5 Cara Memindahkan File dari Komputer ke Hp

Posted on

5 Cara Memindahkan File dari Komputer ke Hp – Ponsel telah menjadi perangkat elektronik utama bagi semua orang, dan kebanyakan dari kita juga masih sering menggunakan komputer dan laptop secara teratur. Kasus ini memungkinkan kita sering untuk memindahkan file dari komputer ke perangkat ponsel ataupun sebaliknya.

Tapi bagaimana cara melakukan transfer file ini? Apakah akan berbeda apabaila Anda memindahkan file dengan ukuran kecil ataupun besar? Mari kita lihat bagaimana cara memindahkan file dari komputer ke HP yang baik dan benar di bawah ini.

Baca: 4 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

5 Cara Memindahkan File dari Komputer ke Perangkat Ponsel

1. Melalui Kabel USB

Ini adalah cara lama untuk memindahkan file dari laptop ke ponsel Anda melalui USB. Cara ini terbilang masih cepat dan mudah, asalkan Anda memiliki kabel USB yang kompatibel. Sayangnya perpindahan USB-C ke pada sebagian besar ponsel modern telah membuat kabel lama tertinggalkan, dan sementara itu perangkat lama masih setia menggunakan kabel USB-A untuk memindahkan data di laptop.

Memindahkan ke USB

Cara ini sangatlah mudah dilakukan untuk memindahkan data, baik itu di windows ataupun di chromebook:

  • Hubungkan ponsel Anda ke Laptop atau PC.
  • Ketuk notifikasi Android pada jendela bar notifikasi.
  • Pilih mode transfer media atau File pada Ponsel Anda (Jendela transfer akan terbuka).

Selanjutnya Anda dapat menyalin dengan mudah pada direktori yang di inginkan. langkah diatas tidak akan ada perbedaan apabila Anda menggunakan iMac ataupun Windows. Khusus iMac, Anda diwajibkan untuk menginstal perangkat lunak Android File transfer terlebih dahulu.

Cara ini sangat direkomendasikan apabila Anda sedang memindahkan file dengan ukuran yang besar, seperti Film atau koleksi musik di PC karena tidak akan memakan waktu yang lama.

2. Melalui Akun Cloud

Akun Google yang telah Anda tautkan di ponsel akan memberikan Anda akses ke ruang penyimpanan cloud sebesar 15GB melalui Google Drive. Ini memudahkan Anda untuk memindahkan file antara laptop dan perangkat ponsel Anda.

Sinkronasi Google Drive

Anda hanya perlu menginstal aplikasi Google Drive di laptop/PC Anda. Jika Anda tidak suka dengan Google drive, Anda bisa menggunakan cloud lain seperti Dropbox atau Microsoft OneDrive, karena cara kerjanya hampir sama.

Saat menyiapkan Google Drive, Anda harus Login terlebih dahulu. Kemudian pilih cadangkan semua jenis file dan klik berikutnya. Ini akan membuat folder Google Drive di komputer Anda. Segala sesuatu di folder ini akan di sinkronkan dari masing-masing perangkat yang terhubung dari Akun Google Drive. Buka perangkat ponsel Anda dan lihat bahwa semua file bisa Anda unduh disana.

Sayangnya cara ini mengharuskan Anda untuk selalu terhubung dengan Internet dan kurangnya ruang kosong pada cloud juga menjadi kendala penyimpanan yang besar. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena penyimpanan cloud biasanya menawarkan paket premium untuk memperbesar kapasitas penyimpanan dan Anda harus bayar jika ingin menggunakan layanan tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Pencarian (Windows Search) Yang Tidak Berfungsi

3. Melalui Email dan Aplikasi Berbasis Mesengger

Mengirimkan file melalui email kepada diri kita sendiri bukanlah cara yang paling efisien untuk memindahkan data dari laptop ke ponsel, tetapi jujur saya pernah melakukan hal ini karena keadaan yang mendesak. Email bisa digunakan untuk mengirimkan berbagai file dengan cepat saat Anda tidak dapat memindahkan file dengan metode manapun. Sayangnya Email hanya mampu mengirimkan file dengan kapasitas ukuran file maksimal 25MB.

Baca:  Cara Menghapus Program yang Tidak Bisa Dihapus di Control Panel
WeTransfer

Tetapi jika Anda membutuhkan pengiriman berkas yang lebih besar Anda bisa gunakan WeTransfer. WeTransfer memungkinkan Anda untuk mengirimkan File hingga 2GB secara gratis tanpa harus melakukan regristrasi. Caranya buka WeTransfer, masukan alamat email Anda, lalu seret file Anda ke jendela browser dan kirim. Anda kemudian akan menerima email yang berisi tautan tempat Anda bisa mengunduh file tersebut.

File yang Anda kirimkan akan di enkripsi dan dihapus setelah tujuh hari lamanya. Jika Anda ingin menghapusnya lebih cepat atau membiarkannya lebih lama, maka Anda membutuhkan Akun Premium.

4. Menggunakan Bluetooth

Saat Anda memiliki file berukuran kecil yang perlu Anda pindahkan ke ponsel Anda, Bluetooth adalah salah satu cara yang efektif untuk melakukannya. Cara ini juga terbilang sangat mudah digunakan apabila Anda sudah melakukan pengaturan yang benar.

Untuk mengirim file melalui bluetooht dari laptop ke ponsel, Anda harus memasangkan kedua perangkat terlebih dahulu. Buka pengaturan > perangkat dan aktifkan bluetooth. Pastikan bluetooth di ponsel Anda juga sudah aktif.

Pengaturan Bluetooth

Sekarang masuk ke tambah bluetooth atau perangkat lain > dan bluetooth mulai memindai. Setelah jeda singkat, perangkat aktif akan terlihat dan pilih sambungkan perangkat antara PC dan perangkat ponsel Anda.

Transfer Melalui Bluetooth

Untuk berbagi file melalui bluetooth, Buka pengaturan > Perangkat > Kirim atau terima file melalui bluetooth > Kirim file. kemudian pilih file yang Anda inginkan.

Perlu di ingat bahwa bluetooth lebih lambat dalam mengirimkan file daripada beberapa metode lain yang ada pada tuslisan ini.

5. Menggunakan WiFi

Ketika Anda perlu untuk memindahkan sejumlah besar file ke ponsel Anda secara teratur, Anda bisa menggunakan WiFi sebagai alternatifnya. Selama Anda menghubungkan Laptop dan ponsel Anda ke jaringan yang sama, Anda dapat memindahkan file dengan cepat dan aman.

Pengaturan Portal

Untuk memindahkan file melalui WiFi Anda memerlukan aplikasi khusu di ponsel Anda, hanya di ponsel saja. Saya merekomendasikan Portal dari Pushbullet, yang gratis dan tidak memerlukan pendaftaran. Portal dapat digunakan untuk berbagai platform seperti Windows, Mac, linux ataupun Chrome OS sekalipun. Unduh dan instal di perangkat ponsel Anda untuk mulai memindahkannya.

Kirim File Melaui Portal

Selanjutnya, buka web browser di laptop atau PC Anda dan kunjungi portal.pushbullet.com, dimana Anda akan melihat kode QR. Sekarang buka portal di ponsel dan lakukan scan pada QR di laptop atau PC Anda. Ini akan menjalankan koneksi nirkabel langsung antara ponsel dan desktop PC Anda. Seret file ke jendela browser dan otomatis file akan terunggah ke telepon Anda.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak cara untuk memindahkan file dari komputer ke perangkat ponsel Anda. Anda dapat menggunakan Kartu SD sebagai media penyimpanan atau bisa juga menggunakan Flashdrive USB dengan bantuan kabel On-The-Go jika ponsel Anda mendukungnya. Tetapi kebanyakan orang akan menggunakan 5 cara yang telah diuraikan diatas.

Beberapa metode lebih baik digunakan untuk memindahkan file berukuran kecil, dan ada juga metode lain yang sangat efektif untuk memindahkan file berukuran besar dalam jumlah yang banyak. Tentu Saja semakin banyak perangkat yang kita miliki maka akan semakin banyak yang kita butuhkan untuk berbagi file di antara perangkat lainnya. Semoga Cara Memindahkan File dari Komputer ke Hp yang kami berikan diatas dapat membantu Anda dalam menyeledaikan masalah teresebut.

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.