Cara Menambahkan Situs Baru ke Adsense

Cara Menambahkan Situs Baru ke Adsense – Banyaknya keluhan terhadap add site review adsense menyebabkan blogger abal” alias tukan copas keteteran atas aturan tersebut. Sama halnya dengan beberapa situs wallpaper saya yang kebanyakan mendapatkan penolakan google partner, yaitu adsense.

Medipedia sendiri sebenarnya belum terdapat iklan adsense karena tergolong situs yang baru berumur 1 bulan. Tetapi dulu medipedia adalah situs yang pernah saya garap dengan url medon.id, kemudian Saya redirectkan menuju medipedia dengan bantuan .htaccess.

Agar medipedia bisa menghasilkan uang maka Saya harus mengaitkannya dengan Adsense, dan caranya pun sangatlah gampang. Tulisan kali ini bukanlah suatu trik agar lolos add site review, melainkan tulisan biasa yang isinya tentang bagaimana cara menambahkan situs baru ke adsense, langsung saja.

Baca: Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima (100% Worked 2019)

Langkah-langkah Menambahkan Situs Baru ke Akun Adsense

1. Situs atau Blog

Untuk menghasilkan uang dari internet tentu Anda harus mempunyai situs atau blog yang akan dikaitkan menuju akun Adsense kalian. Cara ini adalah cara mengaitkan dengan situs domain TLD, yang artinya bukan sub domain dari host seperti url x.blogspot.id. Saya sarankan jika Anda benar-benar serius dalam dunia blogging untuk membuat situs dengan domain TLD agar benar-benar branded dan memiliki autoritas tinggi dimana pengunjung. Silahkan baca dan pahami Pengertian domain TLD dan non TLD agar Anda bisa mengerti bagaimana pentingnya untuk Anda sendiri.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense Dari Blog dan YouTube

2. Akun Adsense

Mengkaitkan sebuah situs tentu saja memerlukan akun adsense yang sudah nonhosted. Berbeda dengan akun hosted yang di dapatkan dari domain host blogspot atau youtube, akun non hosted memiliki kelebihan tersendiri apabila dibandingkan. Perbedaan akun hosted dan non hosted bisa  Anda simak pada post lain untuk menambah pemahaman Anda tentang akun adsense.

Apabila Anda sudah memiliki akun hosted bagaimana solusinya?, karena aturan adsense yang hanya memperbolehkan satu orang memiliki satu akun adsense. Solusinya adalah dengan cara mengupgrade akun adsense Anda dengan situs berdomain TLD. Anda bisa mendaftarkan situs Anda ke menu product agar proses upgrade bisa terproses. Skema pendaftarannya pun hampir sama dengan add site pada akun Adsense.

3. Mengaitkan Situs ke Akun Adsense

Proses pengaitan bisa sebaiknya dilakukan pada desktop PC atau laptop karena UI interfacenya lebih sederhana dibandingkan dengan HP. Bukan berarti tidak bisa ya, melainkan lebih disarankan saja (masa seorang blogger tidak memiliki Laptop atau PC, kecuali memang Anda blooger yang belum punya Perangkat desktop).

Kembali ke pokok bahasan, berikut ini adalah langkah penambahan situs ke akun Adsense, Perhatikan dengan seksama:

Masuk ke Dasboard Adsense Anda dan Pilih Situs atau (Sites jika berbahasa inggris). Lihat gambar dibawah ini,

Tambahkan Situs di Adsense
Tambahkan Situs di Adsense

Masukan situs yang ingin Anda tambahkan pada akun google Adsense. Sebagai contoh saya ingin menambahkan Medipedia.id pada akun Adsense Saya, lihat gambar dibawah ini,

Penambahan Situ Baru
Penambahan Situ Baru

Tambahkan Kode Adsense ke dalam situs, Penempatan kode ini harus di antara kode <head> kode </head>. Apabila Anda menggunakan blogger bisa ditempatkan di xml template kalian di edit themplate, dan apabila menggunakan WordPress self host Anda bisa tempatkan kode ini di theme header pada editor themplate kalian. Perhatikan gambar berikut ini,

Kode Adsense untuk Verifikasi Situs
Kode Adsense untuk Verifikasi Situs

Pastekan kode tersebut kedalam theme kalian sebelum melanjutkan klik kirim. Perhatikan penempatan kodenya dibawah,

Proses Penempatan Kode Adsense Pada Theme
Proses Penempatan Kode Adsense Pada Theme

Setelah semuanya selesai, Anda bisa menekan tombol kirim pada dasboard adsense. Hasilnya akan seperti ini,

Penyiapan Situs
Penyiapan Situs

Google Adsense akan menyiapkan situs Anda, yang artinya google akan melakukan review terlebih dahulu situs Anda apakah layak untuk di terima atau tidak. Proses riview ini biasanya memakan waktu 1 hari sampai satu minggu, bahkan ada beberapa jam saja dan bahkan ada yang beberapa bulan. Apabila situs Anda memang benar benar layak maka akan sangat cepat untuk diterima oleh google Adsense.

Sebagai catatan, Proses pendaftaran situs Medipedia ini bertepatan dengan tanggal 27 Mei 2019 pada jam 10.20 WIB. Karena tulisan ini berisi tentang bagaimana cara penambahan situs baru ke adsense maka Saya akan menunggu jawabannya terlebih dahulu sebelum artikel ini benar-benar saya publikasikan.

Hasil Addsite Situs

Setelah Saya melakukan studi kasus penambahan situs medipedia ke akun google adsense ternyata cukup memakan waktu yang lama. Tetapi Saya mendapatkan kabar gembira karena situs ini telah diterima dengan penuh oleh google adsense. Jika Kalian tidak percaya maka bisa dilihat dari gambar dibawah dan iklan yang sudah tayang pada website ini.

Kapan website ini diterima google sepenuhnya? Jawabannya adalah pada tanggal 3 Juni pada pukul 12.11 WIB, dengan artian blog medipedia menempuh masa review selama kurang lebih 7 hari. Waktu review ini terbilang cukup lama karena biasanya Saya hanya membutuhkan waktu antara 1-3 hari saja.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Internet dengan Kata Kunci Yang Tepat

Jadi begitulah pengalaman Saya menambahkan situs baru ke adsense. Bagaimana pengalaman kalian dalam mengajukan situs baru ke akun adsense? Mari berikan pengalaman kalian pada kolom kkomentar di bawah ini ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.