Panduan Lengkap Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Panduan Lengkap Cara Membuat Cerpen yang Menarik – Banyak orang yang berkata bahwa menulis merupakan salah satu bakat yang luar biasa. Hal itu karena merangkai kata hingga menjadi tulisan yang enak untuk dibaca tidaklah mudah. Mungkin sebagian dari Anda ada yang ingin menulis cerpen yang menarik tapi belum tahu bagaimana caranya? Atau mungkin ada juga yang mempunyai cita-cita menjadi cerpenis? Anda tidak perlu bingung dan khawatir karena Anda bisa belajar membuat cerpen yang menarik dengan mengetahui panduan lengkap cara membuat cerpen yang akan Saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Cara Membuat Cerpen yang Menarik
Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Cara Membuat Cerpen yang Menarik

Sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui apa sih sebenarnya cerpen itu? Cerpen merupakan suatu karya sastra yang bersifat fiksi serta bercerita tentang kisah atau kejadian secara ringkas. Dalam sebuah cerpen, jalan ceritanya cenderung lebih padat dan singkat. Nah jika Anda ingin belajar membuat cerpen agar menarik untuk dibaca, berikut ini caranya:

1. Menentukan Tema Cerita

Cara membuat cerpen yang pertama yaitu Anda harus menentukan tema cerita. Tema diibaratkan dengan suatu tali penghubung antara cerita awal dan cerita akhir, Ketika membuat cerpen, apa yang Anda ceritakan pasti berhubungan dengan suatu tema yang Anda tentukan. Agar lebih mudah sebaiknya Anda memilih tema yang Anda ketahui dan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Tema tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah cerita yang menarik. Jika Anda sudah menentukan tema cerita tersebut, segera mulai untuk menulis cerpen. Jangan menunda-nunda karena tema yang telah Anda dapatkan bisa saja hilang jika tidak segera ditulis.

2. Menentukan Jumlah Tokoh, Nama Tokoh, dan juga Sifat Tokoh

Ketika membuat cerpen sebaiknya Anda memilih jumlah tokoh dua hingga tiga tokoh. Jangan terlalu banyak memilih jumlah tokoh karena pembaca akan bingung dan Anda sebagai penulis cerpen juga bisa bingung juga.

Selanjutnya, Anda bisa menentukan nama tokoh dan juga bagaimana sifat tokoh tersebut di dalam cerita. Tentukah siapa tokoh yang mempunyai sifat jahat, sifat baik, maupun tokoh yang dapat memecahkan masalah dalam cerita.

3. Menulis Paragraf Pembuka dengan Menarik

Untuk dapat memikat hati para pembaca, Anda harus menulis paragraf pembuka yang tentunya menarik. Sebagai awal tulisan, paragraf pembuka tentu memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menarik perhatian pembaca. Selain itu, paragraf pembuka juga menjadi penentu apakah pembaca akan melanjutkan membaca sampai akhir atau tidak. Karena jika di paragraf pembukanya terasa membosankan Mereka tidak akan tertarik untuk membaca bagian selanjutnya.

Caranya, Anda bisa menuliskan sesuatu yang berbeda dari yang lain. Tulislah menggunakan kata-kata Anda sendiri namun seolah-olah Anda ada di tempat kejadian. Paragraf pembuka harus bisa menjadi magnet yang bisa menarik pembaca untuk terus membaca cerpen yang Anda buat sampai akhir. Misalnya, Anda bisa menuliskan sesuatu yang bisa mengejutkan pembaca.

4. Menentukan Alur Cerita

Anda harus menentukan alur cerita dengan tepat. Misalnya, Anda bisa memilih alur maju atau mundur. Yang perlu diperhatikan yaitu Anda harus memikirkan jalannya cerita dengan baik dan benar. Jika Anda hanya asal- asalan, besar kemungkinan alur cerpen yang Anda buat akan berantakan. Hal itu tentunya akan membuat si pembaca pusing. Anda bisa membuat alur cerita dengan cara membayangkan lebih dahulu agar cerpen yang Anda buat alur ceritanya akan lebih jelas dan tertata dengan rapih.

5. Gunakan Gaya Bahasa

Cara membuat cerpen yang menarik selanjutnya yaitu gunakan gaya bahasa. Gaya bahasa merupakan salah satu cara penulis mengungkapkan ide yang dimilikinya melalui bahasa yang indah dan khas dalam tulisannya. Untuk membuat cerpen yang menarik gaya bahasa bisa digunakan untuk meningkatkan nilai cerita. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan gaya bahasa personifikasi seperti Angin berlari kencang melewati lembah.

6. Menyisipkan Dialog

Jangan anggap remeh kekuatan dialog ya guys, karena dengan menyisipkan dialog dalam cerpen tentu bisa membuat cerpen Anda lebih menarik. Dialog dalam cerita yang Anda tulis bisa menghidupkan karakter tokoh dalam sebuah cerita lho.



7. Membuat Judul

Cara selanjutnya yaitu membuat judul. Ada orang yang membuat judul sebelum menulis sebuah cerita, tetapi ada juga yang menentukan judul ketika sebuah cerita sudah selesai ditulis. Namun agar cerpen Anda menarik dan tidak membuat Anda pusing, Anda bisa membuat judul ketika cerpen Anda sudah jadi.

Tips Membuat Judul yang Menarik

  • To the Point

Ingat yah jika judul bukanlah paragraf yang tersusun oleh beberapa kalimat. Anda bisa membuat judul yang langsung bisa mencerminkan cerita dalam cerpen yang Anda buat (to the point). Olahlah kata-kata Anda hingga menjadi judul yang menarik.

  • Buat Pembaca Anda Terikat secara Emosi

Judul yang Anda buat harus bisa ngena dihati pembaca. Buatlah Pembaca agar bisa terikat secara emosi dengan judul Anda.

  • Anda bisa memakai Tanda Tanya (?)

Untuk menarik pembaca, Anda bisa menyisipkan tanda Tanya (?) pada judul cerpen Anda. Hal itu bisa bermanfaat agar tulisan Anda tidak kaku dan lebih menarik.

Contohnya: “Kamu Sudah Selalu Tampil Cantik kok Masih Jomblo?”

8. Membaca Cerpen untuk Mengecek Kesalahan

Setelah Anda selesai membuat cerpen, Anda wajib membaca cerpen yang sudah Anda buat tersebut. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengecek segala kesalahan yang ada. Anda bisa memperbaiki jika ada kata yang typo atau kalimat yang kedengarannya kurang pas. Selain itu, posisikan diri Anda sebagai pembaca agar Anda dapat mengetahui kekurangan cerpen yang Anda buat.

Cara ini, sebaiknya Anda lakukan ketika cerpen yang Anda buat sudah benar-benar selesai ya. Hal itu bertujuan agar proses pembuatan cerpen yang Anda lakukan bisa selesai sampai akhir. Karena jika Anda mengecek kesalahan ketika cerpen belum selesai ditulis sampai akhir, kemungkinan Anda akan sibuk untuk memperbiki bagian itu saja dan Anda akan menemui kesulitan untuk menyelesaikannya.

Itulah panduan lengkap cara membuat cerpen yang menarik. Anda bisa mencoba cara tersebut agar cerpen yang Anda buat bisa menarik. Teruslah berlatih agar kemampuan Anda untuk membuat cerpen terus bertambah. You know that practice can make your writing is perfect. Terus berlatih dan jangan menyerah ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.