Cara Membersihkan Laptop Dengan Benar

Posted on

Medipedia – Banyak yang tidak tahu jika ternyata membersihkan laptop dapat memperpanjang umur dari laptop itu sendiri. Keyboard sendiri biasanyanya merupakan bagian yang paling kotor dari sebuah laptop dan bisa menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

Baca: 4 Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

Bahkan ada sebuah penelitian dari Pusat Pengendalian penyakit untuk secara rutin membersihkan keyboard dan mouse komputer dari segala jenis kotoran termasuk debu. Pada saat yang sama jika Anda sedang membersihkan perangkat keyboard dan mouse, maka jangan lupa untuk sekalian membersihkan seluruh bagian yang terlihat kotor seperti LCD atau layar monitor.

Memberishkan Keyboard laptop yang kotor
Memberishkan Keyboard laptop yang kotor

Cara Membersihkan Keyboard Perangkat Laptop Anda:

  1. Matikan laptop dan lepaskan baterai terlebih dahulu.
  2. Buka laptopnya dengan cara membalikan dan congkel bagian yang longgar .
  3. Semprotkan udara dengan kompressor atau bisa juga dengan cara mengusapkan kuas yang menggunakan bulu halus agar tidak merusak komponen laptop. Cara ini akan menghilangkan debu debu yang menempel pada seluruh bagian perangkat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya menggunakan udara kompressor karena dapat menjangkau ke bagian bagian tersulit.
  4. Letakan keyboard pada papan yang rata dan bersihkan sela sela menggunakan sikat kecil.
  5. Agar lebih bersih, Anda bisa menggunakan kapas yang sudah dilumuri alkohol dan gosokan secar berulang ulang. Jika memungknkan, jangan terlalu basah kapas yang digunakan.
  6. Anda bisa menggunakan Cyber Clean yang tersedia di toko kompuetr terdekat untuk membersihkan keyboard.

Cara Membersihkan Layar Monitor (LCD)

  1. Semprotkan udara ke layar menggunakan kompressor untuk menghilangkan debu yang menempel.
  2. Semprotan larutan pembersih atau bisa menggunakan air suling.
  3. Usap layar dengan lembut menggunakan kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk komputer. Kain ini bisa Anda dapatkan di toko-toko komputer terdekat daerah Anda tinggal.
  4. Baca manual terlebih dahulu sebelum menggunakan cairan pembersih agar tidak salah.
Baca:  Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

Apabila Anda menggunakan mouse, jangan lupa juga untuk membersihkannya. Membersihkan mouse terbilang paling mudah diantara membersihkan keyboard ataupun layar LCD. Anda hanya perlu mengusapkan kain yang sudah diberikan cairan pembersih dan usapkan ke seluruh bagian mouse.

Baca Juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

Agar semua perangkat elektronik Anda awet dan tahan lama pastinya akan membutuhkan perawatan intensif dari Anda sendiri. Sayangi laptop Anda seperti Anda menyayangi pasangan Anda jika perlu, agar laptop bisa selalu dalam keadaan yang optimal. Cara Memberishkan laptop dengan benar ini bisa Anda terapkan sekarang pada perangkat Anda, bila perlu bersihkan semua perangkat elektronik Anda seperti TV, Radio, dan Console lainnya.

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.