5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari

5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari – Di malam hari ketika bayi Anda mengalami pilek, bayi tersebut pasti akan rewel dan tidak dapat tidur dengan nyenyak. Tidak hanya si buah hati saja yang tidak bisa tidur nyenyak, tetapi Anda juga bisa ikutan tidak bisa tidur dengan nyenyak alias harus begadang. Karena bayi belum dapat mengeluarkan lendir ketika mengalami pilek, hal itu menyebabkan hidung bayi Anda tersumbat. Untuk mengatasi masalah pada bayi tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi Anda di malam hari.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari

Bagaimana Sih Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Di Malam Hari ?

Ketika hidung bayi tersumbat akibat pilek, sebagai orang tua pasti merasa sangat panik dan juga gelisah. Bayi akan terus rewel akibat merasa tidak nyaman. Di kondisi inilah sebagai orang tua, Anda tentu harus tetap tenang dan melakukan cara agar bisa mengatasi masalah tersebut. Jangat panik dan bingung karena di sini akan Saya jelaskan mengenai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat, caranya yaitu:

1. Mengatur Posisi Tidur

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang pertama yaitu mengatur posisi tidur bayi Anda dengan cara posisi kepala bayi diatur agar lebih tinggi. Hal itu bertujuan agar bayi Anda bisa dengan mudah menghirup udara serta membuat lendir agar tidak menggumpal.

Buat bayi Anda lebih nyaman ketika hidungnya sedang tersumbat. Anda bisa menambahkan bantal agar posisi kepala bisa lebih tinggi.

2. Membantu Mengeluarkan Ingusnya

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang kedua yaitu membantu bayi Anda untuk mengeluarkan ingusnya. Bantuan Anda tersebut sangat diperlukan kaarena bayi belum dapat membuang ingus Mereka sendiri.

Caranya yaitu dengan cairan saline (air garam yang sudah di sterilkan). Teteskan cairan tersebut ke hidung bayi Anda agar dapat mengencerkan ingus sehingga lebih mudah untuk keluar. Selanjutnya, Anda gunakan aspirator (alat untuk pengisap ingus) agar dapat memabntu bayi Anda menegeluarkan ingusnya. Cairan dan alat tersebut bisa diperoleh di apotik.

3. Menjaga Udara Rumah agar Tetap Bersih

Menjaga udara rumah Anda agar tetap bersih dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Ketika di malam hari bayi Anda menangis akibat hidungnya tersumbat, udara di rumah Anda yang saat itu kotor bisa memperparah keadaan. Udara yang kurang bersih misalnya adanya asap rokok, tentu bisa memperparah hidung tersumbat yang sedang dialaminya. Anda harus selalu menjaga udara rumah Anda agar tetap bersih agar bayi Anda bisa terjaga kesehatannya sehingga bisa tertidur nyenyak di malam hari.

4. Melakukan Penguapan Dengan Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang keempat yaitu melakukan penguapan dengan air hangat. Caranya siapkan air hangat lalu tuang ke dalam baskom. Anda dapat membantu bayi Anda agar menghirup uap dari air hangat di baskom tersebut. Uap tersebut bisa membantu mangatasi hidung yang tersumbat pada bayi Anda lho. Sangat mudah dan sederhana lho.

5. Menyalakan Humidifier

Humidifier untuk Kesehatan Bayi
Humidifier untuk Kesehatan Bayi

Cara yang terakhir, Anda bisa menyalakan humidifier (pelembap udara). Dengan menggunakan mesin humidifier udara rumah Anda bisa menjadi lebih hangat dan juga lebih lembap. Hal itu tentu tidak akan membuat lendir yang ada di hidung si bayi mengeras dan tidak akan membuat bayi Anda menangis akibat hidung yang tersumbat.

Memang di tahun pertamanya terkadang bayi Anda lebih mudah untuk terserang pilek yang menyebabkan hidung bayi Anda tersumbat. Akan tetapi jangan menganggap remeh ketika hal itu terjadi. Anda bisa mencoba salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi di malam hari yang sudah Saya jelaskan di atas sebagai perawatan yang dilakukan di rumah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.