Home » Blogging » Mengulik Pengaruh Backlink Terhadap SEO yang Tidak Disadari Banyak Orang

Mengulik Pengaruh Backlink Terhadap SEO yang Tidak Disadari Banyak Orang

Dahulu kala, banyak pengguna website ataupun bloggers yang berlomba-lomba mendapatkan backlink berkualitas untuk kemudian diintegrasikan dalam sebuah website mereka. Mereka sangat mempercayai adanya pengaruh backlink terhadap SEO yang sangat besar hingga kemudian ratusan ribu backlink berhasil didapatkan. Pada saat itu, peran backlink memang sangat penting hingga akhirnya memberikan dampak terbaik untuk kemajuan website dalam mesin pencarian.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, pengaruh backlink terhadap SEO ini mengalami penurunan yang bertahap. Namun demikian, tidak jarang beberapa pengguna website ataupun bloggers masih berupaya mendapatkan backlink untuk kepentingan lain. Penurunan permintaan atas backlink yang semakin menurun tersebut sempat menjadikan pemikiran setiap orang jika backlink nampaknya tidak lagi digunakan. Lantas bagaimana menyikapinya?

 

Ketahui Apa Saja Pengaruh Backlink Terhadap SEO

Kalangan ahli SEO sempat menanggapi adanya pengaruh backlink terhadap SEO yang kini semakin menurun peminatnya. Kondisi ini dianggap sebagai “simalakama”. Dimana ketika backlink tersebut diaplikasikan dalam website, maka akan cenderung salah, namun jika tidak diaplikasikan sedikitpun, tentu saja akan memberikan pengaruh buruk pada website tersebut. Di waktu yang bersamaan, ternyata pihak Google tidak melakukan update terhadap page rank.

Menanggapi hal tersebut, dengan banyaknya pihak yang masih memperjualbelikan backlink dengan harga yang sangat bervariasi untuk diintegrasikan dalam website tanpa memperdulikan konten di dalamnya, maka pihak Google mengambil langkah tegas untuk menghentikan page rank.

Secara tidak langsung, pengaruh backlink terhadap SEO ini akan mengalami kemunduran dimana jual beli backlink tidak lagi terjadi. Kemudian, Google berfikir untuk tidak selalu menomersatukan backlink sekaligus alogaritma sebagai prioritas.

 

Apakah Dengan Demikian Backlink Sudah Stop? 

Menyikapi adanya pendapat tersebut, bisa dikatakan bahwa pengaruh backlink terhadap SEO kini sudah tidak diperlukan lagi. Namun, jangan salah, sebab menurut JohnMu yang dikutip dari Webmaster Central Help Forum mengungkapkan jika backlink memang memberikan pengaruh besar bagi SEO, namun saat ini mengalami sedikit perbedaan. Backlink akan berperan sebagai lalu lintas rujukan sekaligus untuk meningkatkan suatu Domain Authority (DA) suatu website.

Baca:  Cara Membuat Artikel SEO Agar Bisa Masuk di Halaman Pertama

Dari pernyataan di atas, bisa disimpulkan jika ternyata pengaruh backlink terhadap SEO memang masih ada, sekalipun hal ini memiliki sedikit perbedaan. Dalam hal ini, backlink tidak akan berperan sebagai penentu website agar bisa memposisikan dirinya pada halaman pertama mesin pencarian, melainkan sebagai rujukan atas sumber traffic. Jadi, akan sangat disarankan untuk Anda yang masih berpegang teguh pada backlink untuk memilih backlink yang berasal dari situs dengan DA yang tinggi dan juga PA.

Tanpa mengabaikan pengaruh backlink terhadap SEO, tindakan mencari backlink yang menomorsatukan peran DA ataupun juga PA nantinya akan berpengaruh pada SERP (Search Engine Result Page). Untuk Anda yang ingin mendapatkan backlink, pastikan untuk menyesuaikan dengan usia blog Anda. Sangat tidak disarankan mengintegrasikan backlink dalam jumlah banyak untuk waktu yang singkat karena hal ini akan menyebabkan website tersebut dikenal sebagai spam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.