Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri

Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri – Saat ini, banyak orang yang mempunyai impian untuk bisa memulai bisnis sendiri. Selain itu, hal tersebut dianggap bisa menjadi salah satu cara agar bisa membangun karir. Mulai dari anak muda hingga dewasa banyak yang memulai bisnis sendiri seperti bisnis pakaian, makanan, dan sebagainya. Akan tetapi, ada sebagian orang yang masih ragu dan takut untuk memulai bisnis sendiri, padahal Mereka sebenarnya ingin sekali memulainya. Nah jika Anda juga termasuk orang yang sedang merasa ragu dan takut untuk memulai bisnis sendiri, artikel kali ini sangat tepat untuk Anda simak. Disini Saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan memulai bisnis sendiri agar Anda tidak ragu dan takut untuk memulainya.

Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri
Kelebihan dan Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri

Kelebihan Memulai Bisnis Sendiri

1. Mempunyai Kebebasan untuk Berkreasi

Kelebihan yang pertama yaitu mempunyai kebebasan untuk berkreasi. Dengan memulai bisnis sendiri, Anda lebih bebas untuk berkreasi. Anda bisa menentukan arah bisnis dengan ide yang menurut Anda sesuai untuk diterapkan. Selain itu, Anda bebas menentukan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda, bahkan Anda bisa menjadi pebisnis yang lebih kreatif karena akan banyak inovasi yang akan Anda lakukan. Mengenai aturan seperti jam kerja serta mengambil cuti juga bisa lebih fleksibel. Anda akan lebih bersemangat untuk terus belajar mengenai hal baru dan juga berkomunikasi dengan orang baru.

2. Bisa Menyesuaikan Skala Bisnis dengan Modal yang Dimiliki

Dengan memulai bisnis sendiri, Anda dapat menyesuaikan skala bisnis dengan modal yang dimiliki. Karena bisnis tersebut dijalankan sendiri, modalnya pun berasal dari Anda pribadi sehingga Anda bisa menentukan skala bisnis yang akan dijalankan nantinya dengan modal yang dimiliki. Jika modal yang dimiliki jumlahnya masih minim, Anda bisa mencoba memulai bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan modal dengan jumlah yang besar.

Jika modal yang dimiliki cukup besar, sebagai contoh Anda bisa membangun toko untuk digunakan sebagai tempat bisnis yang Anda jalankan. Selain itu, karena modalnya berasal dari Anda sendiri, mengenai operasional bisnis seperti pemilihan lokasi toko juga terserah pada Anda sepenuhnya.

3. Bisa Lebih Mandiri

Ketika memulai bisnis sendiri, secara tidak sadar Anda akan terbentuk menjadi seseorang yang bisa lebih mandiri. Hal itu terjadi karena pada saat memulai sebuah bisnis, Anda yang harus bertanggung jawab terhadap berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis mulai dari menyiapkan modal, membuat produk, menjalankan strategi, dan lain sebagainya. Banyak ilmu dan pengalaman yang akan diperoleh. Tanpa disadari, hal tersebut membuat Anda bisa lebih mandiri.  Dengan terbiasa melakukan segala hal sendiri, Anda tidak akan bergantung dengan orang lain.

4. Seluruh Keuntungan Bisnis Menjadi Hak Sendiri

Dengan memulai bisnis sendiri, bisnis yang akan dijalankan sepenuhnya akan dioperasikan oleh Anda sendiri. Tentunya, keuntungan yang akan diperoleh akan menjadi hak sendiri. Keuntungan yang diperoleh juga sesuai dengan kerja keras Anda dalam bekerja.

Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri
Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri

Kekurangan Memulai Bisnis Sendiri

Walaupun memulai bisnis sendiri terlihat mudah, akan tetapi tidak sedikit tantangan yang akan Anda hadapi. Selain kelebihan yang bisa didapatkan, tidak menutup kemungkinan bahwa memulai bisnis sendiri juga ada kekurangannya. Berikut ini kekurangannya:

1. Penghasilan Tidak Stabil

Kekurangan yang pertama yaitu penghasilan Anda tidak stabil. Meskipun saat memulai bisnis sendiri keuntungan yang diperoleh menjadi hak milik Anda sepenuhnya, Anda juga harus siap jika nantinya penghasilan yang akan diperoleh tidak stabil. Setelah memulai bisnis sendiri, penghasilan yang dihasilkan tidak sepenuhnya masuk ke rekeningmu pada tanggal dan jumlah yang sama setiap bulan. Usaha, kinerja, serta performa Anda lah yang akan menentukan besarnya penghasilan yang bisa Anda peroleh. Untuk itu, besar kemungkinan jika penghasilan yang Anda dapatkan tidak stabil. Jika kerja keras dan performa Anda sedang tidak begitu baik, tentunya penghasilan yang akan didapatkan juga akan lebih sedikit dibandingkan ketika Anda berusaha dengan maksimal dan memberikan performa yang baik.

2. Keterbatasan Dana

Tidak hanya persoalan mengenai penghasilan saja, akan tetapi keterbatasan dana bisa mengharuskan Anda untuk bisa memutar otak agar modal yang dimiliki cukup untuk memulai bisnis. Kekurangan dana mungkin saja bisa dialami ketika memulai bisnis sendiri. Dana yang diperoleh agar bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis tentunya bisa dihasilakan ketika Anda tetap berusaha dan konsisten terhadap bisnis Anda. Jika tidak demikian, bisnis Anda cenderung akan sulit untuk berkembang. Selain itu, karena keterbatasan dana, Anda juga harus bisa mengontrol keluar masuknya dana untuk keperluan bisnis

Demikian kelebihan dan kekurangan memulai bisnis sendiri. Memulai bisnis tidak hanya tentang mendapatakan banyak uang. Akan tetapi bagaimana Anda mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki agar bisa bermanfaat bagi diri Anda sendiri maupun orang lain. Selain kelebihannya, memulai bisnis sendiri juga mempunyai kekurangan. Akan tetapi, kekurangan tersebut bisa diatasi jika Anda terus berusaha, pantang menyerah, dan tetap konsisten.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.