Cara Menghapus Program yang Tidak Bisa Dihapus di Control Panel – Jika Anda pengguna windows tentu saja sudah tahu fitur bawaan windows yang gunanya untuk menghapus program dari komputer. Fitur ini ternyata sangat bermanfaat bagi kita yang sering menghapus banyak aplikasi karena tingkat kemudahannya yang diberikan.

Tetapi terkadang ada beberapa aplikasi atau program yang tidak bisa dihapus melalui control panel, sehingga membuat para user kebingungan untuk mengatasinya. Nah, tulisan ini saya buat untuk Kalian nih yang sedang mengalami permasalahan tersebut. Berikut ini cara menghapus program yang tidak bisa dihapus di control panel:

Baca: Cara Menghapus Aplikasi di Komputer (Semua OS Windows)

Menghapus Program dengan Bantuan Aplikasi

Banyak sekali jenis aplikasi yang tersedia di internet, baik itu yang gratis ataupun berbayar. Saya sendiri biasanya menggunakan software Ccleaner dari Piriform. Selain aplikasi ini digunakan untuk menghapus program, ternyata bisa juga digunakan untuk menghapus data registri komputer kita loh (seperti Cookies, History, data email dan password tersimpan dan masih banyak lagi).

Tetapi sekarang kita fokus dulu nih ke langkah-langkah penghapusan program dengan software ini! Perhatikan langkahnya dibawah ini ya!

  • Download aplikasi Ccleaner (Anda bisa mencarinya di Internet).
  • Buka software Ccleaner dan pilih tab Tools.

Menghapus program menggunakan ccleaner

  • Pilih program yang ingin di hapus (Sebagai contoh saya memilih audacity) dan klik uninstall

Pilih Unistal untuk menghapus program

  • Jika ada kotak dialog silahkan klik next saja sesuai dengan kebutuhan uninstal Anda.

Baca juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat

Menghapus Program dengan Bantuan CMD (Command Promt)

Bagi Anda yang suka bahasa pemrogaman pasti akan lebih mudah untuk melakukannya, karena Anda tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi dari pihak ketiga. Penghapusan program ternyata bisa dilakukan menggunakan CMD loh. Berikut ini adalah langkah penghapusan program melalui CMD:

  • Buka CMD menggunakan kombinasi tombol Windows+R dan ketik ‘CMD‘ tanpa tanda petik.
  • Setelah itu ketikan perintah teks ‘wmic‘ dan tekan enter.

CMD langkah 1

  • Ketikan perintah ‘product get name’ dan tekan enter.

CMD langkah 2

  • Setelah Anda melihat semua aplikasi yang terinstal, sekarang tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus dengan perintah ‘product where name=”nama program” call uninstall’
  • Ketik Y jika ingin melanjutkan dan ketik N jika ingin membatalkan.
  • Uninstal sedang berjalan dan secara otomatis Anda akan keluar dari CMD jika proses sudah selesai.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi

Itulah cara menghapus program yang tidak bisa dihapus di control panel berdasarkan pengalaman Saya sendiri. Anda hanya perlu mempraktikannya sesuai dengan kemampuan. Apabila Anda tidak ingin pusing dan ribet, tentu sebaiknya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun jika Anda suka dengan bahasa pemrograman maka gunakan CMD sebagai langkah penghapusan ini.