Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat – Perangkat penyimpanan USB sangat berguna saat Anda perlu membawa beberapa data yang sangat penting. Dari dokumen hingga film, maupun bagian yang cukup besar dari kelompok digital, suatu saat bergantung pada perangkat keras yang kecil ini.

Perangkat USB Flashdisk menjadi lebih besar dalam hal kapasitas penyimpanan dan sebaliknya dalam hal ukuran fisik sangatlah kecil. Sayangnya sebagai perangkat elektronik, Flashdisk juga rentan terhadap kondisi dimana data pada USB tidak dapat diakses atau corrupt. “Windows tidak dapat memformat perangkat”/”Windows was unable to format the drive” adalah pesan kesalahan yang sering kita jumpai.

Baca: 4 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Memperbaiki Flashdisk error ini bisa dilakukan dengan komputer karena jauh lebih mudah langkah-langkahnya. Anda dapat mengikuti 4 cara Memperbaiki USB yang tidak bisa di format dibawah ini:

1. Periksa Penyebab Error

Sistem operasi Windows menawarkan utilitas pengecekan kesalahan bawaan yang dapat memperbaiki sebagian besar kerusakan Perangkat Flashdisk. Perhatikan langkah dibawah ini:

Langkah 1. Buka File Explorer dan klik kanan pada drive Flashdisk dan pilih ‘Properties’.

Langkah 2. Selanjutnya, buka tab Tools dan kemudian klik ‘Check Now’ di bawah pengecekan kesalahan.

Langkah 3. Jendela yang muncul berikutnya akan memberi Anda dua pilihan opsi, ‘Memperbaiki kesalahan sistem file secara otomatis’ dan ‘Memindai dan mencoba memulihkan bagian-bagian yang rusak’ lalu tekan Mulai.

Utilitas Pengecekan akan memulai dan melakukan scanning dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan pesan error.

2. Memperbaharui Driver USB

Kesalahan ‘Windows was unable to format the pen drive’ mungkin bisa terjadi karena driver usb yang sudah usang. Anda bisa melakukan update driver untuk mengatasi masalah ini dengan cara dibawah:

Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

Langkah 1. Buka kotak dialog Run di komputer Anda dengan menekan tombol (Windows + tombol R) secara bersamaan dan kemudian ketik devmgmt.msc diikuti dengan Enter.

Langkah 2. Anda akan dibawa ke Pengelola Perangkat tempat Anda dapat menemukan dan memperluas Pengontrol Universal Serial Bus. Cari perangkat yang tidak dikenal, klik kanan pada perangkat yang tidak dikenal tersebut kemudian klik on Properti.

Langkah 3. Di jendela berikutnya, klik ‘Perbarui Driver’ dan kemudian pilih opsi yang disebut ‘Cari pembaruan secara otomatis’. Utilitas akan mencari versi terbaru driver USB dan menginstalnya secara otomatis di perangkat Anda.

3. Menggunakan Command Prompt

Apabila metode di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan Command Prompt sebagi opsi selanjutnya yang dapat Anda lakukan. Anda dapat memformat USB drive menggunakan CMD dengan cara sebagai berikut:

Langkah 1. Sambungkan Flashdisk Anda ke komputer dan lepaskan semua perangkat USB lainnya.

Langkah 2. Buka Command Prompt (CMD) sebagai administrator dan masukkan kode perintah ‘diskpart’ dan tekan enter.

Langkah 3. Ketikkan list disk dan tekan enter. Kemudian akan muncul semua perangkat yang terhubung. Catat nomor disk Perangkat USB/Flashdisk yang ingin Anda format.

Langkah 4. Ketik select disk disk_number’ Ganti disk_number dengan nomor disk yang Anda dapatkan di langkah ke-3. Contoh ‘select disk 0’.

Langkah 5. Ketik ‘clean’ lalu tekan Enter. Proses format akan memakan waktu, jadi tunggulah sampai 100%.

4. Menggunakan partisi EaseUS Tool

Apabila semua metode diatas gagal, maka Anda dapat melakukan partisi EaseUS untuk memformat flashdisk Anda dengan cara sebagai berikut:

Langkah 1. Unduh dan instal aplikasi EaseUs tool.

Langkah 2. Setelah menginstalnya, klik kanan pada drive yang ingin Anda format dan klik ‘format’.

Langkah 3. Anda akan diminta untuk mengatur label partisi di langkah berikutnya. Setelah melakukannya, pilih sistem file/file sytem.

Langkah 4. Selanjutnya, klik ‘OK’.

Langkah 5. Pada langkah terakhir, klik ‘Jalankan Operasi’/‘Execute Operation’ dan kemudian ‘Apply.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

Ada beberapa kasus yang pernah  Saya temukan dari keempat cara di atas tidak sepenuhnya akan berhasil. Biasanya flashdisk yang rusaknya sudah parah akan selalu gagal untuk diformat kembali, jadi solusinya adalah ganti perangkat flashdisk Anda dengan yang baru jika ke empat cara diatas masih gagal.