Cara Membuat Email Baru di Gmail Bagi Pemula

Cara Membuat Email Baru di Gmail Bagi Pemula – Saat ini siapa yang tidak memiliki alamat e-mail, tentunya kalian yang belum membuat e-mail dan atau ingin membuat e-mail baru, karena dulunya buat email dibuatkan oleh teman, sahabat, bahkan orang tua. Jaman sekarang yang serba online ini atau disebut generasi milenial, internet semakin pesat berkembang, dari tahun ke tahun pula. E-mail banyak manfaat dan kegunaannya, salah satunya untuk mendaftar ke sosial media atau membuat blog.

Cara Membuat Email Baru di Gmail Bagi Pemula.jpg

Dengan adanya e-mail ini, kita sangat terbantu sekali misalnya ketika ingin mengirim surat kabar ke kerabat atau teman kita yang lokasinya jauh, membuat blog di blogger, melamar pekerjaan melalui email. Bagi pebisnis, email merupakan hal yang penting karena adanya email, mereka bisa berhubungan dengan rekan kerja mereka atau berkomunikasi dengan client – client mereka.

Email juga digunakan ketika anda ingin mendaftar/membuat akun facebook baru, pokoknya banyak juga manfaat dan kegunaan email. Maka dari itu, peran email tidak perlu dipertanyakan lagi karena email sangat penting sekali bagi pengguna internet.

[irp]

Cara Membuat Email Baru di Gmail Bagi Pemula

Kali ini Kami akan membahas tentang email/mail, biasanya pengertian – pengertian inilah yang sering ada di pelajaran – pelajaran teknik ilmu komputer dan jaringan, ilmu komputer, rekayasa perangkat lunak dan lain – lain, yang menyangkut tentang komputer atau internet. bagaimana buat akun gmail? atau mendaftar akun google

Penyedia layanan email di internet begitu banyak dari yang berbayar sampai yang gratis semua tersedia. Begitu banyaknya terpilih lah beberapa layanan email yang banyak digunakan oleh pengguna, ada banyak sekali layanan email gratis yang anda bisa gunakan, misalnya Google Mail (Gmail), Yahoo, Outlook, Mail.com dan lain sebagainya. Menurut saya layanan email yang tadi itulah paling banyak digunakan, karena selain gratis email yang kita miliki akan terhubung dengan semua layanan atau produk yang dimiliki.

Masing – masing layanan email mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing, namun yang paling populer adalah Gmail. Maka dari itu, melalui artikel ini saya akan menjelaskan mengenai cara membuat email baru di Gmail. Google Mail atau sering disingkat dengan Gmail merupakan layanan email berbasis web layanan dari Google ini banyak di gemari oleh pengguna internet karena beberapa kelebihannya, salah satunya adalah satu akun gmail bisa diterapkan untuk mengakses seluruh produk google seperti google drive, blogger, youtube, playstore, dan lain sebagainya.

Apa Itu E-mail

E-mail merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia ialah Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dikerjakan via  media dunia online. Media Internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone/smartphone yang memiliki akses internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan dikenakan biaya (membeli perangko) namun pada Surat Elektronik ini hanya dibutuhkan sambungan internet.

Fungsi Email

Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook, Twitter, dan Instagram maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video, chat dengan teman dan keluarga lebih menjadi mudah.

Sejarah Email

Sebelum internet diterapkan secara luas, email telah lebih dahulu digunakan. Pada waktu itu e-mail benar – benar sederhana, pengguna komputer cuma meletakkan surat terhadap pengguna komputer lain. E-mail cuma bisa dikirim dan diterima oleh satu jaringan komputer dalam rangkaian LAN (Local Area Network).

Sekitar 19971, Raymond Tomlinson, seorang programmer Amerika, mulai menggunakan simbol @ sebagai pemisah antara pengidentifikasi pengguna dan domain. Mulai sejak itu, nama_user@nama_komputer menjadi standart penggunaan email. Kemudian John Vital menemukan sebuah software untuk pengontrolan E-mail pada tahun 1975, beberapa tahun kemudian, e-mail menjadi populer dan sudah memenuhi lalu lintas dunia online.

Eudora ialah salah satu program e-mail pertama yang bisa dipakai secara komersial pada ketika itu, dimaksimalkan oleh Steve Dorner pada tahun 1988, kemudian pada tahun 1991, beriringan dengan penemuan WWW (World Wide Web) oleh tim Besners-Lee, email mulai tersedia luas dan dapat diakses secara gratis dengan tampilan yang lebih ramah.

[irp]

Langkah – Langkah Membuat Email

1. Kunjungi Gmail, untuk melakukan mendaftaran akun gmail baru.

2. Kalian akan melihat form pendaftaran seperti gambar dibawah ini.
Masukkan informasi yang dibawah ini seperti Nama Depan, Nama Belakang, Nama Pengguna dan Sandi. Jika sudah klik Berikutnya.

3. Untuk menghindari spam atau robot, kalian diharuskan untuk memasukkan nomor HP kalian yang masih aktif. Pastikan kalian memasukkan nomor HP dengan benar agar mendapatkan SMS kode verifikasi, jika sudah, klik Berikutnya.

4. Tunggu beberapa detik, kalian akan menerima SMS dari Google yang berupa kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang telah disediakan seperti dibawah ini. Selanjutnya pilih Verifikasi.

5. Selanjutnya kalian akan disuruh mengisi beberapa informasi mengenai data diri kalian seperti tanggal lahir dan jenis kelamin pada kolom yang disediakan. Pada kolom alamat email pemulihan, boleh kalian isi atau juga tidak (opsional), alamat email pemulihan bisa digunakan ketika pemilik email mengalami lupa kata sandi atau akun email nya sedang dihack orang lain, jika sudah, pilih Berikutnya.

6. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman privasi, langsung klik ikon panah biru untuk scroll kebawah selanjutnya pilih Saya Setuju.

7. Kalian akan dibawa ke halaman dashboard akun google kalian. Sampai disini kalian sudah berhasil membuat email dengan sendiri. Silahkan masuk ke dalam Gmail jika kalian ingin masuk ke gmail kalian. Tampilan akun gmail kurang lebih seperti dibawah ini.

[irp]

Nah itulah cara membuat email baru di gmail, cukup mudah bukan, kalau anda ada kesulitan mengenai cara membuat email gmail baru, jangan malu untuk menanyakan di kotak komentar yang disediakan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.