Bentuk Bentuk Komunikasi Antar Budaya

Posted on

Jenis atau bentuk komunikasi antar budaya yang merupakan bagian dari komunikasi antar budaya adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari komunikator kepada komunikan dan antara kedua individu ini adalah beda kebudayaan. Menurut pendapat ahli, komunikasi antar budaya adalah setiap proses pembagian informasi, gagasan atau perasaan di antara mereka yang berbeda latar belakang budayanya. Proses pembagian informasi itu dilakukan secara lisan dan tertulis, juga melalui bahasa tubuh, gaya atau tampilan pribadi, atau bantuan hal lain disekitarnya yang memperjelas pesan (Liliweri, 2003:9).

Hai, apa kabar pengunjung Kami. Pada kesempatan ini, kami tentu akan selalu memperbaharui terkait dengan materi kampus ilmu komunikasi. Kali ini saya bagikan informasi berupa bentuk komunikasi antar budaya sebagai bahan perkuliahan jurusan ilmu komunikasi. Mulai dari pola, tujuan, konsep dasar, dan juga prinsip dari komunikasi antar budaya sudah kami bagikan. Untuk itu, sebagai pelengkap bahan kuliah turut kami bagikan bentuk komunikasi antar budaya.

Jenis atau bentuk komunikasi antar budaya Bentuk Bentuk Komunikasi Antar Budaya

Jenis Komunikasi Antar Budaya
Ada beberapa jenis atau model komunikasi yang menjadi bagian dari komunikasi antarbudaya antara lain komunikasi internasional (International Communications), komunikasi antarras (interracial communication), komunikasi antaretnis (interethnic communication). Berikut penjelasan yang dapat kami sampaikan di bawah ini:

1. Komunikasi internasional (International Communications)
Komunikasi internasional (International Communications), yaitu proses komunikasi antara bangsa dan negara. Komunikasi ini tercermin dalam diplomasi dan propaganda, dan seringkali berhubungan dengan situasi intercultural (antarbudaya) dan interracial (antarras). Komunikasi internasional lebih menekankan kepada kebijakan dan kepentingan suatu negara dengan negara lain yang terkait dengan masalah ekonomi, politik, pertahanan, dan lain-lain.

2. Komunikasi antarras (interracial communication)
Komunikasi antarras (interracial communication), yaitu suatu komunikasi yang terjadi apabila sumber dan komunkan berbeda ras. Ciri penting dari komunikasi antarras ini adalah peserta komunikasi berbeda ras. Ras adalah  sekelompok orang yang ditandai dengan ciri-ciri biologis yang sama. Secara implisit komunikasi antarras ini termasuk ke dalam komunikasi antarbudaya. Hambatan utama dalam komunikasi antar-ras ini adalah sikap curiga kepada ras lain. Misalnya orang Jepang berkomunikasi dengan orang Amerika.

3. Komunikasi antaretnis (interethnic communication)
Komunikasi antaretnis (interethnic communication), yaitu berkaitan dengan keadaan sumber komunikannya, sama ras/suku bangsa tetapi berbeda asal etnis dan latar belakangnya. Kelompok etnik adalah kelompok orang yang ditandai dengan bahasa dan asal-usul yang sama. Oleh karena itu komunikasi antaretnik merupakan komunikasi antarbudaya. Misalnya,  komunikasi antara orang-orang Kanada Inggris dengan Kanada Prancis. Mereka sama-sama warga negara Kanada, sama rasnya tetapi mempunyai latar belakang, perspektif, pandangan hidup, cita-cita, dan bahasa yang berbeda.

Baca Juga: 6 Prinsip Komunikasi Antar Budaya

Bentuk Komunikasi Antar Budaya
Adapun yang menjadi bentuk komunikasi antar budaya yang telah menjadi bagian pembelajaran ilmu komunikasi dapat anda ketahui di bawah ini. Salah seorang pakar berpendapat sebagai berikut:

Menurut DeVito (1997:480), bentuk-bentuk komunikasi antar budaya meliputi:

  • Komunikasi antara kelompok agama yang berbeda. Misalnya, antara orang Katolik Roma dengan Episkop, atau antara orang Islam dan orang Jahudi.
  • Komunikasi antara subkultur yang berbeda. Misalnya, antara dokter dn pengacara, atau antara tunanetra dan tunarungu.
  • Komunikasi antara suatu subkultur dan kultur yang dominan. Misalnya, antara kaum homoseks dan kaum heteroseks, atau antara kaum manula dan kaum muda.
  • Komunikasi antara jenis kelamin yang berbeda, yaitu antara pria dan wanita.

Kesimpulan:
Kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu ”buddhayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi, yang berarti budi atau akal. Kebudayaan itu sendiri diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan budi atau akal. Istilah lainnya “culture” yang merupakan istilah bahasa asing, sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata “colere” yang artinya adalah mengolah atau mengerjakan, keahlian mengolah, mengerjakan tanah atau bertani. Kata colere yang kemudian berubah menjadi culture diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam.

Jadi, untuk pengertian komunikasi antar budaya adalah sebuah proses interaksi antar individu dengan individu, kelompok baik secara langsung maupun tidak, kedua mereka itu berbeda latar belakang kebudayaan. Menurut Chaley H. Dood, Komunikasi antar budaya meliputi komunikasi yang melibatkan peserta komunikasi yang mewakili pribadi, antarpribadi, dan kelompok, dengan tekanan pada perbedaan latar belakang kebudayaan yang mempengaruhi perilaku komunikasi para peserta (Liliweri, 2003:10).

Demikian penjelasan singkat dari irman fsp terkait dengan bentuk komunikasi antar budaya. Mungkin, materi ini sudah cukup banyak dijelaskan pada buku berdasarkan karangan masing masing pakar. Namun, untuk memudahkan pembaca pada laman ini, sudah menjadi kewajiban kami sebagai pelengkap materi ilmu komunikasi melalui artikel ini.

Gravatar Image
Situs Tutorial dan Informasi teknologi. Berbagi Informasi dan Pengalaman di Dunia Teknologi Informasi :-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.