Cara Ampuh Mengatasi HP Android Cepat Panas – Smartphone panas memang menjadi masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone yang menggunakannya secara nonstop. Smartphone yang sering atau cepat panas pastinya sangat mengganggu aktivitas kalian.

Terutama bagi kalian yang mengandalkan smartphone untuk tugas atau pekerjaan sehari – hari, pastinya akan sangat terganggu saat suhu smartphone berubah jadi panas, dan juga melambatnya performa, bahkan mati mendadak atau restart sendiri, jika dibiarkan begitu saja, masalah tersebut lama – lama bisa berujung kerusakan total pada smartphone kalian.

Baca:  7 Cara Mengamankan Android yang Sudah di Root

Ada beberapa faktor penyebab Overheat seperti penggunaan ponsel seharian, yang Kami bahas diatas tadi, baterai berkualitas buruk, menggunakan casing pelindung yang terlalu tebal dan hal lainnya. Walaupun ini menjadi hal yang wajar, jika overheat terus dibiarkan, maka akan merusak ponsel bahkan memicu ledakan.

Pada dasarnya, produsen ponsel sudah mengantisipasi agar tidak terjadi ledakan (karena overheat itu) pada produk buatan mereka. Beragam cara dilakukan produsen ponsel untuk mencegah hal buruk seperti meningkatkan kualitas dari ponsel itu sendiri dan menghadirkan sistem pendingin. Namun, ada beberapa cara sendiri untuk mengantisipasi panas berlebihan yang dapat memicu ledakan pada ponsel.

Nah, untuk itu Kami akan berbagi tips ampuh buat kalian yang smartphonenya gampang banget panas. Berikut ini Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas yang pastinya ampuh menurunkan panas pada smartphone kalian.

Cara Ampuh Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Ampuh Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas

1. Install Aplikasi Seperlunya

Smartphone dirancang untuk kebutuhan mobilitas tinggi dan kinerja yang sifatnya multi-tasking atau penggunaan banyak aplikasi secara bersamaan. Tidak heran jika saat ini banyak smartphone didukung dengan komponen hardware penunjang multi-tasking, seperti memori RAM yang tinggi. Namun juga, hal itu tersebut bukan berarti membuat smartphone bisa melakukan multi-tasking secara terus – menerus.

Tentu saja, penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat smartphone cepat panas. Jika hal ini terus dilakukan, tentu potensi smartphone terbakar atau meledak yang sangat besar. Selain cepat panas, penggunaan aplikasi terlalu banyak menyebabkan smartphone sering hang.

2. Gunakan Baterai Original

Kualitas baterai yang buruk tentu saja menjadi salah satu penyebab smartphone kalian panas, bahkan juga memicu ledakan smartphone. Lakukan langkah pemformatan kartu SD dan tunggu prosesnya selesai. Jika kamu telah mengembalikan data ke kartu SD dan pastikan itu dapat digunakan atau tidak. Biasanya baterai dengan kualitas buruk tidak akan bertahan lama, sering panas dan cepat rusak. Saat baterai smartphone kalian rusak, sebaiknya kalian ganti dengan original yang memiliki kualitas baik.

Baca:  5 Cara Memperbaiki Memory Card yang Rusak dan Tidak Terbaca Sama Sekali

3. Cek Penggunaan WiFi

Fitur wifi, biasanya selalu diaktifkan ketika kalian sedang tidak mempunyai kuota. Enggak ada salahnya memang, mengaktifkan wifi dan tidak secara langsung menyebabkan HP cepat panas. Nah, tapi tidak secara langsung, aplikasi background yang otomatis sedang berjalan ketika smartphone terhubung dengan wifi yang kemudian bisa membuat smartphone kalian panas.

Pastikan kalian mematikan fitur Wifi ini jika memang lagi enggak dibutuhkan.

4. Matikan Bluetooth dan GPS

Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang posisi tidak digunakan dan tidak dibutuhkan. Dua fitur ini, nyatanya bisa mempercepat smartphone kalian panas. Pastikan kalian mematikan dua fitur ini jika memang lagi enggak dibutuhkan.

5. Kurangi Multi-tasking

Spesifikasi smartphone, yang semakin meningkat setiap tahunnya memang menawarkan performa yang cepat untuk multi-tasking. Meski begitu, kalian tetap jaga suhu smartphonemu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus, banyaknya aplikasi aktif yang kalian gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentu saja akan menyebabkan smartphone cepat panas.

6. Istirahatkan Smartphone Kamu

Sering kali smartphone yang tidak di istirahatkan dari streaming atau bermain game di smartphone bisa menyebabkan cepat panas, kalian memang enggak melakukan multi-tasking, melainkan hanyak melakukan satu aktivitas di smartphone kalian. Misalnya seperti Streaming atau game. Meski hanya satu aktivitas, namun baik streaming atau game nyatanya sama – sama membuat smartphone kalian cepat panas jika saja dilakukan secara terus – menerus.

7. Charge Ponsel Secukupnya

Jika baterai ponsel kamu sudah terisi penuh, kamu harus segera menghentikan proses pengisian.Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charge secara terus menerus ternyata tidak aman. Hal ini diketahui juga dapat menyebabkan baterai ponsel cepat panas atau overheat dan bisa juga baterai kembung.

8. Lepas Cover Pelindung

Sebaiknya jangan menutup ponsel dengan cover pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan cover yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi ponsel dari goresan. Justru, cover yang tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga ponsel menjadi cepat panas.

9. Biarkan Lubang Charger Terbuka

Beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Kami menyarankan kamu untuk tidak menutup port charger pada ponsel. Hal ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebih atu overheating karena kurangnya udara masuk ke dalam ponsel.

Baca:  5 Rekomendasi Aplikasi Untuk Edit Foto di Android

Nah itulah Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Cepat Panas. Jika memang masih belum berhasil, coba ulangi dan baca yang benar.!
Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman – teman kalian.