Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi – Pada windows 10 kotak pencarian (windows search) diberikan di bilah tugas dekat dengan menu start. Bilah pencarian ini digunakan untuk pencarian di windows, pencarian web dan untuk melakukan perintah cortana. Namun, kadang ada windows yang tidak berfungsi untuk melakukan perintah pencarian sehingga membuat penggunanya menjadi bingung. Eror ini bisa disebabkan oleh cortana atau layanan pencarian windows itu sendiri.

Oleh karena itu, medipedia.id akan mengulas bagaimana cara memperbaiki pencarian windows yang tidak berfungi ini. Tapi sebelum kita lanjut ke cara utama, mungkin Anda bisa melakukan restart PC/laptop Anda terlebih dahulu, karena mungkin dengan restart bilah pencarian bisa kembali normal. Jika setelah restart tidak berhasil, maka ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyingkirkan masalah tersebut.

Baca: Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Jumlah Kata

1. Jalankan Windows Troubleshooter

Apabila bilah pencarian windows tidak berfungsi maka langkah pertama Anda harus menjalankan windows troubleshooter untuk menemukan pemecahan masalah. Anda dapat melakukannya dengan mengaksesnya melalui pengaturan (setting) dan pilih update and security. Pilih Troubleshoot di menu kiri lalu pilih Search and indexing.

Langkah detailnya bisa ikuti dibawah ini:

  • Pergi ke Setting » Update & Security » Trobleshoot
  • Jalankan “Search and Indexing” trobleshooter
  • Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.
Ikon Pengaturan
Troubleshoot and indexing
Trobleshoot

2. Periksa Apakah Layanan Pencarian Windows Sedang Berjalan

Jika cara pemecahan diatas tidak menyelesaikan masalah, maka pastikan layanan windows berjalan dengan baik atau tidak. Layanan ini dimulai secara otomatis pada start up windows. Jadi ada kemungkinan bahwa layanan ini dihentikan karena suatu alasan. untuk memeriksa layanan pencarian anda bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Pergi ke Run dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan dan ketikan ‘services.msc‘. Atau sebagai alternatif Anda bisa klik kanan pada start menu dan pilih ‘computer management‘ dan pilih menu ‘Service‘.
Windows Service Tab
Windows Service Tab
  • Temukan layanan pencarian windows dan periksa apakah statusnya berjalan. Jika sedang berjalan maka tidak ada hubungannya disini. Jika tida maka ubah menjadi berjalan dengan klik 2 kali dan memilih opsi yang sesuai.

Memperbaiki Pencarian Cortana

Jika pencarian di windows tidak berfungsi akibat cortana dan dengan cara merestart PC tidak membuahkan hasil, maka langkah selanjutnya mungkin dapat membantu.

Daftarkan lagi Cortana

  • Untuk mendaftar ulang cortana, Anda perlu membuka jendela Powershell pada windows 10. Caranya klik kanan pada tombol windows da pilih opsi ‘Windows Powershel (Admin)‘ dari menu.
Windows Powersheel
Windows Powersheel
  • Setelah itu akan muncul jendela perintah, ketikan perintah berikut dan tekan Enter.
     Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"} 
  •  Restar Pc/laptop Anda dan cek apakah sudah berfungsi atau belum.

Jika Masalah Diatas Juga Belum Terselesaikan

Jika Cara diatas tidak bisa memperbaiki masalah yang Anda hadapi maka kita akan menggunakan cara yang sedikit memakan waktu tapi bisa dipastikan langkah terakhir ini berhasil.

Upgrade Windows 10 Secara Online

Download Windows Media Creation Tool dan jalankan proses upgrade windows. Opsi ini akan menampilkan 2 pilihan. Pilih ‘Upgrade this PC‘ untuk menjalankan instal ulang dengan perintah data lama masih tersimpan dengan baik. Tetapi aplikasi akan hilang, sehingga untuk berjaga jaga lakukan backUp terlebih dahulu. Atau lakukan cara dibawah ini:

Reset Windows 10

Buka Pengaturan » Update & Security » Recovery. Sekarang klik tombol mulai di bawah reset PC ini. Pilih opsi simpan file saya (Keep My Files). Ini akan melakukan instal ulang tetapi menyimpan file Anda. Harap dicatat itu akan menghapus aplikasi.

Baca Juga: 5 Langkah Menentukan Laptop Gaming Terbaik

Itulah beberapa Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi, Semoga Tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang menyelesaikan masalah dengan Windows Search.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.