Home » Tips » Cara Mengubah Word ke PDF Paling Gampang

Cara Mengubah Word ke PDF Paling Gampang

Dalam bahasa inggris sering disebut convert word to pdf dengan tujuan adalah bisa mengubah file dokumen dalam bentuk word ke pdf. Sebenarnya cara ini sudah banyak sekali dibahas dan anda juga bisa mencari diberbagai referensi pada laman google. Mulai dari cara menggunakan aplikasi hingga dengan cara mengubah file secara online. Nah, dalam artikel ini Kami menawarkan informasi cara mengubah word ke pdf paling gampang menggunakan PC atau komputer dan laptop.

mengubah file dokumen dalam bentuk word ke pdf Cara Mengubah Word ke PDF Paling Gampang

Mungkin terasa tidak penting informasi yang satu ini bila belum ada yang menyuruh atau yang meminta file dalam bentuk pdf, begitu juga sebaliknya. Namun akan sangat terasa penting bila anda sering mengirim laporan bulanan, triwulan, atau tahunan. Dan file laporan yang diminta dalam bentuk pdf. Nah, maka dari itu penting atau tidak informasi yang satu ini. Paling tidak anda sudah paham bagaimana cara mengubah word ke pdf setelah membaca artikel ini.

Sebagai mana informasi yang telah kami bagikan beberapa minggu lalu yakni cara mengubah file pdf ke word agar bisa diedit tentu juga berguna bagi yang belum mengerti. Saya yakin tidak semua orang paham dengan cara tersebut. Buktinya, ada sekian banyak orang yang masih menggunakan jasa pihak ke tiga untuk membuat laporan, mengubah file, bahkan mengirim laporan sekalipun.

Tidak ada yang salah, namun terlihat bodah saja kalau hal yang sepele itu masih menggunakan jasa orang lain bukan? Memang terasa sulit bagi yang belum mengerti, namun sangat simpel bagi mereka yang sudah terbiasa. Oleh karenanya tidak salah bagi kalian yang belum paham dengan cara mengubah file dokumen word ke pdf mengikuti panduan atau langkah langkah yang kami bagikan ini.

Cara Mengubah Word ke PDF
Untuk cara paling gampang mengubah dokumen word menjadi file pdf atau sering disebut convert word to pdf. Panduang yang kami bagikan ini tentu paling gampang dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Cara ini bisa dilakukan secara offline menggunakan PC, komputer atau laptop. Untuk lebih jelas simah panduan dan langkah langkah sebagai berikut:

Langkah Pertama:

  1. Untuk langkah yang pertama, setelah anda selesai mengetik laporan atau berupa artikel menggunakan microsoft word. Maka, dokumen word tersebut perlu anda simpan terlebih dulu agar tidak hilang bila komputer atau laptop anda mati secara tiba tiba.
  2. Selanjutnya, untuk mengubah file dokumen word ke pdf anda cukup melakukan pilih atau arahkan kursol ke menu office button, lalu klik menu tersebut.
  3. Pada menu office button ini terdapat banyak pilihan, mulai dari new,open, save, save as, print, prepare, send, publish, dan yang terakhir adalah close.
  4. Dalam panduan ini saya menggunakan microsoft word 2007. Jadi akan sedikit bahkan jauh berbeda bila kalian mengikuti panduan ini, namun menggunakan microsoft word 2010.
Baca:  Cara Mudah Download Film di Layarkaca21 Terbaru

Langkah Kedua:

  1. Nah pada langkah kedua ini, anda cukup memilih PDF or XPS untuk menyimpan file word menjadi pdf secara otomatif.
  2. Jadi, untuk merubah word ke pdf maka setelah memilih menu office button, lalu arahkan kursol pada sub menu Save As dan selanjutnya pilih PDF or XPS.
  3. Dengan demikian, maka file dokumen dalam bentuk word akan berubah secara otomatis menjadi file pdf.

Contoh Mengubah Word ke PDF di Laptop
Bagi anda yang masih belum paham dengan penjelasan di atas. Maka, simak cara mengubah file word ke pdf menggunakan microsoft word 2007 dengan penjelasan gambar di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengubah PDF ke Word Agar Bisa Diedit

Langkah Pertama:
Terkait dengan cara mengubah word ke pdf. Silahkah membuka microsoft word 2007 sebagaimana pada gambar di bawah ini:

Langkah Kedua:
Perhatikan petunjuk dari gambar di atas. Lalu ikuti langkah selanjutnya mengubah word ke pdf melalui gambar di bawah ini:

Langkah Ketiga:
Setelah mengikuti langkah di atas, maka selanjutnya perhatikan langkah mengubah word ke pdf melalui gambar di bawah ini:

Langkah Keempat:
Perhatikan gambar di atas, untuk proses perubahan word ke pdf. Setelah anda klik PDF or XPS, maka akan muncul seperti gambar di atas. Anda cukup mengubah judul atau nama file saja. Selanjutnya klik Options.. pada petunjuk tanda panah ke dua.

Setelah anda klik Optioans.., maka proses mengubah word ke pdf selesai. Untuk selenjutnya adalah menunggu hasil seperti gambar di bawah ini:

Di atas merupakan hasil proses dari perubahan word ke pdf. Saya rasa panduan ini tentu akan berguna untuk pengunjung semua. Langkah langkah di atas juga sangat mudah kalian ikuti dalam hal mengubah word ke pdf menggunakan komputer atau laptop. Cara ini juga bisa anda lakukan kapan saja tanpa menggunakan jaringan sama sekali. Cukup melakukan secara offline, maka dokumen dalam bentuk microsoft word 2007 akan berubah secara otomatif ke file pdf.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.