Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata

Posted on

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata – Kembali lagi menulis setelah sekian lama saya vakum di blog yang satu ini. Sesuai dengan judul yang artikel yang saya tulis ini, yaitu cara mengurutkan data di excel berdasarkan jumlah kata (word count) istilahnya. Saya sendiri sebenarnya juga sempat dipusingkan dengan masalah ini karena ingin menfilter kata kunci yang long tail agar tingkat persaingannya mungkin masih bisa untuk dicapai nantinya. Tanpa basa basi lagi berikut ini caranya:

Langkah-Langkah Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata

Saya menerapkan cara ini menggunakan VB (visual basic), Sobat bisa aktifkan di fitur bawaan microsoft excel. Lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar dibawah ini:

Customize Ribbon
Centang Bagian Developer

Aktifkan fitur Developer dengan cara mengikuti perintah berikut, File » Option » Customize Ribbon » Check Developer » OK.

Setelah Sobat ikuti langkah-langkah diatas dan sudah mengaktifkan developer, maka akan muncul fitur developer pada pada jendela bar sobat seperti gambar dibawah ini:

Mengurutkan data berdasarkan jumlah kata pada excel
Bar Developer

Pilih fitur visual basic pada bar tersebut (lihat gambar diatas), selanjutnya sobat akan dibawa ke jendela perintah visual basic seperti gambar dibawah ini:

Mengurutkan data berdasarkan jumlah kata
Microsoft visual basic editor

Lankah selanjutnya adalah memasukan kode perintah dengan cara, Insert » Module dan Masukan Kode berikut: (Setelah masukan kode close)

Function intWordCount(rng As Range) As Integer
'Update by Extendoffice 2018/3/7
intWordCount = UBound(Split(Application.WorksheetFunction.Trim(rng.Value), " "), 1) + 1
End Function

Sekarang sudah selesai, sobat tinggal menghitung jumlah kata yang ada pada suatu kalimat dengan menggunakan rumus perintah ini » =intwordcount(A2)
Dimana A2 adalah data kolom yang akan dihitung.
Contoh, lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata
Data Sortir dengan jumlah kata

Sangat mudah sekali bukan? Namun masih ada sedikit kekurangan dari fitur ini, setiap data yang ingin kita hitung selalu diwajibkan untuk memasukan kode ke visual basic terlebih dahulu. Misalkan ketika kita ingin menghitung File A dan sudah memasukan kode VB, namun anda ingin menghitung File B juga maka sobat harus memasukan kodenya lagi. Begitu seterusnya.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi sobat yang sedang bingung tentang bagaimana Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata.

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.