Khasiat Luar Biasa dari Daun Jarak

Khasiat Luar Biasa dari Daun Jarak – Saat ini, masih banyak orang yang lebih memilih obat tradisional guna menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada berbagai jenis tumbuhan tradisional yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu tumbuhan jarak. Tumbuhan tersebut dimanfaatkan oleh banyak orang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dimanakah tumbuhan ini bisa kita temukan? Anda dapat menemukan tumbuhan ini di hutan, daerah pantai, maupun perkebunan.

Di Indonesia, penyebutan tumbuhan jarak memiliki sebutan yang berbeda-beda. Di Sumatera, tumbuhan jarak dikenal dengan sebutan Dulang, di Madura disebut Kalek, sedangkan di Jawa barat disebut Kaliki. Tidak heran jika sampai sekarang masih tidak sedikit orang yang mencari tumbuhan jarak karena khasiat yang dimilikinya. Nah, jika Anda ingin mengetahaui khasiat daun jarak, berikut Kami jelaskan khasiat daun jarak bagi kesehatan agar Anda tidak penasaran.

Manfaat dan Khasiat Daun Jarak
Manfaat dan Khasiat Daun Jarak

Apa Saja Sih Khasiat Daun jarak itu?

Sebenarnya, bagian dari tumbuhan jarak sendiri seperti biji, getah, dan juga daunnya mempunyai khasiat yang tinggi. Namun, pada pembahasan kali ini, Kami akan membahas tentang khasiat daunnya saja. Berikut khasiat daun jarak bagi kesehatan:

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit sehat? Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit yang sehat kan. Banyak orang yang merasa penampilannya terganggu ketika Mereka mengalami penyakit kulit. Penyakit kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti virus, bakteri, tidak menjaga kebersihan, alergi, atau bisa juga disebabkan oleh rendahnya daya tahan tubuh.

Anda tidak perlu khawatir karena penyakit kulit dapat diobati dengan daun jarak lho. Lalu bagaimana caranya? Caranya, ambil beberapa lembar daun jarak, cuci, dan kemudian Anda rebus daun jarak tersebut. Lalu, gunakan air rebusan tersebut untuk mandi. Sangat sederhana dan mudah kan, ayo tunggu apalagi, jika ingin kulit Anda sehat, buruan cobain.

Menstabilkan Gula Darah

Khasiat daun jarak juga bisa digunakan untuk menstabilkan gula darah agar dapat kembali normal. Bagi Anda yang kadar gula darahnya rendah bisa memanfaatkan daun jarak yang sudah direbus untuk dikonsumsi.

Selain itu, bagi penderita diabetes, khasiat daun jarak bisa membantu gula darah agar tidak naik.

Dapat Menyembuhkan Masuk Angin dan Perut Kembung pada Bayi

Bagaimana perasaan Ibu yang melihat bayi Mereka mengalami diare? Pasti Mereka akan khawatir dan sangat sedih. Ketika bayi sedang mengalami diare dan juga masuk angin hingga menyebabkan perut kembung, Anda bisa mengobati bayi tersebut menggunakan daun jarak.

Caranya, Anda ambil beberapa lembar daunnya yang sudah tua. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan api yang menyala untuk menyiangi daun jarak agar sedikit layu. Kemudian olesi daun jarak tersebut dengan minyak kelapa/kayu putih. Jika langkah tersebut sudah dilakukan, tempelkan daun tersebut di perut bagian bawah serta pinggang. Tunggu beberapa jam, biasanya pembuangan gas serta zat di dalam perut yang tak berguna akan langsung terjadi.

Menyembuhkan dan Membersihkan Gigitan ular dan juga Kalajengking

Ular dan juga kalajengking adalah dua binatang yang sangat berbahaya karena gigitannya dapat meninggalkan luka di tubuh manusia. Nah untuk dapat menyembuhkannya, salah satu obat tradisional yang bisa digunakan yaitu daun jarak. Daun jarak tersebut sudah banyak dipercaya dapat menyembuhkan dan membersihkan luka akibat gigitan ular maupun kalajengking.

Mengobati Demam

Demam merupakan salah satu kondisi tingginya suhu tubuh melebihi 38 derajat celcius. Umumnya, demam terjadi akibat reaksi sistem imun yang melawan infeksi bakteri, virus, parasit atau jamur. Ketika Anda demam, Anda bisa mencoba memanfaatkan daun jarak untuk mengobati demam tersebut.

Caranya yaitu ambil daun jarak sekitar 15 lembar, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus daun tersebut sampai mendidih. Setelah air rebusan daun jarak tersebut berubah menjadi hangat, Anda bisa menggunakannya untuk mandi.

Dapat Digunakan untuk Mengobati Luka yang Memar

Pasti Anda sudah mengetahui jika luka memar dapat dialami siapa saja, termasuk Anda. Luka memar juga bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja ketika Anda sedang menjalankan berbagai aktifitas. Seperti contohnya, ketika Anda sedang berlari secara tidak sengaja terjatuh hingga terbentur sesuatu.

Proses penyembuhan luka memar memang terbilang cukup lama. Selain itu, ketika luka memar tersebut tersentuh rasanya juga pasti sangat nyeri. Untuk itu, mengobati luka yang memar perlu untuk Anda lakukan.

Anda bisa mengobati luka yang memar tersebut dengan mamanfaatkan daun jarak. Caranya yaitu gunakan daun jarak tersebut sebanyak 3 lembar. Cuci sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan minyak kelapa lalu tumbukan tersebut Anda oleskan di bagian luka yang memar. Jika telah mengering Anda bisa menggantinya dengan tumbukan yang baru. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai luka yang memar tersebut menghilang.

Banyak orang yang sudah sangat percaya dengan daun jarak yang khasiatnya luar biasa bagi kesehatan. Dari penjelasan tentang khasiat daun jarak diatas, tentu Anda tidak perlu ragu lagi untuk mencoba memanfaatkan daun jarak tersebut untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ingat yah, kesehatan itu sangatlah mahal harganya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.