Cara Membuat Blog Dengan Mudah Untuk Pemula – Mungkin kalian pernah berfikir bagaimana cara membuat blog sendiri dan gratis tanpa memerlukan pengeluaran uang, jadi Kami juga ingin membantu teman – teman semua, bagaimana cara membuat blog baru. Sebelum ke pembahasan mengenai buat blog baru,

Kami akan jelaskan dengan singkat pengertian blogger dan nanti mengenai pembahasan selanjutnya akan dibahas juga mengenai apa itu blog, bagaimana cara memposting diblog?.

Baca:  3 Rekomendasi Penyedia Layanan Hosting Terbaik dan Murah 2018

Apa Itu Blog ?

Membuat Blog

Membuat Blog

Blogger merupakan sebuah layanan publikasi blog yang dihasilkan oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara biasa, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com.

Blogger mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, lewat FTP sampai 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus di simpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat email situsnya sendiri dengan fitur custom URL. Dilansir oleh Blogger Wikipedia.

Banyak sekali orang yang ingin membuat blog, entah itu blog yang berbayar dan gratis. Para blogger pemula meyakini bahwa dengan membuat blog, mereka bisa menghasilkan uang dari internet. Memang tidak salah apabila anda memiliki hal seperti tadi, meskipun prakteknya  yang sulit dilakukan mengingat anda masih pemula dalam dunia marketing.

Baca:  Cara Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools

Tapi semua itu bisa anda capai jika anda terus belajar dan pantang menyerah, intinya konsisten dalam Nge-blogger. Dengan adanya blog, saya dapat berbagi pengalaman atau hal – hal yang berguna bagi pembaca. Ya, walaupun pembaca blog saya sedikit juga tetapi tidak apa – apa, niatnya saja kan untuk berbagi pengalaman dan memberi informasi kepada teman – teman semua. Selain blog Medipedia saya juga masih ada blog khusus untuk berbagi pengalaman atau bisa di sebut blog diary.

Sebelum memulai ke topik cara membuat blog, ada 2 fakta yang harus kalian ketahui :

Kalau cuma membuat blog, caranya sangat mudah
Tapi agar supaya blog sukses, Tidak Mudah . Di kutip oleh Panduanim

Pada mulanya blog sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide atau catatah harian/berbagi pengalaman melalui tulisan – tulisan di muat dalam posting, yang seperti Kami ceritakan tadi. Namun, akhir – akhir ini juga blog bisa di manfaatkan sebagai sarana berjualan online untuk penghasilan tambahan.

Banyak sekali platform blog yang bisa kalian gunakan secara gratis mulai dari

  • WordPress
  • Blogger
  • Tumbrl
  • Jimdo
  • Webs
  • Squidoo

Dan masih banyak lagi ternyata, karena ini mungkin juga banyak yang digunakan oleh teman – teman kalian. Sekarang Kami akan melanjutkan Panduan Membuat Blog, silahkan baca di bawah ini.

Panduan Cara Membuat Blog Dengan Mudah

1. Kunjungi situs blogger. Tampilan blogger yang baru ini, kadang membingungkan juga bagi kalian yang dulu pernah membuat blog di blogger. Tapi, jangan khawatir, karena membuat blog di tampilan yang baru ataupun lama pada prinsipnya sama saja.

2. Selanjutnya, klik Create Your Blog atau Buat Blog.

3. Lalu, kalian akan di haruskan login dahulu menggunakan gmail kalian. Jika belum mempunyai akun email Gmail, diharapkan membuat akun terlebih dahulu. Jika sudah lalu masukkan email gmail kalian lalu klik Berikutnya seperti gambar di bawah ini.

4. Lalu masukkan password gmail yang telah kalian buat. Lalu klik Masuk.

5. Sebelum masuk ke blogger, kalian akan di arahkan untuk membuat profil Gplus atau blogger terlebih dahulu. Pada panduan Kami akan membuat profil GooglePlus. Klik buat profil Google+

6. Isi sesuai data pribadi kalian. Lalu klik Create Profile

7. Pada langkah ini, kalian bisa mengubah foto profil Google+ yang kalian inginkan melalui tanda plus atau klik bagian lingkaran foto, lalu pilih gambar yang ingin anda gunakan sebagai foto profil, lalu klik Save/Simpan. Atau kalian bisa lewati langkah ini dengan mengklik tombol skip.

8. Selanjutnya, anda hanya perlu mengkonfirmasi profil Google+ yang telah kalian buat. Dengan cara klik Lanjutkan ke Blogger

9. Sekarang kalian telah masuk ke dashboard blogger di tampilan baru. Untuk membuat blog kalian bisa mengklik tombol buat blog baru

10. Lalu masukkan data blog yang kalian ingin gunakan

  • Nomor 1 ialah nama blog yang kalian ingin gunakan
  • Nomor 2 ialah URL blog yang akan kalian gunakan nantinya.
  • Nomor 3 ialah template blogger yang kalian gunakan.

11. Pastikan alamat blog yang kalian gunakan mempunyai status alamat blog tersedia. agar tombol buat blog bisa di klik

12. Apabila alamat URL anda tidak tersedia, maka tombol buat blog akan tidak aktif atau tidak bisa di klik

13. Jadi, masukkan alamat URL yang anda inginkan sampai memiliki keterangan alamat blog tersedia. Setelah klik Buat Blog.

14. Sampai pada tahap ini, kalian telah berhasil membuat blog di blogger. Alias Selesai.

Baca:  Mengulik Pengaruh Backlink Terhadap SEO yang Tidak Disadari Banyak Orang

Jika kalian masih belum mengerti caranya silahkan berkomentar di bawah postingan Cara Membuat Blog Dengan Mudah atau kalian bisa menggunakan jasa membuat blog ke Kami melalui kiriman email di Contact Us, Jika saja kalian tidak ingin mengeluarkan uang bisa juga kalian baca panduan nya di Google. Sampai disini saja Panduan cara membuat blog dengan mudah untuk pemula, semoga bermanfaat.