Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru Menggunakan .Htaccess

Cara Redirect Domain Lama ke Domain Baru – Kemarin Saya baru melakukan redirect domain lama saya medong.id ke domain baru ini medipedia.id dengan menggunakan perintah .htacces di hosting. Sebagai langkah pencegahan agar saya tidak memulai blogging dari awal yaitu dengan cara meredirect menuju domain baru. Hal ini juga sebagai antisipasi jatuhnya pengunjung yang sudah ada di medong.id di alihkan menuju url website yang baru.

Baca: Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya

Redirect atau yang disebut pengalihan adalah pengarahan url dari situs lama menuju situs baru. Redirect biasanya berupa pengalihan otomastis menggunakan serangkaian kode status yang didefinisikan dalam kode protokol HTTP.

Langkah-langkah Melakukan Redirect Domain

Karena saya melakukan redirect menuju domain baru yang (fresh), maka Saya harus melakukan proses backup terlebih dahulu. Data yang Saya bakup adalah Database phpmyadmin dan File yang ada pada domain lama. Saya rasa Anda sudah tahu yah proses backup data ini, jika belum silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

Setelah semua data sudah di backup, langkah selanjutnya adalah mengupload data ke domain baru. Langkahnya cukup simpel, Anda hanya perlu mengupload database dan file sama seperti tahapan proses backup (hanya dibalik skemanya saja dimana download ≠ upload). Setelah semua file berhasil di upload, Anda hanya perlu menyamakan tabel prefixnya di wpconfig.php.

Membuat Perintah Redirect di .Htaccess

Apabila file .htaccess tidak ada silahkan buat secara manual menggunakan notepad, tapi jika sudah ada kita tinggal melakukan edit saja. Caranya membuat .htacces ini sangatlah mudah, silahkan copy kode dibawah ini di notepad, beri nama .htaccess dan upload ke publick html atau directory domain Anda.

# BEGIN WordPress

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

RewriteRule .*\.()$ - [F,NC]

Setelah .htaccess ini sudah Anda buat, selanjutnya tambahkan kode perintah redirect dibawah perintah RewriteEngine On untuk mengarahkan menuju domain baru. kode redirect ini:

RewriteCond %{HTTP_HOST} domain lama$ 
RewriteRule ^(.*) domain baru/$1 [R=301,L]

Jika Kalian penasaran dengan letak pemasangan kode redirect ini, Anda bisa lihat contoh penempatan kode yang Saya gunakan kemarin. Lihat dibwah ini:

# BEGIN WordPress

RewriteEngine On
RewriteBase /

RewriteCond %{HTTP_HOST} domain lama$ 
RewriteRule ^(.*) domain baru/$1 [R=301,L]

RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

RewriteRule .*\.()$ - [F,NC]

Baca: Cara Meningkatkan Posisi di Google

Begitulah Cara redirect domain lama ke domain baru menggunakan .htaccess yang Saya lakukan kemarin. Semoga tulisan pengalaman ini bermanfaat untuk Kalian yang ingin melakukan redirect. Share Artikel ini jika bermanfaat, dan Semangat blogging untuk Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.