3 Cara Mudah Mencari Jurnal Internasional Secara Gratis

Cara Mencari Jurnal InternasionalDemi memenuhi kebutuhan untuk menyelesaikan penelitiannya, banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mencari jurnal, khususnya jurnal internasional. Tentu jurnal internasional sudah seperti makanan yang harus di konsumsi setiap hari bagi Mereka. Namun yang menjadi kendala yaitu tidak semua mahasiswa mengetahui cara mencari jurnal internasional. Apalagi jurnal internasional yang gratis.

Mengapa ya setiap Aku ingin mencari jurnal internasional kok harus membayar? Sebenarnya ada tidak sih yang gratis? Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya demikian. Nah, bagi Anda yang sedang mencari jurnal internasional, apa lagi ingin mendapatkan jurnal internasional yang gratis alangkah baiknya jika Anda membaca 3 cara mudah mencari jurnal internasional yang akan Saya jelaskan dibawah ini.

Cara mencari jurnal internasional gratis
Cara mencari jurnal internasional gratis

Apa Saja Sih Caranya?

Menggunakan CiteSeerx

Cara yang pertama, Anda bisa menggunakan CiteSeerx. CiteSeerx merupakan salah satu mesin pencari yang sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan Google. Namun, situs ini digunakan khusus bagi Anda yang sedang mencari jurnal.

Caranya sangat simpel yaitu Anda tinggal memasukkan kata kunci di kolom pencarian. Situs tersebut akan mencari jurnal sesuai dengan keyword (kata kunci) yang telah Anda masukkan. Setelah itu, akan muncul kumpulan jurnal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Menggunakan Situs Sci-hub

Cara mencari Jurnal Internasional dengan gratis yang kedua yaitu menggunkan Sci-hub. Tahukah Anda jika situs ini merupakan salah satu jurus andalan bagi kalangan peneliti. Jika jurnal internasional yang sedang dicari tidak bisa dibaca secara full lebih tepatnya harus bayar, Anda bisa mencoba mencari jurnal tersebut melalui Sci-hub. Misal, ketika Anda mencari jurnal internasional di situs ScienceDirect harus berbayar, tidak perlu panik ya guys, karena dengan menggunakan cara ini Anda bisa mendapatkan jurnal tersebut dengan gratis.

Caranya yaitu, buka situs sci-hub, setelah muncul tampilan di situs tersebut Anda copy paste URL/judul jurnal internasional berbayar tadi di ScienceDirect kemudian klik pada gambar “Open” atau tekan Enter. Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi, nemun terkadang bisa saja tidak diharuskan sama sekali. Nah, selanjutnya jurnal yang Anda cari akan muncul dalam bentuk PDF. Anda bisa langsung mengunduh jurnal tersebut. Caranya Sangat mudah kan,segara cobain ya, lumayan loh, gratis.

Mengecek Layanan Jurnal yang Ada Di Kampus Anda

Cara yang terakhir Anda bisa mencoba mengecek layanan jurnal yang ada di kampus Anda. Cara ini sih pernah banget loh Saya coba ketika jadi mahasiswa, karena ini cara pertama yang dulu pernah Saya gunakan untuk mencari jurnal internasional.

Nah, jika Anda masih kuliah, tentu cara ini merupakan cara yang sangat bisa membantu Anda lho. Mengapa demikian? Karena jika ternyata kampus Anda dengan website jurnal internasional mempunyai kerja sama Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut agar bisa mencari jurnal internasional secara gratis.

Lalu bagaimana sih caranya? Anda bisa bertanya kepada pihak yang mengurusi hal tersebut di kampus Anda. Biasanya pihak kampus akan memberitahu dan menjelaskan kepada Anda. Sebenarnya, di Indonesia sendiri banyak universitas yang mempunyai partner dengan website internasional baik itu gratis maupun berbayar. Untuk itu, jika Anda menjadi salah satu mahasiswa yang ingin mendapatkan jurnal internasional gratis, maka cara ini sangat tepat untuk Anda coba. Lumayan kan, daripada Anda harus mengeluarkan uang, lebih baik uang Anda ditabung untuk kebutuhan yang lain.

Demikian 3 cara mudah mencari jurnal internasional secara gratis. Pasti Anda sudah paham kan jika jurnal merupakan referensi valid yang bisa digunakan untuk menyusun sebuah penelitian. Selain penelitian Anda bisa cepat kelar, Anda juga dapat memperoleh lebih banyak ilmu dengan membaca jurnal. Tunggu apalagi guys, segera cobain cara yang sudah Saya jelaskan diatas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.