SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah proses mempengaruhi tingkat keterlihatan situs website atau blog di hasil pencarian alami mesin pencari, seperti Google. Jika pengunjung website semakin banyak mengunjungi website atau blog anda, maka posisi web atau blog anda akan naik ke posisi terbaik pada pencarian google.

SEO sendiri dibagi menjadi dua yaitu SEO off page dan SEO on Page. Cara optimasi SEO Off page telah kita pelajari sebelumnya, maka giliran cara optimasi SEO on page yang akan dibahas pada kesempatan kali ini. Namun sebelum membahas lebih jauh soal cara optimasi SEO on page pada blog, ada baiknya kita memahami pengertian SEO on page.

Pengertian SEO on Page

Pengertian SEO Secara Umum

Pengertian SEO On Page Secara Umum

SEO on Page adalah salah satu bentuk optimasi SEO yang diterapkan pada konten di website atau blog yang anda terbitkan. Maka yang dilakukan adalah membuat konten, sekaligus memaksimalkan SEO di dalamnya. Anda dituntut harus mengerti bagaimana SEO tersebut bekerja karena dua hal, membuat konten dan pemaksimalan SEO dilakukan sekaligus.

Baca: Seberapa Penting Kecepatan Website Untuk SEO?

Optimasi SEO on page menjadi salah satu yang penting dioelajari terlebih jika anda menginginkan situs web atau blog untuk mendapatkan uang dari Adsense yang masuk di website anda. Jika dapat memaksimalkan SEO on page, hal tersebut juga menjadi salah satu cara agar artikel cepat terindex google, dimana juga dapat meningkatkan pengunjung secara signifikan.

5 Komponen Utama SEO on Page

SEO on page bisa menjadi salah satu kesuksesan optimasi SEO saat mesin pencari seperti Google mampu menemukan konten anda secara otomatis. Cara kerja Google mencari konten anda adalah dnegan cara pencarian kata kunci (keyword) yang anda pakai di dalam konten yang anda sajikan di website atau blog.

Hal-hal yang berkaitan dengan teknis penyajian konten tersebut adalah bagian dari pengelolaan dan optimasi SEO secara on page. Terdapat 5 komponen utama dalam optimasi SEO on page yaitu meliputi judul, URL dan permalink, heading, gambar dan konten itu sendiri. Kelima poin tersebut menjadi faktor penentu dalam proses optimasi SEO on page

Langkah-langkah Optimasi SEO on Page Menggunakan 5 Komponen Utama

1. Judul

Judul sangat mempengaruhi dalam optimasi SEO. Anda perlu menentukan judul artikel yang sesuai dengan kata kunci yang sudah ditemukan memiliki jumlah pencarian terbanyak. Dalam proses pembuatan judul, harus menggunakan kata kunci tersebut. Misalnya kata kunci yang ditemukan adalah “Liga Inggris”, maka artikel yang dibuat adalah “Hasil Liga Inggris, Manchester City Menang atas Manchester United”.

Judul yang dibuat adalah mendeskripsikan secara luas isi dari konten yang disajikan dan juga harus menarik, agar pengunjung akan mengklik artikel di website atau blog anda, saat ia tampil di hasil pencarian google. Calon pengunjung pasti datang dengan pertanyaan, maka buatlah judul yang paling tidak menggambarkan jawaban dari sebuah pertanyaan.

Selain itu, hindari juga membuat judul dengan arti ganda. Jika judul berarti ganda, maka calon oengunjung gagal paham akan konten yang disajikan. Hal ini bisa membuat calon pengunjung tidak akan mengklik konten yang kita sajikan.

Kemudian perhatikan juga jumlah karakter yang digunakan pada judul. SEO akan bekerja dengan baik jika judul terdiri dari 20-60 karakter saja. Biasanya dengan karakter sejumlah itu, terdiri dari 2 hingga 20 kata yang menyusun judul. Meski begitu, anda masih bisa membuat judul yang panjang karena nantinya saat ditampilkan mesin pencari akan ada titik-titik jika melebihi 60 karakter.

2. URL dan Permalink

Setiap artikel yang disajikan di website atau blog anda pasti memiliki URL yang berbeda-beda. Usahakan dalam URL tersebut, mengandung kata kunci yang memiliki hasil pencarian terbanyak. Hal ini penting, karena biasanya ada beberapa permalink atau URL yang terdiri dari berbagai simbol atau emoticon.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatur URL adalah hapus kata dasar, gunakan URL yang pendek, sambungkan setiap kata dengan menggunakan tanda hubung (“-“) dan juga tempatkan kata kunci di dalam URL.

3. Heading

Heading adalah format teks yang biasanya digunakan untuk menandai suatu bagian dari artikel. Jika artikel anda ditambahkan heading, maka hal tersebut merupakan cara optimasi SEO on page pada blog anda. Fungsi utama heading adalah untuk memudahkan paengunjung membaca keseluruhan isi artikel yang anda publikasikan.

Dalam proses pencarian, Google memberikan perhatian pada heading tipe 1 hingga 3 pada setiap artikel.  Heading 1 digunakan sebagai penanda topic utama, heading 2 digunakan untuk sub topic dan heading 3 menerangkan rincian sub topic. Jika artikel anda menggunakan heading, atur saja setiap bagiannya dengan topic yang berbeda.

4. Gambar

Gambar juga masuk ke dalam komponen utama optimasi SEO on page. Adanya gambar di sebuah artikel adalah sebagai pelengkap informasi dari teks yang kita sajikan. Gambar juga menadi daya tarik visual bagi para pengunjung situs dan membuat tampilan lebih menarik. Dengan adanya gambar, pengunjung memiliki selingan untuk memperhatikan visual saat membaca artikel kita.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasukkan gambar ke dalam artikel:

  • Gunakan gambar yang sesuai dengan isi artikel atau topic yang anda bicarakan dalam artikel
  • Gantilah nama gambar dengan rangkaian kata kunci
  • Jangan gunakan ukuran file gambar yang terlalu besar, gunakan yang ukuran kecil namun dengan resolusi besar sehingga jelas saat ditampilkan di artikel.
  • Gunakan alternative teks pada gambar
  • Jangan menggunakan gambar yang melanggar hak cipta. Pastikan gambar tersebut adalah buatan sendiri, tidak mengandung hak cipta atau anda suah membeli lisensinya.

Baca Juga: 70+ Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik (Bebas Hak Cipta)

5. Konten

Komponen utama yang terakhir adalah konten. Konten merupakan inti dari artikel yang anda sajikan di website atau blog anda. Oleh karena itu konten yang bagus adalah konten yang membuat pengunjung betah dan bertahan lama untuk membaca. Konten juga bisa berperan dalam penyebaran artikel anda.

Membuat Konten yang Baik

Membuat Konten yang Baik

Salah satu tips yang bisa digunakan untuk membuat konten yang SEO on page adalah dengan mengulangi kata dan frasa. Tidak hanya satu atau dua kali, namun pengulangannya beberapa kali di dalam artikel yang berhubungan dengan satu topic yang dibahas. Perhatikan juga jumlah kata agar konten tetap enak dilihat, bisa menggunakan 3-4 paragraf, 5-6 baris setiap paragraf dan 10-15 kata setiap barisnya.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Agar Bisa Masuk di Halaman Pertama

Saat ini algoritma google sudah mempertimbangkan isi konten untuk hasil pencarian yang dilakukan. Konten yang relevan dan sesuai dengan topic akan menaikkan nilai SEO konten anda dan bukan tidak mungkin aka nada dalam posisi teratas hasil pencarian Google.

Cara optimasi SEO on page pada blog atau website telah kita bahas cukup detil seperti sudah disebutkan di atas. Mempelajari SEO on page merupakan salah satu bagian penting yang harus diikuti dengan optimasi SEO off page sebagai kelengkapan prpses pembelajaran SEO. Semua dilakukan untuk mengembangkan performa website atau blog agar banyak dibaca oleh pengunjung