Membuat Artikel SEO Agar Bisa Masuk di halaman Pertama – Sudah membuat artikel setiap hari tapi masih saja tidak ada yang tembus ke halaman pertama di pencarian google? Bahkan segala cara sudah dilakukan untuk membuat konten yang relevan dan berkualiatas dari sisi mata Anda, dan hasilnya masih saja nol besar alias zonk. Perlu diingat kembali bahwa artikel yang berkualitas tidak bisa dinilai dari sudut pandang Anda saja, melainkan juga dinilai dari sudut pandang pembaca dan bahkan mesin pencari seperti google, bing dan Yahoo.

Membuat artikel SEO

Cara Membuat Artikel SEO Agar Bisa Bersaing di halaman Pertama

Google sendiri sudah memiliki cara bagaimana untuk menilai konten yang Anda buat, apakah itu berkualitas atau hanya ala kadarnya saja begitupun dengan mesin pencari lainnya. Sebagai penulis, Anda juga diwajibkan untuk merasakan posisi sebagai pembaca dan selanjutnya Anda bisa menterjemahkannya secara logika/akal apakah informasi tulisan ini memang yang saya cari selama ini! dengan begitu akan merasakan sendiri bagaimana penilaian terhadapa artikel yang Anda buat. Apakah itu membuat anda betah untuk membaca (user friendly) atau malah membuat Anda untuk langsung pergi meninggalkannya.

Baca: Cara Daftar Google Adsense dari Blog dan Youtube

Dari semua pembukaan diatas maka saya sendiri menemukan studi kasus yang bisa membuat konten Anda melejit sampai ke top10 halaman pencarian atau bahkan top1 di mesin pencarian.

Tapi perlu di ingat bahwa cara ini juga membutuhkan kesabaran dan keuletan dari Anda sendiri yang notabennya sebagai penulis blog. Ingat juga bahwa meningkatkan SERP di mesin pencarian juga tidak bisa diibaratkan hanya membalik telapak tangan saja, melainkan juga perlu teknik dan kematangan yang sudah kita ramu sedemikian pula dan itu semua berbeda dari kompetitor kita. Anda tidak wajib mengikuti cara yang Saya gunakan untuk membuat artikel SEO ini karena mungkin mempunyai beberapa perbedaan dari ramuan dapur sendiri, jadi kalian bisa menambahkannya saja sendiri nantinya jika di rasa itu perlu.

Langkah Membuat Artikel SEO agar bisa Bersaing di Halaman Pertama

1. Memikirkan Kata Kunci Untuk Konten

Kata kunci merupakan faktor terpenting dari pembuatan konten kali ini, jangan salah untuk menargetkan kata kunci untuk artikel Anda karena bisa-bisa nanti konten yang Anda buat tidak kelihatan di halaman pertama (bahkan masuk top100 saja tidak).

Artikel SEO

Penentuan Keyword untuk Konten

Anda harus memikirkan bagaimana tingkat persaingan dalam halaman pertama mesin pencarian, dan kualitas konten yang ditampilkan oleh google di halaman pertama. Untuk lebih jelasnya Anda bisa klik tips bagaimana menganalisa kata kunci kompetitor yang sudah saya bahas.

2. Membuat Konten Berkualitas

Perhatikan bagaimana Anda membuat konten dalam blog Anda, konten yang Anda buat harus 100% unique tanpa unsur plagiasi sedikitpun (Anda bisa cek keunikan artikel yang buat di sini).

Membuat konten juga perlu riset materi dan isi agar berkualitas dimata pembaca. jangan pernah sesekali menjiplak tulisan orang lain dan dipublikasikan kembali di blog/website Anda. Lalu bagaimana dengan REWRITE atau yang dikenal menulis ulang konten orang lain dengan bahasa kita sendiri? Saya tidak menganjurkan cara ini, karena inti dari rewrite hanya mengubah kata dan mengubahnya menjadi unik. Jika Anda tidak percaya bisa Anda buktikan sendiri, karena Saya sudah membuat ratusan artikel rewrite dan hasilnya 0 besar untuk masuk Top10.

Baca: Apa Itu Niche Blog?

Lalu bagaimana cara kita membuat konten tanpa rewrite?, nah inilah pentingnya pengetahuan teman-teman dari bidang keahliann masing-masing. Oleh karena penting sekali untuk membuat blog/website yang sesuai dengan keahlian dan pemahaman diri. Jika Anda mengusai suatu hal maka Anda akan sangat mudah untuk menerangkan satu topik dengan isi kontekstual seperti bagaimana itu bisa terjadi, apa saja faktor yang menyebabkannya, lalu bagaimana solusinya. Jangan pernah untuk mencoba membuat blog yang bersilang dengan keahlian Anda, seperti kasus Anda menyukai travelling tapi Anda malah membuat blog tentang teknologi yang tidak anda kuasai materinya (Maka ini adalah SALAH bersar).

3. Struktur Penulisan Konten Sesuai SEO

Setelah memahami poin nomer 1 dan 2 maka kita akan berlanjut untuk membuat tulisan yang sesuai dengan kaidah SEO. Ini merupakan teknik penulisan saya dalam menulis artikel atau konten yang berkualitas pada beberapa website yang saya kelola. Anda bisa mengikuti cara saya dan menambahkan bumbu dapur sendiri jika punya.

Ada banyak sekali bagian penting yang perlu Anda ketahui disini agar tercipta konten yang memiliki kualitas tinggi. Semua bagian yang akan saya berikan disini tanpa saya tutup-tutupi, langsung saja, simak poin-point berikut ini:

A. Judul Artikel yang Mengandung Kata Kunci

Setiap kali membuat artikel pasti akan saya riset kata kunci terlebih dahulu untuk menentukan topik apa yang akan saya bahas. Saya tidak akan menyampaikan bagaimana cara mencari kata kunci karena akan membuat artikel ini tambah panjang, Anda bisa melihat bagaimana menentukan kata kunci yang benar dengan klik link aktif ini.

Jika Anda ingin membuat judul menjadi unik dan memperkecil persaingan di halaman pencarian, Anda bisa tambahkan awalan kata dan akhiran kata pada kata kunci yang Anda bidik. Sebagai contoh kita ambil studi kasus di kata kunci utama “cara masuk bios”, tapi saya yakin jika kata kunci tersebut pasti mempunyai persaingan yang lebih ketat ketika kita mengambil kata kunci turunannya seperti “cara masuk bios windows 10” atau “bagaimana cara masuk bios windows 10 pada komputer”. Data yang Saya peroleh bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

cara masuk bios

Persaingan dengan kata kunci cara masuk bios

cara masuk bios windows 10

persaingan dengan kata kunci cara masuk bios windows 10

bagaimana cara masuk bios windows 10 pada komputer

Persaingan dengan kata kunci bagaimana cara masuk bios windows 10 pada komputer

Anda sudah dapat melihat kan bagaimana result dari ketiga kata kunci tersebut untuk dijadikan sebagai judul. selebihnya kalian bisa berkreasi sendiri sesuai dengan apa yang ingin Anda Tulis.

B. Paragraf yang Mengandung Kata Kunci

Penyebaran kata kunci pada beberapa paragraf ternyata bisa mendongkrak kualitas konten yang begitu baik. Saya biasanya akan meletakan kata kunci utama ataupun turunan pada paragraf pertama, jika tidak percaya silahkan cek saja pada artikel yang saya tulis ini. Tapi jangan terlalu banyak menyebutkan kata kunci pada artikel jika memang itu tidak perlu, bahasa yang natural ternyata lebih baik dimata pembaca daripada bahasa kata yang dibuat-buat.

C. Internal Link dan Eksternal Link yang Relevan

Internal dan Eksternal Link SEO

Internal link dan Eksternal link untuk kekuatan SEO

Ternyata untuk membuat artikel berkualitas adalah penambahan link artikel lain yang relevan. Bahkan Eksternal link juga termasuk dalam kaidah SEO yang dapat menambah kualitas konten, untuk eksternal link akan Saya masukan jika memang website yang saya ambil sumbernya bisa dibuktikan keakuratannya.

D. Gambar

Ketika Saya membuat sebuah konten pasti akan menyertakan gambar di dalamnya agar terlihat lebih menarik. Gambar biasanya saya ambil di Google dan saya edit ulang agar tidak terkena copyright. Lalu, berapa gambar yang dianjurkan untuk penunjang artikel?, Cara yang saya gunakan tidak membatasi berapapun jumlahnya. Biasanya website/blog yang membahas tentang tutorial akan lebih banyak gambarnya jika dibandingkan dengan website/blog berita.

E. Gunakan Heading (Sub Judul)

Heading untuk SEO

Membuat Subheading untuk SEO

Anda pasti sering sekali melihat artikel dari website/blog manapun yang dalam penulisan kontennya menggunakan Heading, baik itu H2, H3, H4 dan seterusnya. Sama seperti tulisan ini jika Anda perhatikan dengan cermat maka Anda akan menemukan Sub Heading yang sengaja saya buat seperti itu. Tapi penggunaan Heading ini juga tidak asal-asalan saja, Anda harus memperhatikan apakah penambahan Heading ini tidak akan mengganggu pembaca

Artikel yang singkat biasanya tidak perlu menggunakan sub heading karena masih bisa dipahami, berbeda dengan artikel yang sangat panjang akan membutuhkan sub heading karena akan terlihat lebih profesional dan enak dibaca.

F. Penutup

Awalan dan akhiran paragraf dari sebuah konten tidak pernah saya lewatkan karena dapat menambah kualitas dari suatu tulisan. Selain itu penambahan awalan dan akhiran juga dapat digunakan untuk menambah jumlah kata agar lebih banyak. Anda bisa menyebarkan katakunci utama maupun turunannya untuk menjadikan artikel yang Anda buat menjadi lebih SEO.

4. Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari bahasan bagaimana cara membuat artikel SEO dapat kita rangkum secara singkat bagiannya, antara lain:

  • Judul Berisi Kata Kunci dan diberi tambahan kata depan angka dan kata belakang imbuhan. Bisa diberikan lin
  • Awal paragraf berisi 50-100 kata yang mengandung unsur kata kunci turunan dari kata kunci pertama.
  • Internal Link ke Artikel lain yang relevan
  • Tambahkan gambar artikel dibawah paragraf pertama dengan title dan deskripsi gambar sesuai dengan judul artikel.
  • Membuat paragraf Kedua dengan penambahan dari paragraf pertama. Bisa berisi penekanan yang lebih spesifik dari isi artikel.
  • Tambahkan H2 sesuai dengan Kata Kunci ataupun Judul Artikel
  • Pemecahan H2 Menjadi H3 (dan seterusnya akan lebih baik karena akan dinilai lebih lengkap oleh google) – Tapi khusus artikel yang benar-benar memang membutuhkan Sub-sub judul saja (Jangan dipaksakan).
  • Gambar yang relevan dari sub sub heading jika diperlukan.
  • Eksternal link yang relevan dengan topik pembahasan artikel.
  • Akhiran/Penutup artikel dengan anjuran untuk mengikuti apa yang kita tulis. akhiran selalu masukan internal link artikel yang kita buat untuk memperkokoh SEO on page.

Anda mungkin melihat tambahan bagian baru yang tidak saya sebutkan pada pembahasan di atas, tetapi sebenarnya bagian yang saya sebutkan di kesimpulan adalah bagian yang berhubungan dengan satu dan lainnya. Apabila Anda mempunyai ramuan yang dikira akan menjadikan tubuh konten lebih powerfull tentu akan lebih baik lagi.

Baca: Cara Menghasilkan Uang Melalui Internet

Namun sepeti yang saya katakan dari awal bahwa ini merupakan cara Saya untuk membuat konten yang memiliki tingkat SEO yang berkualitas. Google dan mesin pencarian lainnya akan menyeleksi apakah konten yang Anda buat layak untuk berada di Top10 atau tidak. Konten yang baik adalah konten yang isisnya berbeda dengan konten kompetitor lainnya.  Jika Ada pertanyaan yang terkait silahkan tinggalkan komentar Anda atau bisa hubungi saya melalui Link ini.