4 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Hello smart people, artikel kali ini akan ekslusif memberikan beberapa penjelasan mengenai cara merawat flashdisk agar tidak terkena virus. Seperti istilah bijak mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati” nah jangan salah lho ya, ini juga masih ada kaitannya dengan judul artikel kali ini kok.

Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus
Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Sebelum lanjut ke pembahasan, pernah gak kalian punya flashdisk yang semula baik-baik saja tiba-tiba terdapati virus di dalamnya? Dan apa yang kalian rasakan ketika secara otomatis virus beserta data-data penting tersapu oleh anti virus pada perangkat lunak? Saya mau berbagi sedikit pengalaman sekaligus cerita menakutkan nih, saya pernah punya flashdisk 16 GB, waktu itu saya hendak menyalin data saya ke komputer teman saya, nah awalnya sih baik-baik saja, namun di tengah proses penyalinan terjadi error, alhasil saya takut dong apalagi banyak file-file penting di dalamnya, dan benar saja, flashdisk saya terjangkit virus, bahkan sampai sekarang tidak bisa digunakan.

Baca: Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi

Oleh karena itu berikut akan saya sajikan tips bagaimana cara merawat flashdisk agar tidak mudah terjangkit virus. Tips yang Saya berikan ini dapat membuat data-data flashdisk Anda terlindungi meski sudah dihubungkan ke komputer yang sudah terdeteksi virus, agar tidak mengalami nasib seperti Saya.

Cara Merawat Fashdisk Agar Tidak Terkena Virus

1. Membuat Folder Autorun

Pertama yang harus sobat lakukan agar file maupun folder tidak kehidden alias ilang karena infeksi virus yakni mudah sekali:

  • Hubungkan flashdisk pada komputer. Lalu buat folder dan namai folder tersebut “inf” tanpa tanda petik ya.
  • Selanjutnya, buat notepad dan beri nama ǼƛΩ℈Ж, nampaknya agak sulit ya.
  • Pindahkan dan simpan notepad yang sudah kalian buat tadi ke folder Autorun.

2. Membuat Notepad Character

  • Langkah pertama, sobat hubungan flashdisk pada komputer dan masuklah pada penyimpanan flashdisk tersebut.
  • Kemudian buat notepad di halaman paling awal flashdisk, caranya Klik start » all programs » accesories » NotePad ( Jangan diclose dulu oke).
  • Berikutnya buka program character map, yakni dengan mengklik Start » All program » Accessories » System tools » Character map.
  • Setelah kalian lakukan langkah-langkah tadi, pilih font yang namanya terdapat kode “Unicode” dibelakangnya, seperti Arial Unicode atau Lucida Sans Unicode. Setelah itu Scroll terus kebawah hingga kalian mendapati huruf-huruf jepang, china, korea dan karakter-karakter aneh, pilih setidaknya 4 sampai 5 karakter yang di inginkan dan klik copy.
  • Paste karakter tadi dalam notepad yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Jika sudah silahkan save dan namai notepad tersebut “inf” maka akan berubah iconnya menjadi icon worm AUTORUN.INF

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Smadav Anti Virus
Smadav Anti Virus

Menggunakan software pihak ketiga yakni anti virus Smadav. Jika dalam komputer kalian sudah terinstall Smadav silahkan ikuti langkah-langkahnya, namun bagi yang belum punya, silahkan didownload lebih dulu Smadav pro versi  terbarunya. Berikut step by stepnya:

Baca Juga: 5 Rekomendasi Situs Download Software Gratis Full Version (PC)

  • Format flashdisk kalian.
  • Buka dan jalankan Smadav » Tool » Smad lock.
  • Pilih tempat penyimpanan flashdisk kalian, misalnya Drive F.
  • Dan langkah terakhir, silahkan kalian klik lock pada Drive tersebut.

Setelah semua langkah tersebut diikuti, maka akan muncul folder bernama smad-lock, dan nantinya sobat bisa menyimpan file-file penting ke dalam folder tersebut.

4. Menggunakan CMD

CMD
Membuka Task CMD

Trik terakhir agar tidak terkena virus, adalah dengan melalui CMD, langsung saja.

  • Buka program CMD (Command Prompt) dengan menekan tombol simhol Window + R, atau menggunakan search melalui all program, kemudian search keyword CMD, lalu klik OK atau enter.
  • Selanjutnya masuk pada lokasi penyimpanan flashdisk kalian, contohnya Drive F.
  • Ketik “md autorun.inf\” tanpa tanda petik, ingat ya tanpa tanda petik, kalau sudah silahkan tekan enter.
  • Ulangi lagi langkah di atas namun kali ini namai “md autorun.inf\autorun.ini\aux\\.\\” kemudian enter.

Baca Ini Juga: 5 Cara Membatasi Panjang Kutipan (Excerpt) Pada WordPress

Nah itu dia sob beberapa tips dan Cara merawat flashdisk agar tidak terkena virus. Jadikan sekarang flashdiskmu lebih kebal virus. Jika sobat ada pertanyaan seputar artikel ini bisa tinggalkan komentar dibawah. Terimakasih sudah mampir di blog reot ini, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.