Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

medipedia.id – Pernahkah Anda memiliki flashdisk bermerk SanDisk? Nah kali ini kita akan membahas mengenai merk yang satu ini, sayangnya bukan membahas mengenai flashdisk SanDisk. Lebih tepatnya artikel kali ini akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan SSD SanDisk.

Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk
Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

Kini, SanDisk telah diakusisi atau dimiliki oleh Western Digital (WD), meskipun demikian, SSD buatan mereka masih beredar di Pasaran. Sebagaimana kita ketahui bersama, SanDisk merupakan salah satu merk yang tidak dapat diabaikan kualitasnya. SanDisk hadir di pasaran dalam beberapa seri yang beragam mulai dari entry-level hingga kalangan profesional.

Baca: Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Dengan kualitas SanDisk yang dimiliki disertai nama besar yang melekat padanya, tidak heran jika SSD dibandrol dengan harga yang cukup fantastis. Namun jangan khawatir, SSD Sandisk tidak akan mengecewakan anda ketika membelinya. Berikut kelebihan dan kekurangan SSD SanDisk.

Kelebihan SSD SanDisk

Ringan, sebagaimana SSD lainnya yang memiliki bobot ringan, maka SSD SanDisk pun mengalami hal yang sama. Dibekali dengan bobot yang ringan, menjadikan SSD SanDisk sangat cocok diterapkan pada laptop yang multitasking dan dibawa kemana-mana. Hal ini juga sangat bertolak belakang dengan harddisk yang memiliki berat di atas SSD.

Sebagian orang juga beranggapan bahwa SSD SanDisk layaknya memory card HP yang tidak ada beratnya.Akses data yang cepat. Jika anda bermaksud untuk memindahkan isi harddisk ke dalam SSD, maka prosesnya tidak akan memakan waktu yang berlebihan. Apalagi jika dibantu dengan program cloning agar memangkas waktu pemindahan file.

Baca Juga: Memperbaiki Windows Search Yang Rusak

  1. Loading Windows super cepat. Bagaimana bisa? Karena SSD SanDisk memiliki kualitas yang sangat mumpuni, maka loading windows hanya membutuhkan waktu 30 detik setelah tombol turn on ditekan. Sedangkan ketika menggunakan harddisk, untuk menyalakan laptop hingga benar-benar bisa digunakan membutuhkan waktu sekitar 4 menit. Perbandingan yang bisa kita simpulkan yakni menggunakan SSD SanDisk 8x jauh lebih cepat. Anda tertarik untuk membeli SSD SanDisk? Untuk itu simak ulasan mengenai Kelebihan dan kekurangan SSD SanDisk ini hingga selesai.
  2. SSD SanDisk sangat cocok digunakan oleh anda yang sering bepergian dan membawa laptop. Di dalam SSD tidak ada mekanikal bergerak sehingga jauh lebih aman dari goncangan.
  3. Loading program berat sekalipun dengan menggunakan SSD SanDisk akan sangat cepat. Seperti program desain grafis, Adobe Flash dan lainnya. Tak perlu menunggu lama, dalam hitungan detik, aplikasi akan segera terbuka.

Sebagaimana hukum alam, yakni ada baik dan buruk, ada kelebihan ada pula kekurangan. Sama halnya dengan SSD Sandisk, di atas telah dijelaskan kelebihan SSD SanDisk.

Berikut beberapa kekurangan SSD SanDisk.

1. Mahal

Sebagian orang memang menganggap bahwa SSD SanDisk mahal, bahkan harganya bisa mencapai 10x harga per byte Harddisk. Hanya orang-orang tertentu dengan pekerjaan yang rumit dan membutuhkan SSD lah yang akan membeli SSD SanDisk. Selain menawarkan harga yang cukup mahal, SSD SanDisk juga seringkali mengalami kelangkaan barang.

2. Kapasitas kecil

Harga yang mahal tidak berarti SSD SanDisk memiliki kapasitas yang tinggi. Justru kapasitas yang dimiliki SSD SanDisk sangat jauh berbeda dengan harddisk pada umumnya. Artinya, anda tidak bisa memasukkan semua file digital berukuran besar ke dalam SSD SanDisk ini.

3. Rentan mengalami kerusakan

Bagi anda yang memiliki SSD SanDisk pada laptopnya, sebaiknya lebih berhati-hati. Sering-seringlah memback-up data yang penting. Bisa jadi SSD SanDisk mengalami kerusakan secara mendadak.

SSD SanDisk memiliki keterbatasan berapa kali data dapat ditulis. Semakin sering melakukan copy-paste dari dan ke SSD SanDisk, maka umur pakai SSD akan terus berkurang. Bahkan umur pakai dari SSD akan berkurang secara drastis jika anda mentransfer data hingga Gigabyte per hari. Gunakan SSD seperti biasa agar kerusakan dapat diminimalisir.

Baca Juga: Asus Rilis Motherboard Seri X570 Untuk Ryzen 3000 Series

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan SSD SanDisk, apakah anda tertarik untuk menggunakan SSD SanDisk? Siapkan budget yang cukup untuk membelinya dan segera beli SSD SanDisk di toko komputer atau toko online terpercaya. Dengan berbagai kelebihan dan kekuranganya, anda bebas menentukan pilihan yakni menggunakan SSD atau tetap setia pada harddisk. Terima Kasih.

About Meidi Y 110 Articles
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

2 Comments

    • Semuanya tergantung kebutuhan mas. Jika mas kesehariannya hanya untuk keperluan ringan seperti mengetik, mendengarkan musik atau menonton film maka hardisk masih worth it. Tapi jika keseharian mas itu untuk menjalankan pekerjaan yang berat seperti editing maka SSD adalah pilihan yang tepat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.