Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

Bagi anda para pembuat blog atau blogger tentu tak asing dengan perindeksan google. Pastinya ada banyak alasan mengapa para blogger ingin membuat blog, namun satu hal yang pasti, mereka ingin blognya bisa dibaca atau dilihat orang lain. Apalah artinya jika banyak membuat tulisan dan artikel, namun tidak terdeteksi mesin pencari seperti Google?

Langkah yang harus dilakukan jika menginginkan demikian adalah mengindeksakn postingan atau unggahan ke Google. Langkah ini juga merupakan optimasi blog atau web yang biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Berikut adalah cara agar artikel cepat terindex Google seperti dihimpun dari berbagai sumber

1. Daftarkan Blog ke Google Webmaster

Salah satu cara agar artikel cepat terindex Google di halaman pertama, adalah mendaftarkan blog atau website anda ke Google Webmaster. Hal ini bertujuan untuk memverifikasi bahwa anda merupakan pemilik resmi blog atau website tersebut. Webmasters Google Tools atau juga disebut sebagai Google Search Console adalah alat gratis yang disediakan oleh google untuk memantau blog yang kita miliki.

Bagi anda yang sudah memiliki blog atau website yang sudah dipublish, namun tidak terindex Google, anda mesti mendaftarkan dan verifikasi blog di Webmaster Google Tools. Saat mendaftarkan, kita perlu menambahkan semua variasi url untuk domain yang kita miliki ke Google Webmaster Tools.

Seperti contoh, nama web kita adalah ceritaku.com, maka cobalah menambah www sebagai kemungkinan yang ditambahkan ke property Webmaster Google Tools. Jadi ada dua kemungkinan yaitu www.ceritaku,com, dan ceritaku,com. Menambahkan semua variasi url ke Search Google Console membuat situs akan lebih mudah dirayapi oleh Googlebot serta terindex lebih cepat.

Setelah mendaftar, verifikasi juga blog anda. Cara verifikasi blog di google webmaster tools yaitu login terlebih dahulu menggunakan Gmail, lalu klik ‘add a site’. Masukkan URL Blog anda, klik Continue. Lalu anda akan diminta menambahkan kode meta tag ke dalam HTML. Lakukan langkah-langkah selanjutnya hingga muncul pemberitahuan verifikasi blog anda.

2. Tambahkan Sitemap Blog ke Google Webmaster

Setelah melakukan pendaftarkan dan verifikasi ke Google Webmaster, yang perlu dilakukan adalah mengirim peta situs dengan cara menambahkan sitemap xml ke Webmaster Google Tools. Dengan menambahkan peta situs ini, setiap konten akan terindex secara otomatis dengan jangka waktu tertentu.

Peta situs (Sitemap) adalah cara penting bagi Google menemukan URL di situs atau blog anda, dan berfungsi untuk memudahkan robot (Googlebot) untuk melakukan perayapan (crawling) ke seluruh URL web atau blog anda.

3. Melakukan Ping Google Webmaster

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar cepat terindex adalah ping artikel ke Google. Ping adalah memanggil, atau lebih tepatnya memanggil robot (Googlebot) untuk browsing halaman situs web yang di-ping-kan. Cara ping artikel ke Google Webmaster adalah dengan membuka halaman Google Ping: www.googleping.com lalu ikuti sesuai perintah.

4. Melakukan Submit URL Ke Google Webmaster

Untuk mempercepat artikel supaya bisa terindex di google juga bisa dengan cara melakukan submit URL di Google Search Console. Ftur ini membantu untuk memberitahu setiap URL yang ditambahkan pada indeks Google, namun tidak menjadi jaminan atau prediksi kaoan artikel atau postingan baru anda akan muncul pada indeks google.

5. Fetch as Google di Google Webmaster

Perayapan dan indeks normal sudah bisa dilakukan dengan menambahkan sitemap xml seperti yang sudah dilakukan di atas. Konten yang telah dipublikasi sudah bisa terindex secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Namun demikan, anda juga bisa menggunakan alat Fetch as Google (ambil sebagai Google).

Cara ini ditempuh untuk mendapatkan pengindeksan lebih cepat pada setiap artikel baru yang sudah dipublikasi. Cara melakukan Fetch as Google adalah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke Webmaster Google Tools.
  • Pilih blog yang telah terverifikasi.
  • Klik pada Crawl (perayapan), lalu Fetch as Google.
  • Kemudian masukkan link artikel (tanpa domain), lalu klik Fetch (ambil)
  • Lalu mintalah pengindeksan – Request Indexing
  • Kemudian akan muncul tampilan pilihan metode pengiriman, Pilih ‘Crawl only this URL’. Verifikasi Captcha, lalu klik Go.

6. Cara mengetahui apakah artikel sudah terindex atau belum

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana cara mengetahui apakah artikel sudah terindex atau belum? Jawabannya cukup mudah. Jika anda membuka browser Chrome, bukalah Google Penyamaran atau Incognito dengan menekan kombinasi tombol CTRL + Shift + N, lalu ketik URL google.com atau google.co.id. Setelah itu tulis URL artikel yang baru anda publish

Tips Agar Artikel Cepat Terindex Google

Panjang Artikel Minimal 300 Kata

Selain melakukan cara-cara di atas, ada juga tips cara agar artikel cepat terindex di Google. Salah satunya adalah tulis artikel minimal 300 kata agar cepat terindex ke google. Bahkan beberapa ahli menyarankan paling tidak anda menulis artikel dalam jumlah 500 kata. Di dalam artikel usahakan selipkan gambar atau video yang bisa menambah panjang tulisan.

Hindari Judul yang Sama Persis

Lalu usahakan untuk menghindari penggunaan judul yang sama persis dengan situs atau konten web lain. Buatlah judul yang unik dan menarik agar lebih cepat terbaca dan terindex oleh google. Dengan begitu secara otomatis google akan mengindeks langsung blog atau web anda. Lalu bisa dipastikan artikel dalam blog atau web anda mencapai halaman google lebih cepat dan mudah untuk dicari.

Artikel Original

Tips lainnya adalah membuat postingan buatan sendiri yang asli. Tulisan asli tentu tidak akan sama dengan siapapun, sehingga google akan lebih mudah untuk menjelajahi situs blog anda dengan mudah. Membuat postingan sendiri yang asli daoat berpengaruh pada kualitas blog anda. Dengan begitu, postingan anda bisa berada di halaman utama dengan cepat dan mudah.

Sering Posting Artikel

Hal ini bisa menjadi salah satu cara agar artikel cepat terindex Google. Yaitu dengan lebih sering memposting artikel agar indeks Google dapat melakukan oencarian dengan mudah dan cepat. Jika tulisan anda menarik dan unik, tentu artikel di blog anda kemungkinan bisa muncul di halaman utama pencarian Google.

Gunakan Link Building

Membangun sebuah link building merupakan salah satu cara agar artikel cepat terindex google. Anda perlu menggunakan link building ini yang mengarah ke halaman postingan anda. Ini dilakukan agar blog atau artikel anda menjadi populer dan sangat terpercaya di SEO. Indeks google sangat menyukai blog atau situs web yang memiliki link building di artikelnya.

Share di Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi booming di berbagai kalangan, terutama anak muda. Anda bisa memanfaatkannya untuk membagikan konten atau artikel di blog atau web, kepada para pengguna media sosial seperti twitter, instagram, facebook, dan google+.  Artikel anda bisa mendapatkan traffic dari situs media sosial, sehingga nantinya blog dapat terindex dan muncul di halaman depan google.

Tips dan cara agar artikel cepat terindex Google sudah kita bahas. Cara-cara di atas bisa dilakukan dengan mudah dan sudah bisa terindex tak sampai 10 menit. Jika sudah terindex dan ada di halaman pertama Google, maka halaman web atau blog anda akan kebanjiran traffic. Selanjutnya, anda bisa melakukan berbagai penawaran menarik kepada pengunjung website agar selalu mengunjungi website anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.