umum Dan Macam – Macam Bisnis

Pengertian Bisnis – Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan bisnis ? Pengertian Bisnis adalah kegiatan individu dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan memproduksi, menjual, membeli atau menukar barang / jasa untuk tujuan mendapatkan atau mengambil keuntungan dari.

Pengertian bisnis

Pengertian Bisnis

Kata “bisnis” itu berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang berarti kesibukan. Dalam konteks yang sederhana, apa yang dimaksud dengan pekerjaan adalah melakukan kegiatan atau pekerjaan yang menguntungkan seseorang.

Penggunaan kata “bisnis” dapat dibagi menjadi tiga, tergantung pada ruang lingkupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:

  • Badan Usaha, yaitu unit hukum, teknis dan ekonomi nirlaba.
  • Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar modal.
  • Semua Aktivitas dalam komunitas produsen barang dan jasa.
Baca:  Cara promosi MLM Abe Network Menggunakan Rajatraffic

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu arti bisnis, maka kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis secara umum dan menurut para ahli serta macam – macam bisnis:

  1. Hughes dan Kapoor
    Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah kegiatan individu terorganisir yang bertujuan menghasilkan dan menjual barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Brown dan Pretello
    Menurut Brown dan Pretello, definisi bisnis adalah lembaga yang memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan segala sesuatu yang mencakup berbagai upaya oleh pemerintah dan sektor swasta, baik mereka mengejar untung atau tidak.
  3. Paterson dan Plowman
    Menurut Paterson dan Plowman, Pengertian Bisnis adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pembelian atau penjualan barang dan jasa yang dilakukan berulang kali. Menurut Paterson dan Plowman, penjualan jasa atau barang yang hanya terjadi sekali bukan merupakan pemahaman bisnis.
  4. L.R. Dicksee
    Menurut L. R. Dicksee, Definisi bisnis adalah bentuk kegiatan yang terutama bertujuan memperoleh manfaat bagi mereka yang mencari atau memiliki minat dalam melakukan kegiatan ini.

Tujuan Bisnis

Tujuan utama dari semua bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan dengan memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tujuan bisnis adalah:

  • Untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis.
  • Untuk pengadaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Untuk mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Untuk menunjukkan eksistensi suatu perusahaan dalam jangka panjang.
  • Untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  • Untuk menunjukkan prestise dan prestasi.

Fungsi Bisnis

Semua kegiatan komersial digunakan untuk menciptakan sesuatu yang awalnya memiliki nilai lebih rendah dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah perawatan. Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Form Utility, yaitu, fungsi produksi di mana perusahaan memproduksi barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya perusahaan furnitur, perusahaan jasa keuangan.
  • Place Utility, yaitu fungsi distribusi di mana perusahaan mendistribusikan artikel / layanan ke situs terdekat yang dapat diakses oleh konsumen.
  • Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam usaha bisnis.
  • Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, di mana produk saat ini kurang berguna untuk rilis nanti ketika produk lebih bermanfaat.

Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), sebuah perusahaan memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

  • Acquiring Raw Material, yaitu untuk mencari bahan mentah.
  • Manufacturing Raw Materials Into Product, yang terdiri dari mengubah bahan baku menjadi produk jadi.
  • Distributing Product to Consumers, yaitu untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.
Baca:  10 Pekerjaan Unik dengan Gaji Besar, Tertarik Melamar?

Macam – Macam Bisnis

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa pengertian bisnis ini pada akhirnya akan merujuk pada skup atau sektor tertentu yang di lingkup. Adapun macam – macam bisnis adalah sebagai berikut:

  • Bisnis pertanian, yaitu pertanian atau perusahaan agribisnis termasuk pertanian, penanaman, pembibitan, perikanan dan lainnya.
  • Bisnis Produksi Bahan Mentah, yaitu pertambangan, kehutanan dan industri lainnya, di mana produk yang diproduksi adalah bahan baku untuk diproses ulang.
  • Bisnis Manufaktur, yaitu perusahaan di bidang konversi bahan baku atau bahan baku menjadi bahan jadi.
  • Bisnis Konstruksi, yaitu perusahaan di sektor konstruksi atau pembangunan infrastruktur, seperti jalan raya, gedung bertingkat, bandara dan lain-lain.
  • Bisnis Transportasi, yaitu perusahaan di bidang transportasi yang memfasilitasi mobilitas orang selama distribusi barang.
  • Bisnis Komunikasi, yaitu perusahaan di bidang komunikasi yang membantu masyarakat dalam hal komunikasi dan informasi. Misalnya televisi, radio, telepon, dan lainnya.
  • Bisnis Perdaganan Besar/ Kecil, yaitu perusahaan komersial yang bertindak sebagai perantara antara produsen dan konsumen.
  • Bisnis Finansial, Asuransi, dan Real Estate, yaitu, perusahaan sektor keuangan yang membantu masyarakat dengan pinjaman modal, asuransi, dan pinjaman perencanaan dan kepemilikan.
  • Bisnis Jasa, yaitu perusahaan yang kegiatannya menciptakan dan menjual produk tidak berwujud, yaitu layanan, dengan tujuan menghasilkan keuntungan.

Bentuk Kepemilikan Perusahaan

Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda di setiap negara, beberapa bentuk dianggap umum: Perusahaan Perseorangan adalah bisnis yang dimiliki oleh satu orang. Pemilik masing-masing perusahaan memiliki kewajiban yang tidak terbatas untuk properti perusahaan.

Kemitraan adalah bentuk bisnis di mana dua orang atau lebih bekerja bersama untuk menjalankan bisnis demi keuntungan. Seperti halnya kepemilikan perseorangan, setiap sekutu (anggota kemitraan) memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas untuk aset bisnis. Aliansi dapat disatukan dalam kemitraan dan perusahaan komunitas.

Perseroan adalah bisnis yang dimiliki oleh lebih dari satu orang dan diawasi oleh dewan direksi. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab terbatas untuk aset bisnis.

koperasi adalah bisnis yang terdiri dari orang atau badan hukum. Koperasi didasarkan pada prinsip-prinsip koperasi serta gerakan ekonomi populer berdasarkan prinsip kekerabatan. Koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Karakteristik utama koperasi yang membedakan mereka dari badan usaha lainnya adalah anggotanya memiliki banyak identitas. Identitas ganda berarti bahwa anggota koperasi adalah pemilik dan pengguna layanan koperasi.

Baca:  21+ Cara Sukses Memulai Bisnis Dari Nol Untuk Pemula

Pengertian Bisnis diatas tadi adalah penjelasan ringkas mengenai pengertian bisnis, tujuan bisnis, serta macam – macam bisnis dan juga bentuk kepemilikan perusahaan bisnis secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan semuanya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.