Cara Menghapus Aplikasi di Komputer (Semua OS Windows)

Menghapus aplikasi atau program pada komputer PC dapat menjadi praktik multi sisi yang membutuhkan program bawaan dari suatu sistem operasi. Apabila pencopotan tidak bisa dilakukan dengan sistem bawaan biasanya dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi penghapusan program dari pihak ketiga.

Baca: 4 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Ada dua cara menghapus aplikasi di laptop hingga benar benar terhapus yang bisa Anda lakukan. Perhatikan cara yang telah Medipedia paparkan dibawah ini:

Cara Menghapus Instalasi Program Aplikasi Melalui Pengaturan Aplikasi

  1. Pertama, Anda harus membuka pengaturan, lalu pilih aplikasi dan fitur.
  2. Jika di windows 10 maka langsung akan masuk bagian Aplikasi dan Fitur. Jika menggunakan windows 7 maka gulir ke bawah dan pilih Aplikasi dan Fitur.
  3. Disini Anda dapat melihat semua program aplikasi yang terpasang pada perangkat komputer Anda yang disajikan dengan sangat detail, dari ukuran dan tanggal pemasangan aplikasi tersebut.
  4. Setelah memilih program aplikasi yang ingin di hapus, maka klik dan pilih uninstal, ikuti perintahnya dan program akan terhapus dari perangkat komputer Anda.

Cara Menghapus Program Melalui Control Panel

Control panel adalah sistem bawaan yang disematkan pada windows komputer Anda, entah itu windows XP, 7, 8 ataupun windows 10 sudah dipastikan mempunyai fitur bawaan ini. Informasi yang disajikan dalam control panel lebih lengkap dari cara pertama, karena Anda dapat melihat nomer versi dan vendor penerbit aplikasi tersebut. Saat ini Anda dapat masuk ke kontrol panel dengan bantuan search atau cortana (pada windows 10) dan tuliskan > Control Panel > dan pilih.

  1. Setelah Control Panel terbuka, pilih program dan fitur.
  2. Disini Anda dapat melihat daftar aplikasi yang terinstal pada perangkat komputer Anda.
  3. Klik pada program yang ingin anda hapus dan pilih uninstal atau Anda bisa melakukannya dengan klik kanan pada aplikasi dan pilih unisntal.
  4. Ikuti perintah uninstal dan program akan terhapus dari perangkat komputer Anda.

Menghapus Program Aplikasi Menggunakan Aplikasi Pihak ketiga

Menghapus aplikasi pada komputer ternyata bisa juga dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan di internet. Bahkan Anda dapat mengapus Cache dan junk (sampah) yang menumpuk pada komputer Anda. Berikut ini adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan:

1. Revo unistaller

Revo Unintsaller merupakan aplikasi terbaik untuk menghapus direktori lama secara manual. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan premium. Versi gratisnya dapat membantu Anda menghapus folder dan file sampah pada komputer Anda, tetapi Anda tidak dapat menghapus semua aplikasi yang ada pada perangkat komputer Anda.

2. CCleaner

Ccleaner adalah software yang dapat menghapus program apapun hanya dalam sekejap saja. Anda dapat menggunakannya untuk menghapus aplikasi windows apapun di perangkat komputer Anda. Anda juga dapat melihat semua daftar aplikasi yang ada pada komputer Anda. Saya sendiri menggunkan aplikasi ini pada komputer dan laptop Saya di rumah.

3. IObit

IObit adalah uninstaller pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimasi kinerja aplikasi Anda, tetapi fitur yang paling umum adalah Advanced System Care 12. Aplikasi memiliki versi gratis dan premium. Pada versi gratis Anda dapat menggunakan fitur penghapusan malware, aplikasi, folder dan file sampah pada perangkat komputer/laptop Anda.

Malware biasanya akan tahan terhadap metode normal untuk penghapusan aplikasi. Sebaiknya Anda menggunakan Aplikasi anti malware untuk menghapus malware yang menyerang komputer Anda, seperti Kapersky Security, Avast, Avira dan aplikasi lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi

Pelru di ingat juga bahwa ada beberapa aplikasi tertentu yang tidak dapat di uninstal, seperti Groove Music, Calculator, Alarm, Clock dan lainnya. Walaupun sebenarnya aplikasi ini dapat di hapus menggunakan powershell pada menu start.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.