Khasiat dan Manfaat Daun Randu atau Kapuk untuk Kesehatan

Khasiat Daun Randu atau Kapuk – Mungkin tak pernah terpikir oleh anda sebelumnya, bahwasannya manfaat daun randu atau kapuk ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan juga pengobatan. Karena mungkin anda hanya mengenal tanaman ini sebagai penghasil kapuk, yang mana banyak di gunakan dalam produksi kasur dan juga bantal. Lalu, apa manfaat daun randu untuk kesehatan? Bagi anda yang berminat ingin mengenal manfaat dan khasiat daun randu selengkapnya, anda dapat menyimak uraian singkat berikut ini.

Randu yang memiliki nama latin Ceiba Pentandra adalah jenis tumbuhan yng masih tergolong ke dalam kerajaan plantae. Tanaman randu ini merupakan tanaman asli asal Karibia dan juga daerah Amerika Tengah. Di beberapa daserah tanaman randu ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda. Seperti di daerah pulau Jawa masyarakat memanggilnya kapuk, di Madura mereka menyebutnya kapok, sedangkan randu sendiri adalah nama bahasa Indonesianya.

Adapun ciri-ciri pohon randu yang paling mencolok adalah pohon tinggi nan menjulang tinggi, yang mana ketinggiannya dapat mencapai hingga 30 meter. Sedangkan bentuk daunya sendiri adalah majemuk, berjari, berbentuk lonjong memanjang, dengan pangkal tumpul dan ujung yang runcing, dengan panjang mencapai 5-15 cm dan lebar 2-3 cm. Adapun bunganya majemuk, berbentuk menyerupai lonceng, berwarna putih kekuningan serta tumbuh pada ketiak daun dan ujung batang. Buahnya bulat memanjang berwarna hijau pada saat muda, dan berwarna coklat jika sudah mengering. Nah, buahnya inilah yang umumnya sering kali di manfaatkan sebagai bahan utama dalam pembuatan kasur dan bantal. Akan tetapi, daunnya juga tak kalah berharganya, karena daun randu ini ternyata memiliki banyak sekali mengandung khasiat terutama untuk menyembuhkan penyakit.

Khasiat dan Manfaat Daun Randu atau Kapuk untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Randu atau Kapuk untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Daun Randu bagi Kesehatan

Patut untuk anda ketahui, bahnwasannya daun randu mengandung banyak sekali kandungan zat aktif yang sangat menguntungkan bagi kesehatan kita seperti halnya saponin, tanin, tlafonoida dan flavonoid. Selain dari pada itu, daun randu kapuk juga mengandung zat hidrat arang, dammar dan zat samak sehingga tak heran jika daun ini memiliki rasa pahit.

Dan dari berbagai kandungan tersebutlah, terkumpul beberapa khasiat dari daun ini. Sehingga tak heran manfaat daun randu muda di percaya berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan dapat menyembuhkan penyakit. Yang mana beberapa diantaranya akan kami uraikan pada ulasan singkat berikut.

Khasiat dan Manfaat Daun Randu atau Kapuk

Mengobati Panas Dalam

Cara pengolahannya adalah siapkan terlebih dahulu 5 helai daun randu yang telah di cuci bersih sebelumnya. Setelah itu remas dengan menggunakan 500 cc air matang. Setelah daun randu menjadi lumat, kemudian saring dan sajikan dalam gelas. Anda bisa menambahkan sedikit gula merah untuk mengurangi rasa pahitnya. Konsumsi obat alami panas dalam ini 3x sehari secara teratur.

Mengobati Batuk

Untuk cara pengolahannya, siapkan terlebih dahulu 2 helai daun yang telah di cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan air mendidih sebanyak 150 cc. Aduk kemudian saring. Konsumsi manfaat air daun randu ini 2 kali sehari secara teratur hingga gejala batuk anda mereda.

Sebagai Obat Kumur

Cara memanfaatkannya yaitu dengan merabmas 3 helai daun randu dengan menggunakan 300 cc air. Saring, kamudian gunakan sebagai obat kumur alami. Fungsi dari obat kumur dari daun randu ini berfungsi untuk membunuh semua jenis kuman maupun bakteri yang ada di dalam mulut.

Menghilangkan Bekas Luka

Caranya sangat sederhana. Pertama, cuci bekas luka anda menggunakan air hangat. Kemudin, gosokan daun randu secara beulang pada bekas luka tersebut dan bilas menggunakan air bersih.  Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya bisa anda dapatkan.

Mencegah Rambut Rontok

Jika anda kini tengah mengalami rambut rontok dan ingin menumbuhkannya kembali, anda bisa memanfaatkan daun randu untuk menyburkannya kembali. Caranya cukup mudah. Rebus 10 helai daun randu dengan menggunakan 200 cc air hingga medidih. Setelah dingin, anda dapat segera menyaringnya. Setelah itu, oleskan pada area kepala dan rambut secara merata. Setelah 15-20 menit anda bisa langsung membilasnya. Cara ini sangat cocok jika di lakukan sebelum keramas memakai sampo.

Mengobati  Mata

Jika anda kini tengah sakit mata anda bisa memanfaatkan daun randu untuk mengobatinya. Caranya mudah cukup dengan meremas-remas daun randu yang telah di bersihkan sebelumnya pada air secukupnya kemudian saring. Temnpatkan air saringan tersebut ada wadah yang cukup besar (seperti baskom), Kemudian celupkan mata anda pada air tersebut sambil berkedip-kedip.

Mengobati Diare

Cara memanfaatnya yaitu dengan menyiapkan 3 helai daun randu  dan rebus menggunakai 250 cc hingga mdidih. Setelah dingin, anda dapat menambahkan sedikit garam ke dalamnya. Minum ramuan ini 3x sehari hingga diare yang anda derita sembuh.

Mengobati Wasir dan Disentri

Cara memanfaatkannya sama persis seperi pengolahan untuk mengatasi diare. Yaitu dengan merebus 3 helai daun randu pada 200 cc air hingga medidih. Setelah dingin anda dapat menambahkan sedikit garam ke dalamnya.

Selain dari pada itu, masih banyak manfaat dari daun randu untuk kesehatan dan pengobatan terutama untuk lambung, memperlancar pencernaan, ibu hamil, persalinan, asma dan juga kulit. Adapun manfaat daun randu untuk kulit diantaranya dapat mencegah penuaan dini dan juga mencegah kulit kering dan menjaga kelembaban kulit.

About Meidi Y 116 Articles
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.