Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page

Posted on

Sebagai pemilik blog atau website, anda tentu ingin konten yang ada di website ramai dikunjungi banyak orang. Trafik atau lalu lintas pengunjung menjadi semakin banyak jika website anda bisa langsung muncul dalam hasil pencarian search engine, seperti Google. Untuk itu diperlukan optimasi pada website atau blog anda. Salah satu bentuk optimasi yaitu SEO (Search Engine Optimization) off page.

Selain SEO off page, ada juga SEO on page yang merupakan dua faktor saat anda melakukan optimasi pada website atau blog anda. Dengan teknik SEO yang efektif, bukan anda yang mencari pengunjung, namun pengunjung yang secara otomatis mengunjungi website anda. Cara optimasi SEO off page akan kita bahas pada apenjelasan di bawah ini.

Pengertian SEO Off Page

Pengertian SEO Secara Umum
Pengertian SEO Secara Umum

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara optimasi SEO off page, mari terlebih dulu mengenal pengertian SEO Off Page. SEO off oage adalah teknik pengoptimalan agar konetn yang dibuat bisa muncul dalam halaman pertama mesin pencari. Jika cara optimasi SEO on page pada blog adalah segala hal yang berhubungan dengan halaman serta teknik penulisan, SEO off page berhbungan dengan website itu sendiri.

Elemen SEO off page digunakan oleh mesin pencari seperti Google untuk menentukan bagian mana yang lebih cocok untuk ditampilkan pada halamannya. Oleh karena itu, SEO off page sangat memengaruhi bagaimana SEO itu bekerja,

Google menggunakan authority untuk menentukan konten mana yang memiliki kualitas yang baik. Ada juga backlinks atau link dari website lain yang memiliki peran penting sebagai informasi bagi Google bahwa situs anda terpercaya. Authority, backlink atau interlinking merupakan bagian dari cara optimasi SEO off page.

Manfaat SEO Off Page

Alasan utama mengapa webmaster (pemilik web) perlu mengoptimasi SEO off page adalah untuk membangun link dari website lain, dimana hal ini merupakan salah satu faktor penting SEO off page. Google melalui Googlebot akan melakukan crawling (perayapan) pada banyak sekali halaman-halaman website di internet.

Proses tersebut tentunya membutuhkan link (tautan) dari website lain, agar Google ternavigasikan ke website yang kita miliki. Google akan memberikan skor tinggi untuk website yang memiliki tautan dengan website lainnya. Ini menjadi semacam indicator bagi Google bahwa website yang kita miliki banyak direferensikan oleh website lain.

Semakin tinggi kualitas latau semakin banyak link yang terhubung ke website lainnya, maka kemungkinan konten pada website kita terindex Google dan muncul di halaman pertama pencarian, semakin besar. Untuk itulah mengapa dilakukan optimasi SEO off page yang akan mendatangkan beberapa manfaat di antaranya:

  1. Meningkatkan SERP (Search Engine Result Page), yaitu halaman hasil penelusuran kata kunci di Google.
  2. Meningkatkan ranking halaman atau website. Ranking Halaman atau Page Rank adalah sebuah pemeringkatan situs web berdasarkan algoritma yang ditentukan untuk situs-situs yang sering dikunjungi.
  3. Mendapatkan lebih banyak unique visitor, yaitu jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Ini juga menjadi salah satu manfaat yang dihasilkan bila sudah menerapkan cara agar artikel cepat terindex Google.
  4. Meningkatkan reputasi website.

Faktor-faktor yang memengaruhi SEO Off Page

Optimasi SEO OFF PAGE pada Blog
Optimasi SEO Off Page pada Blog

Hal utama yang diperhatikan adalam optimasi SEO off page adalah menyebarkan link artikel atau website kita ke seluruh jaringan internet. Hal inilah yang  disebut backlink dan bisa membangun jaringan link. Jadi kunci dari SEO off page adalah bagaimana membangun backlink-backlink ini menjadi jaringan link yang berkualitas

Ada beberapa faktor yang memengaruhi SEO off page yang kita bangun baik atau tidak, yaitu:

1. Reputasi Website

Karena kita akan menyebarkan link artikel kita di Google, maka pilih website yang dikenal memliliki erputasi baik di mata Google. Anda perlu berhati-hati dalam memasang di salah satu website karena bisa saja website tersebut mengandung unsur pembajakan hak cipta, atau percakapan di dalamnya menegarah ke terbentuknya stigma negative.

Baca:  Mengulik Pengaruh Backlink Terhadap SEO yang Tidak Disadari Banyak Orang

2. Kualitas Backlink

Kualitas backlink yang akan digunakan juga perlu diperhatikan. Beberapa faktor yang menjadi tolok ukur kualitas backlink antara lain umur domain, reputasi, keaktifan dan kualitas konten website anda.

3. Anchor pada Backlink

Anchor merupakan sebuah teks yang sudah disisipi kata untuk menuju ke halaman lainnya. Teks anchor biasanya berupa kata kunci yang berhubungan dengan artikel yang ditautkan. Hal ini bertujuan untuk membangun baclink di dalam website itu sendiri.

4. Keunikan Backlink

Backlink hanya dari domain sajja tidak cukup bahkan kemungkinan bisa saja dianggap spam oleh Google. Oleh karena itu, anda hanya perlu menanamkan beberapa link saja dalam satu backlink untuk menjaga keberagaman backlink.

Langkah-langkah Optimasi SEO Off Page

Jika faktor-faktor di atas sudah diperhatikan, berikut adalah cara optimasi SEO off page dan membangun reputasi website anda. Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk memancing pengunjung untuk mengakses website anda, yaitu:

1. Melakukan Link Building dan Guest Blogging

Link building menjadi salah satu cara optimasi seo off page yang penting karena link yang mengarah ke website anda menjadi sinyal positif bagi Googlebot untuk merayapinya. Bagi Google, website anda bernilai dan dapat dipercaya karena ditautkan (linking) oleh website lain. Google akan melihat link yang mengarah ke website anda sebagai dukungan.

Kemudian ada juga teknik guest blogging. Guest blogging adalah salah satu cara optimasi SEO off page dengan membuat artikel atau konten website anda ada di website lain. Website tersebut membiarkan pengunjung mengarah ke website pribadi kita. Teknik ini memliki dua keuntungan sekaligus yakni link-building dan membangun reputasi website kita. Medipedia juga membuka guest blogging untuk Anda yang ingin mendapatkan link Building (Backlink) secara gratis, tanpa di pungut biaya. Jika Anda berminat silahkan baca Pengajuan Guest Post Gratis Medipedia.

2. Memanfaatkan Profil, Postingan Sosmed dan Forum

Backlink website juga bisa dibangun lewat sosial media dan forum-forum di internet. Sertakan link website anda dalam psotingan di sosial media seperti Facebook, twitter, Google+ atau Pinterest. Cara lain anda bisa melengkapi bio pada profil sosial media anda dengan link website. Bisa juga dengan cara menyertakan link website anda di forum-forum internet seperti kaskus atau reddit.

3. Menggunakan Situs Penyedia Backlink Gratis

Situs ini bisa digunakan untuk mendaftarkan bisnis anda sehingga terdaftar pada website mereka. Caranya adalah saat pendaftaran bisnis, masukan website milik anda supaya bisa menjadi backlink dari website anda.

4. Meninggalkan Komentar di Blog

Sebenarnya cara ini sudah mulai ditinggalkan karena algoritma google sudah mengidentifikasi  komentar yang ada di postingan website lain sebagai spam. Untuk itu, sebaiknya berikanlah komentar yang relevan dengan isi artikel agar tidak diidentifikasi sebagai spam. Namun demikian cara ini biasanya tidak memberikan dampak terlalu besar dalam membangun backlink.

5. Membuat Infografis

Membuat infografis merupakan cara baru yang bisa digunakan untuk membangun backlink. Hal ini terbilang baru karena selain teks, pemilik web juga harus menyuguhkan gambar yang menarik. Anda dapat memanfaatkan infografis untuk mempromosikan website anda dan membangun backlink yang berkualitas.

Cara optimasi SEO off page sudah kita bahas seperti yang ada di atas. Mereka meliputi banyak aspek dalam membangun backlink, mulai dari bagaimana website lain memberikan timbal balik ke website kita, hingga juga bagaimana anda mengarahkan artikel dari satu ke artikel-artikel lain di website anda. Optimasi SEO off page juga harus dilakukan dengan optimasi SEO on page.

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.