Jutaan dan Milyaran website yang ada di internet mengantri sekian lama untuk dirayapi robot mesin pencari, seperti salah satunya Google. Bisa jadi, anda yang baru saja mempublish artikel di laman blog atau website anda, baru bisa dirayapi robot google dan terindeks berbulan-bulan kemudian. Jika anda tidak menginginkan hal tersebut pada web anda, anda bisa menggunakan cara ping artikel ke Google.

Baca: Cara optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda

Apa itu ping? Pada dasarnya ping berarti bersiul atau lebih tepatnya memanggil. Teknik ping ke Google adalah memangil robot search engine (jika di Google bernama Googlebot) untuk menjelajah atau merayapi halaman situs web atau blog anda agar cepat terindex Google. Ping bisa menjadi salah satu cara agar artikel cepat terindex Google.

Website Penyedia Jasa Ping Artikel ke Google

Cara ping Artkel ke Google ada dua cara yaitu ping google secara otomatis dan ping google secara manual. Cara pertama yaitu ping google secara otomatis banyak disediakan layanannya oleh berbagai macam situs web. Beberapa di antara situs penyedia layanan ping google secara otomatis antara lain:

  • Pingomatic.com
  • Pingoat.com
  • Pingler.com
  • Mypagerank.net
  • Auto-ping.com
  • Ping.in
  • Totalping.com
  • Autopinger.com

Namun demikian, layanan penyedia jasa ping ke google secara otomatis ini jarang digunakan oleh pemilik situs (webmaster). Salah satu alasannya adalah karena situs tersebut berasal dari pihak ketiga, bukan langsung dari Google, disinyalir hasilnya kurang baik (tidak maksimal). Atau dengan kata lain layanan situs tersebut belum tentu bisa memanggil Googlebot untuk situs web anda.

Untuk itu, sangat disarankan melakukan artikel ke Google menggunakan layanan Google yaitu di halaman googleping,com. Pihak google tentu akan memprioritaskan setiap website atau blog yang melakukan ping dari tempatnya sendiri dibandingkan dari pihak ketiga.

Manfaat Ping Artikel ke Google

Sebelum masuk ke pembahasan cara ping artikel ke Google melalui situs googleping.com. ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat ping artikel ke Google. Melakukan ping artikel itu bisa diibaratkan anda mendatangi search engine untuk memberi tahu situs anda telah mengupdate artikel, bukan menunggu search engine untuk didatangi.

Search engine seperti Google akan secara otomatis mendatangi situs web atau blog anda untuk dirayapi, namun belum tentu waktunya langsung seketika, bisa jadi bisa berbulan-bulan. Sehingga manfaat utama dari ping artikel ke Google adalah mempercepat proses artikel terindex oleh Google.

Melakukan ping artikel ke Google memang sangat baik untuk kemajuan blog. Namun disarankan untuk tidak melakukannya terlalu sering, karena jika terlalu sering melakukan artikel, blog atau situs web anda terindikasi spam oleh Google. Anda bisa melakukan ping artikel secara berkala seperti seminggu sekali agar lebih aman.

Teknik ping artikel ini juga bisa dibilang sebagai pelengkap dari optimasi seo on page Mengapa demikian? Karena jika artikel sudah baik secara SEO (Search Engine Optimization), penulisan, dan mapping akan lebih cepat terbaca oleh google jika di ping. Cara optimasi seo on page pada blog anda adalah salah satu bentuk optimasi SEO yang diterapkan pada konten yang anda buat.

Baca Juga: Tips Bagaimana Cara Meningkatkan Posisi di Google

SEO on page menjadi salah satu hal yang oenting dipelajari bagi webmaster. Ada 5 poin yang menjadi komponen untuk dikembangkan yaitu Judul, permalink (URL), konten, heading dan gambar. Jika dapat memaksimalkan seo on page di situs atau blog anda, hal itu bisa menjadi faktor untuk meningkatkan pengunjung bolg atau website secara signifikan

Cara Ping Artikel ke Google Agar Cepat Terindeks

Berikut ini kami sajikan cara ping artikel ke Google, baik secara otomatis maupun manual, menggunakan layanan dari Google.

Cara Ping Artikel ke Google Secara Otomatis

Mengisi Data Ping

Mengisi Data Ping

Blog Name: Isi dengan nama blog anda
Blog Homepage: Isi dengan URL Blog anda
RSS URL (optional): isi dengan URL feed blog anda (boleh tidak diisi)
Email (required for some): isi dengan alamat email anda)

  • Setelah mengisi secara lengkap data tersebut, klik tulisan check all untuk mencentang semuanya
  • Setelah tercentang semua, isi chapta atau tulis kode yang terlihat
  • Klik tulisan “Send Pings”, maka ping blog sudah terproses ke Google.

Cara Ping Artikel ke Google secara manual

  • Klik http://blogsearch.google.co.id/ping
  • Masukkan alamat URL yang akan di ping ke Google
  • Klik Tombol Submit Blog
  • Selesai dan Google Bot akan berkunjung ke blog anda untuk merayapi halaman URL yang tadi anda kirim (ping).

Setelah melakukan ping ke Google, biasanya tidak membutuhkan waktu lama untuk Google melakukan pengindeksan ke artikel anda. Anda bisa mengevak segera setelah ping dan submit URL tadi. Cek dengan masukkan URL ke pencarian google. Jika artikel langsung muncul di halaman pertama Google, itu artinya ping yang sudah anda lakukan telah berhasil.

Cara Lain untuk Mempercepat Proses Pengindeksan Google

Melakukan strategi Link-Buliding

Selain ping artikel ke Google, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan website anda agar cepat terindex Google. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi link-building. Mendapatkan backlink dari website lain dengan domain authority lebih tinggi bisa membantu proses indexing menjadi lebih cepat.

Misalnya, menaruh link website atau blog anda ke website di forum-forum seperti kaskus atau Reddit adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk mendapatkan backlink. Meletakkan link di forum terkenal, Google biasanya akan lebih cepat mengindex website anda. Jika halaman website anda nantinya banyak dikunjungi orang tentu akan disimpan di Google Index lebih lama.

Social Sharing

Cara berikutnya untuk mempercepat pengindeksan Google cukup mudah adalah social sharing, yaitu  bagikan konten di website atau blog anda di media sosial. Rancang caption yang menarik untuk menarik orang agar membuka website atau blog anda. Anda bisa mendapatkan link juice dari social link ini. Selain tingkat indeks yang baik, keuntungan yang anda dapatkan juga berupa tingkat kepercayaan dan kredibiltas merk.

Memanfaatkan PBN (Private Blog Network)

PBN atau singkatan dari Private Blog Network adalah sekumpulan blog yang sengaja diciptakan beberapa orang atau komuntas tertentu untuk keperluan blog network. PBN bisa menjadi salah satu cara agar artikel cepat terindex ke google oleh para masterweb (pemilik website). Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk memastikan anda menggunakan PBN yang berkualitas.

Baca Juga: Perbedaan Hyperlink Internal dan Eksternal Serta Cara Membuatnya

Jadi mudah bukan cara ping artikel ke Google? Untuk lebih lanjut, anda juga bisa melakukan ping artikel ke search engine lain selain Google seperti Yandex atau Bing. Jika search engine lain sudah terindeks, anda semakin bisa menemukan pengunjung situs atau blog anda, tidak hanya yang berasal dari search engine Google. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering melakukan ping agar tidak diidentifikasi Google sebagai spam.