Jika bicara soal SEO, apalagi bagi kamu yang sedang dalam proses belajar, pastinya banyak sekali topik pembahasan tentang SEO itu sendiri. Salah satunya adalah cara optimasi SEO on page untuk meningkatkan peringkat website Anda.

Nah sebelum kita lanjutkan ulasan kita secara spesifik tentang topik tersebut, yuk kami ajak bergeser sebentar untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu SEO on page secara singkat saja.

Cara optimasi SEO On Page

Cara optimasi SEO On Page

SEO On Page

Seo on page Adalah salah satu bentuk optimasi SEO yang terkandung dalam konten yang akan anda publikasikan. Ketika konten anda terupload, saat itu juga anda telah menerapkan SEO di dalamnya. Jadi sebelum anda membuat dan akhirnya mengupload konten alangkah baiknya anda memperhatikan dulu SEOnya akan bekerja seperti apa pada konten tersebut.

Baca: Cara Meningkatkan Posisi di Google

Mempelajarinya adalah kunci keberhasilan bagi anda yang menanti proses berkembangnya situs web untuk AdSense atau iklan, yang mana itu merupakan cara mendapatkan uang dari network tanpa harus beranjak dari rumah.  Jika anda salah seorang blogger yang ulet, anda wajib memaksimalkan SEO on page di situs anda. Karena bukan tanpa alasan, dengan anda memberi perhatian lebih pada SEO on page, hal itu dapat menjadi faktor utama yang mampu meningkatkan pengunjung di blog secara signifikan lho.

Kok Bisa SEO On Page Menjadi Salah Satu Faktor Penting SEO?

Selepas konten Anda diterbitkan, secara otomatis mesin pencarian seperti Google akan mencoba menemukan konten yang telah anda upload. Pencarian ini bersandar pada keyword (kata kunci) yang ada pada konten anda, kejelasan, dan faktor lain sebagainya. Beberapa hal di atas menjadi bagian dari pengelolaan SEO on page.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Agar Bisa Masuk di halaman Pertama

Bila diklasifikasikan, SEO on page tersusun atas beberapa elemen, yakni meliputi judul, URL & permalink, dan gambar.

Judul mendapatkan kedudukan penting dalam meningkatkan atau optimasi kualitas SEO.

Cara optimasi SEO on page

Ada 3 elemen penting yang bisa dikembangkan menjadi poin dalam SEO on page, diantaranya :

  1. Judul
  2. URL & Permalink
  3. Gambar

Ketiga elemen utama ini menjadi penentu dari beberapa faktor pengikut lain.

1. Judul

Hal pertama untuk optimasi SEO on page yang harus anda perhatikan adalah judul. Tepat setelah anda menemukan kata kunci (keyword) di konten yang sekiranya pas, maka judul konten harus anda sesuaikan dengan kata kunci tersebut. Dan satu tips, saat anda membuat judul konten, usahakan judul tersebut tetap mengandung kata kunci (keyword).

Contohnya seperti tulisan kami kali ini, mengusung tema dan kata kunci “cara optimasi SEO on page”, maka judul yang kami terapkan ialah “Cara Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda” Nah apakah anda sudah paham?

Gampangnya harus ada embel-embel kata kunci konten anda untuk pembuatan judul konten. Judul juga harus dapat menarik perhatian calon pengunjung, bisa jadi mereka yang awalnya bertujuan searching informasi lain, bisa penasaran setelah melihat kolom pencarian terkait dan yang dibaca judul, dan alhasil berkunjung di situs anda. Judul juga harus bisa menggambarkan secara meluas terhadap isi yang dikandungnya.

Untuk membuat judul saja harus anda perhatikan beberapa faktor lho, supaya benar-benar menarik. Dan faktor-faktor tersebut antara lain :

  1. Daya tarik, tentunya guna mengundang para calon pengunjung adalah dengan membuat judul semenarik mungkin, untuk kemudian diharapakan mengklik judul konten anda.
  2. Hindari judul yang berarti ganda, jika judul yang anda buat berarti ganda, maka yang terjadi adalah calon pengunjung tidak bisa tahu dan menyimpulkan apa isi dari konten tersebut. Sanggup mendeskripsikan keseluruhan isi yang dibahas merupakan fungsi sebenarnya dari sebuah judul. Mesin pencari di internet hanya dapat menentukan topik pembahasan suatu konten melalui judulnya saja, jadi semakin sesuai judul dengan isi kontennya maka, semakin baik nilai SEO untuk konten anda. Jika anda kebingungan dalam mencari “Judul apa yang tepat nih, bingung” anda bisa menanyakan judul yang kira-kira akan anda gunakan pada orang lain, teman anda misalnya. Tanya pada teman amda dan jika mereka memberikan komentar dan tanggapan yang berhasil mewakili konten anda, nah itu tandanya berarti judul anda goals, dan berhasil mewakili isi konten anda.

2. URL & Permalink

Coba anda perhatikan, jika anda sedang berada pada halaman situs web, maka di setiap artikel akan menampilkan URL yang berbeda-beda.

Untuk memaksimalkan SEO, baiknya gunakan URL atau Permalink yang mengandung kata kunci, seperti contoh www.namadomain.com/cara-optimasi-sep-on-page.

3. Gambar

Gambar merupakan Cara optimasi SEO on page. Kenapa gambar bisa menjadi penunjang konten? Bayangkan saja jika konten yang anda buat hanya full diisi teks dari atas hingga ke bawah tanpa ada gambar sedikitpun. Pasti akan terasa sedikit membosankan bagi segelintir orang yang tidak terlalu suka membaca. Dengan menambahkan gambar pada situs web anda, diharapkan pengunjung akan tertarik dan semangat dalam membaca konten anda.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Kecepatan Website untuk SEO

Oke guys sampai di sini perjumpaan kita dalam pembahasan Cara optimasi SEO on page. Jika ada pendapat atau yang hendak ditanyakan, silahkan tinggalkan di kolom komentar. Terimakasih.