Cara Menyisipkan Iklan Adsense di Atas-Tengah-Bawah Pada WordPress – Akhir-akhir ini Saya dipusingkan dengan penempatan iklan pada konten saya di website ini sob. Karena ingin menyisipkan iklan di dalam konten pada posisi atas, tengah dan bawah jadi Saya mencari beberapa referensi agar keinginan Saya terwujud, dan semua itu berhasil sesuai dengan yang sobat lihat pada website ini (iklan tayang di atas, tengah dan bawah).

Nah, buat sobat yang mungkin sedang mencari gimana caranya bisa nih tiru cara saya, siapa tahu di sobat work. Cara ini merupakan cara manual ya sob, alias tanpa plugin. Sobat tau sendiri bukan kelebihan suatu metode jika tidak menggunakan plugin maka akses kecepatan website kita akan tetap cepat dan terhindar dari lemot. (Tapi website ini masih banyak menggunakan plugin).

Cukup basa-basinya sebagai awal pembukaan artikel ini sob, sekarang langsung saja sobat simak caranya dibawah ini.

Cara Menyisipkan Iklan Adsense di Atas-Tengah-Bawah Pada WordPress

Pertama-tama sobat siapkan dahulu unit kode iklan yang ingin sobat gunakan. Pada cara ini saya menggunakan unit kode 300×250 yang akan saya letakan di bawah judul artikel, unit iklan In-article ads yang akan saya letakan di ntengah artikel dan unit kode 336×280 yang akan saya letakan di bawah artikel dengan posisi center.

Cara Menyisipkan Iklan Adsense di Atas-Tengah-Bawah Pada WordPress

Iklan Ditengah Artikel

Untuk berjaga-jaga, sebelum Sobat mengedit code didalam wordpress sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu untuk menanggulangi kejadian yang tidak di inginkan seperti error.

Jika Sobat sudah melakukan backup maka langkah selanjutnya adalah melakukan edit single.post di Dashboard WordPress » Appearance » Editor » Single Post atau pilih Single.php

Cara Menyisipkan Iklan Adsense di Atas-Tengah-Bawah Pada WordPress

Edit Kode Single.php

Selanjutnya adalah melakukan edit pada salah satu kode dengan cari atau tekan CTRL+F dan ketikan kode dibawah ini:

 php the_content(); 

Setelah Sobat temukan maka ganti kode tersebut dengan kode yang Saya sediakan dibawah ini:

<div style="float:left; margin:0 20px 10px 0;">
TEMPATKAN UNIT IKLAN 300X250 DISINI
</div>
<?php
$where =0;
$content = apply_filters('the_content', get_the_content());
$content = explode("</p>", $content);
for ($i = 0; $i <count($content); $i++) {
if ($i == $where) { ?>
<div style="float:left; margin:-10px 0 0 0;">
</div>
TEMPATKAN UNIT IKLAN NATIVE IN-ARTICLE DISINI
<?php
}
echo $content[$i] . "</p>";
}
?>
</script>
<p></p>
TEMPATKAN UNIT IKLAN 336x280 DISINI
<p></p>

Selanjutnya sobat bisa mengganti teks yang berwarna merah dengan kode iklan yang telah sobat buat di google adsense. Untuk Huruf 0 berwarna merah dapat sobat ubah sesuai dengan keinginan sobat karena angka tersebut adalah kode paragraf. Jika sobat mengganti angka tersebut menjadi 5 maka iklan akan tampil dibawah paragraf ke-5 dalam konten artikel sobat. Setelah sobat merasa yakin maka klik Update File dan Selesai.

Itulah Cara Menyisipkan Iklan Adsense di Atas-Tengah-Bawah Pada WordPress Tanpa menggunkan Plugin. Bagaimana Sob, Sangat Mudah Bukan?, Selamat mempraktikannya dan Semoga Berhasil.