Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Tidak bisa dipungkiri jika Google adalah rajanya search engine (mesin pencari) di internet saat ini. Oleh karena itu, para webmaster (pemilik situs web) disarankan untuk mendaftarkan blog atau situsnya ke Google Webmaster Tools agar bertujuan artikel yang kita publish di blog dapat langsung terindeks ke mesin pencari google.

Dengan mendaftarkan blog di Google Webmaster atau Search Console dapat membantu kita sebagai webmaster memahami cara kerja google melihat sebuah situs dan mengoptimalkan kinerjanya dalam hasil penelusuran. Selain mendaftar, di bawah nanti juga akan dijelaskan cara verifikasi blog di Google Webmaster Tools.

Baca: Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page

Pengertian Google Webmaster Tools

Sebelum melangkah jauh ke cara pendaftaran, alangkah lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Webmaster Tools. Google Webmaster Tools adalah alat yang diseidkan oleh Google oleh para webmaster (pemilik situs atau blog) agar website mereka lebih mudah ditemukan di search engine, dalam hal ini Google.

Google Webmaster Tools menyediakan data berikut laporan yang dapat membantu anda memahami bagaimana halaman website anda dapat muncul di hasil pencarian google. Anda juga bisa mengetahui search query atau kata kunci dimana halaman dari website anda muncul di hasil pencarian dan seberapa sering website anda diklik.

Berbagai macam data yang disediakan oleh Google Webmaster Tools ini dapat membantu anda meningkatkan artikel yang anda tulis atau sajikan di website, membantu proses penulisan artikel baru, dan menentukan strategi terbaik untuk website anda. Tools ini juga bisa membantu Google untuk menampilkan konten paling penting pada website anda.

Selain itu, Google Webmaster Tools bisa memberitahu anda jika terdapat masalah dengan situs anda, saat Google menghentikan perayapan (crawling) dan tidak mengindeks website anda. Google Webmaster juga memungkinkan anda untuk mengajukan XML sitemap dari website anda dan menegcualikan URL tertentu.

Tujuan menggunakan Google Webmaster Tools

Tujuan utama menggunakan Google Webmaster adalah meningkatkan performa situs atau blog anda, dalam rangka agar artikel atau konten yang sudah dipublish terindekx dalam mesin pencarian Google. Jika sudah begitu, maka kita website atau blog kita akan mendapatbanyak pengunjung di internet. Setidaknya ada dua alasan mengapa menggunakan Google Webmaster Tools:

1. Memantau Kinerja Situs atau Blog di hasil penelusuran Google

Dari alasan penggunaan Webmaster Google Tools tersebut kita bisa melakukan berbagai hal seperti:

  • Memastikan Google dapat mengakses konten id website atau blog anda
  • Mengirimkan konten baru untuk perayapan (Googlebot) dan menghapus konten lama yang tidak ingin ditampilkan di penelusuran.
  • Membuat dan pantau konten yang menunjukkan hasil penelusuran terbanyak atau menarik.
  • Mengurangi gangguan pada blog atau situs web kita atau pertahankan gangguan minimal untuk kinerja penelusuran Google.
  • Mengatasi masalah perangkat lunak seperti spam sehingga blog atau situs web anda tetap bersih.

2. Menemukan Cara penelusuran Google dan mengetahui cara dunia internet melihat blog atau situs anda

Kita bisa mengetahui berbagai cara “dunia” melihat situs atau blog kita dan cara penelusuran Google sehingga menemukan situs kita. Tujuan demikian selanjutnya melahirkan beberapa pertanyaan yang sangat berguna bagi pengembangan siuus atau blog kita seperti:

  • Kueri atau kata kunci apa yang membuat blog atau situs kita muncul di hasil penelusuran Google?
  • Apakah beberapa kata kunci menghasilkan lebih banyak traffic ke blog kita atau tidak?
  • Situs apa saja yang ditautkan ke blog atau situs web kita?
  • Apakah situs versi seluler bekerja dengan baik dan menghadirkan pengunjung yang mengakses blog atau situs kita dari ponsel?

Langkah-langkan Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Untuk memulai langkah pendaftaran dan verifikasi di Google Webmaster Tools, pertama-tama anda membutuhkan akun googke dan juga akses ke dashboard wordpress. Berikut langkah dan cara verifikasi Blog di Google Webmaster Tools:

  • Buka https://www.google.com/webmasters
  • Login menggunakan akun gmail yang sudah dimiliki
  • Masukkan alamat atau URL blog/situs web yang dkan kita daftarkan, lalu klik “Add a property
  • Untuk blog wordpress self hosting, pilih metode yang sudah direkomendasikan (recommended method). Download file verifikasi yang diberikan, lalu upload ke blog anda. Akhiri dengan klik tombol “Verify”.
  • Sedangkan untuk blog yang menggunakan hosting blogspot, pilih Alternative Methods (Metode Alternatif). Pilih pilhan yang ada di paling atas, yakni HTML Tag.
  • Kemudian Letakkan kode HTML (meta tag) di atas, tepat di bawah kode <head>. Simpan template tersebut lalu kembali ke halaman verifikasi. Akhiri dengan mengklik tombol “Verify”.
  • Jika semua langkah yang anda lakukan sudah sesuai, berate proses verifikasi telah berhasil. Anda akan mendapat sebuah pesan yang menunjukkan proses verifikasi berhasil.

NOTE: Untuk mendaftar google webmaster sekarang ini harus meletakan kode DNS Records TXT ke pengaturan DNS domain. Anda bisa meletakan Kode TXT ini ke penyedia domain provider dimana Anda mendaftarkan domain atau bisa juga melalui Cloudflare (apabila Anda menggunakan Cloudflare).

Baca Juga: Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools adalah Salah Satu Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Proses pendaftaran blog atau situs web ke Google Webmaster Tools sudah dilakukan dan hal tersbeut merupakan salah satu cara agar artikel cepat terindex google. Proses ini merupakan langkah awal mengoptimalkan situs atau blog anda. Proses selanjutnya, anda bisa melakukan hal-hal berikut ini agar blog atau situs web anda muncul di halaman pertama hasil pencarian google.

Menambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Setelah berhasil mendaftarkan dan memverifikasi situs web atau blog ke Google Webmaster, anda juga perlu menambahkan ssitemap XML ke Google Webmaster Tools. Sitemap adalah sebuah daftar dari halaman website yang dapat diakses oleh user dan search engine. Tujuannya adalah memungkinkan halaman pada website atau blog mudah ditemukan oleh Google dan dapat terindex lebih cepat.

Melakukan Ping ke Google Webmaster

Langkah selanjutnya agar artikel cepat terindex Google adalah dengan melakukan ping ke Google Webmaster Tools. Cara ping artikel ke Google Webmaster secara sederhana adalah dengan mengklik halaman Google Ping yaitu www.googleping.com. Ping bisa diartikan sebagai cara memanggil robot Google (googlebot) untuk merayapi situs anda supaya lebih cepat terindex.

Melakukan Fetch as Google di Google Webmaster

Selain dua cara di atas, ada pula cara yang dinamakan Fetch as Google (Ambil sebagai Google), Cara ini dipakai untuk mendapatkan pengindeksan lebih cepat pada setiap artikel yang sudah terpublikasi. Sebenarnya melalui dua cara di atas yaitu ping dan menambahkan sitemap, perayapan dan pengindeksan sudah bisa dilakukan oleh Google kepada website atau blog kita.

Kita telah melakukan langkah dan cara verifikasi blog di Google Webmaster Tools. Alat ini juga bisa disebut dengan Google Search Console. Dengan adanya tools ini, kita bisa lebih mudah dalam mengeolola situs berdasarkan data yang dihimpun dan menentukan langkah-langkah pengoptimalan mesin pencari Google, atau biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Semoga bermanfaat!

About Meidi Y 110 Articles
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.