Hai Sob, ketemu lagi dengan Saya dalam blog reot yang baru 2 post biji artikel jika sobat baru melihat artikel ini sekarang. hhe,
Setelah kemarin kita bahas tentang Niche website blog indonesia yang bisa dijadikan monetize dengan adsense maka alangkah baiknya kita juga membahasa bagaimana sih cara daftar google adsense. Nah, silahkan simak baik-baik ya sob gimana sih caranya. Cek..ki..dot 😀

Cara Daftar Google Adsense

Kita disini akan bahas darimana saja sobat dapat mendapatkan akun google adsense secara mudah. Tapi sebelumnya saya akan bagi dulu 2 jenis tipe akun google adsense yang ada di dunia per-adsensnan, yang pertama google adsense tipe hosted yang didaftarkan melalui You Tube atau Blogger dan akun google adsense tipe non-hosted yang didaftarkan melalui blog dengan domain ekstensi TLD. Namun, pembahasan tentang kedua jenis akun ini akan kita bahas dilain waktu ya sob, sekarang kita fokus gimana caranya. (simak Caranya)

Berikut Point yang perlu Anda Perhatikan Bagaimana Cara Daftar Google Adsense:

  1. Point pertama adalah Sobat harus mempunyai email (G-Mail) yang akan dibuat untuk mendaftar google adsense. Jika sobat belum mempunya akun gmail silahkan buat dulu disini (gratis). Sekedar informasi saja buat kalian sob, lebih baik menggunakan akun gmail utama saja karena google tidak mengizinkan publisher mempunya 2 akun adsense sekaligus dengan satu identitas yang sama.
  2. Kedua dalam mendaftar google adsense yang sobat perlukan adalah blog ataupun chanel YouTube yang sudah selesai penggarapannya (Maksudnya kalo di ibaratin di blog ya ada puluhan artikel dan kalo di YouTube aturan sampe detik ini adalah mempunyai 1000 Subsciber dan jam penayangan menyentuh angka 4000 jam). Akun yang akan sobat dapatkan disini adalah akun hosted ya (bukan non-hosted).
  3. Apabila sobat sudah mempunyai kedua hal diatas maka tinggal daftarin aja ke akun google adsense yang akan sobat buat. Gambar dibawah ini adalah langkah pembuatannya melalui blog ya sob (Saya menggunakan CMS WordPress) sama saja sih dengan blogger caranya.

Pertama sobat kunjungi dulu link pendaftaran google Adsense Disini. Hasilnya adalah formulir pengisian yang akan sobat isi dengan data sobat nantinya, bagian ini sobat akan disuruh untuk memasukan alamat situs sobat dan email sobat yang akan didaftarkan.

formulir pendaftaran google Adsense

Formulir pengisian url dan alamat gmail

Saya rasa cukup mudah untuk mengisi formulir diatas sob. Sekarang tinggal klik save and continue saja dalam formulir tersebut yang akan mengarahkan ke tahap selanjutnya. Dibawah ini adalah gambar tahapan setalahnya:

Formuliir pendaftaran akun google adsense

Isi data pribadi ya sob

Akun type : adalah jenis akun yang akan sobat buat. kalo sobat publisher yang berdiri sendiri silahkan ambil yang individual.
Untuk informasi yang lain saya yakin sobat bisa mengisinya sendiri ya. kalo ngak tau silahkan bisa tanya saya di link komentar, hehe.

Setelah proses pengisian diatas sudah sobat dilakukan maka sobat akan dialihkan ke dasboard kode adsense. Lebih lengkapnya seperti ini sob:

Kode verifikasi pendaftaran google adsense

Kode verifikasi google Adsense

Keterangan diatas menyuruh kita untuk menempatkan kode yang diberikan kedalam blog kita sob. lihat strukturnya bahwa penempatan harus diatara <head> kode </head>. Sobat bisa temukan tempat kode ini di Theme Header ya. Lihat gambar dibawah sob,

kode pendaftaran google adsense

Penempatan kode google adsense

Setelah sobat memasukan kode silahkan pilih opsi Done pada dasboard adsense sobat. Akun sobat akan memasuki tahap review dimana google akan mereview blog sobat apakah layak untuk di setujui atau tidak. Jujur saja saya sudah pernah ditolak dan diterima dalam pembuatan beberapa akun google adsense saya.

Itulah ulasan cara daftar google adsense dari blog dan YouTube yang bisa saya buat untuk sobat. Kalo ada pertanyaan silahkan komentar dibawah atau bisa melalui email saya, Terimakasih 😀