Cara Daftar Paspor Online Menggunakan Aplikasi di Android

Cara Daftar Paspor Online – Membuat paspor menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan jika akan pergi ke luar negeri. Anda tentu sudah mengetahui bahwa paspor adalah dokumen resmi yang dipergunakan sebagai tanda pengenal ketika berada di luar negeri.

Jika Anda tidak memiliki paspor, Anda tidak diperbolehkan melewati imigrasi ketika berada di negara yang dituju.  Di dalam paspor tercantum sejumlah informasi mengenai nama lengkap pemegang paspor, negara asal, tempat dan tanggal lahir, foto, tanda tangan, dan berbagai informasi penting lainnya. Untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan paspor, Anda bisa melakukan pendaftaran paspor secara online sebelum datang ke kantor imigrasi.

Berikut Cara Daftar Paspor Online:

1. Unduh Aplikasi “Layanan Paspor Online”

Langkah yang pertama yaitu Anda harus mengunduh aplikasi “Layanan Paspor Online”. Jika Anda menggunakan HP Android, Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui Goggle Play.

Unduh Aplikasi Layanan Paspor Online
Unduh Aplikasi Layanan Paspor Online

2. Melakukan Registrasi Akun

Setelah aplikasi “Layanan Paspor Online” telah terinstal di HP Anda, selanjutnya jika Anda pengguna baru maka wajib melakukan registrasi (pendaftaran) akun. Anda bisa melakukan pendaftaran akun tersebut menggunakan akun Facebook atau akun Google. Isikan data diri Anda pada kolom yang tersedia seperti NIK, tanggal lahir, nama lengkap, username, password, email, no HP, dan sebagainya. Identitas diri tersebut wajib diisi sesuai dengan data diri yang tercantum di KTP Anda. Lalu, klik “DAFTAR” setelah identitas diri terisi semuanya.

Melakukan Regristrasi Online
Melakukan Regristrasi Online

3. Menentukan Jadwal

Setelah Anda berhasil melakukan pendaftaran akun, langkah selanjutnya yaitu menentukan jadwal antrian.

Klik “Antrian Paspor”. Anda bisa memilih kantor imigrasi terdekat agar dapat melakukan permohonan pembuatan paspor. Isi kolom yang telah tersedia dengan jumlah pemohon, tanggal kedatangan, serta waktu kedatangan. Satu akun dapat mengajukan permohonan maksimal untuk 5 pemohon.

Jika jumlah pemohon satu orang, Anda bisa mengisi kolom “Pemohon” dengan angka 1 sedangkan untuk kolom “Pilih Tanggal Kedatangan” bisa Anda pilih tanggal, bulan, dan tahun. Misalnya Anda akan datang 6 Januari 2020. Selanjutnya Anda pilih waktu kedatangan yaitu pagi atau siang.

Menentukan Jadwal
Menentukan Jadwal

4. Cek Data Pemohon

Jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik “YA, SETUJU”. Nah, setelah berhasil maka akan muncul barcode seperti dibawah ini:

Cetak Data Pemohon
Cetak Data Pemohon



5. Menyimpan Bukti Pendaftaran

Simpan bukti pendaftaran dalam file PDF agar dapat ditunjukkan pada waktu mengunjungi kantor imigrasi.

Setelah Anda berhasil daftar paspor online, selanjutnya Anda tetap harus mengunjungi kantor imigrasi untuk membuat paspor dengan membawa bukti pendaftaran yang berisi kode booking/ QR code yang telah Anda simpan ketika melakukannya via online. Agar Anda tidak bingung, berikut ini Kami jelaskan langkahnya:

  • Datang ke Kantor Imigrasi

Setelah Anda melakukan pendaftaran via online seperti yang sudah dijelaskan di atas, selanjutnya Anda harus mengunjungi kantor imigrasi yang telah Anda pilih ketika melakukan pendaftaran paspor online sesuai jadwal yang telah Anda tentukan. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan pembuatan paspor yang harus dibawa ketika mengunjungi kantor imigrasi.

Ketika telah sampai di kantor, Anda harus menunjukkan bukti pendaftaran berupa kode booking yang telah dilakukan secara online ke petugas agar mendapatkan nomor urut panggilan pembuatan paspor. Anda akan diberi formulir pembuatan paspor oleh petugas untuk diisi.

  • Pengecekan Dokumen, Wawancara, Sesi Foto, Pengambilan Sidik Jari

Selanjutnya, petugas akan mengecek persyaratan dokumen pembuatan paspor. Petugas juga akan melakukan sesi wawancara singkat seputar alasan Anda membuat paspor sekaligus untuk memverifikasi dokumen yang asli dengan keterangan yang telah Anda tulis di formulir.

Setelah melakukan wawancara dan semua dokumen sesuai serta memenuhi syarat, Anda akan melakukan sesi foto dan juga pengambilan sidik jari.

  • Melakukan Pembayaran

Setelah langkah sebelumnya sudah dilakukan, Anda akan memperoleh kode pembayaran yang bisa dilakukan via bank/ATM. Jika sudah, Anda akan diberi informasi jadwal pengambilan paspor melalui sms.

  • Pengambilan Paspor

Untuk pengambilan paspor, Anda harus datang lagi ke kantor imigrasi sesuai jadwal pengambilan paspor yang sudah ditentukan.

Demikian cara daftar paspor online yang harus Anda lakukan ketika hendak membuat paspor. Tentunya cara tersebut mempunyai kelebihan tersendiri terutama bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk bolak-balik mengunjungi kantor imigrasi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.