8 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa

8 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa – memang tidak terlalu mencolok bagi sebagian orang awam namun lain cerita bagi seorang gamer, perbedaan mouse gaming dan mouse biasa akan terasa jelas baik dari desain maupun penggunaan secara langsung. Namun beberapa gamer pemula tidak terlalu mempedulikan penggunaan mouse dalam bermain game baik mouse biasa maupun mouse gaming.

bedanya mouse gaming dan mouse biasa
Bedanya Mouse Gaming dan Mouse Biasa

Secara kasat mata bagi orang awam terutama gamer pemula mungkin mengaggap bahwa perbedaan hanya terlihat di desain, padahal itu adalah persepsi yang salah. Selain dari desain teknologi yang digunakan pun tidak sama antara mouse gaming dan mouse biasa. Contoh sederhana, antara laptop gaming dan laptop biasa tentu memliki perbedaan yang mencolok dari segi desain maupun spesifikasi laptop, dimana laptop gaming memiliki spesifikasi diatas laptop biasa, serta desain yang lebih menawan.

Lalu apa saja bedanya mouse gaming dan mouse biasa yang membuat mouse gaming lebih spesial, simak penjelasan artikel berikut ini.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

8 Perbedaan Mouse Gaming dengan Mouse Biasa yang Perlu Anda Tahu

1. Desain Mouse

Perbedaan yang mencolok yang dapat dilihat langsung adalah dari segi desain. Desain mouse gaming lebih menawan, keren dan tidak sesimpel seperti mouse biasa. Meskipun terkadang ada beberapa mouse biasa yang memiliki desain seperti mouse gaming namun hakekatnya mouse gaming lebih menekankan desain yang mewah.

2. Bentuk Mouse Gaming

Bentuk dari mouse gaming lebih ergonomis, maksudnya desain bentuk dari mouse gaming sangat beragam dengan tampilan bentuk melengkung, melebar, hingga bentuk-bentuk yang tidak biasa, berbeda dengan mouse biasa yang jika diamati memiliki bentuk desain yang terlihat biasa saja.

3. Mempunyai Tombol Khusus

Pada mouse gaming terdapat tombol-tombol khusus yakni tombol tambahan untuk menunjang kenyamanan dalam bermain game. Perbedaan ini sangat terasa jelas di mana mouse biasa hanya terdiri dari 2 tombol utama saja. Biasanya tombol-tombol tersebut digunakan untuk mempermudah dalam bermain game, sepeti pemindahan jurus-jurus, dan penggantian item agar dapat dilakukan lebih cepat. Selain tombol tersebut biasanya terdapat tombol di atas scroll pada mouse gaming yang berfungsi untuk mengatur DPI atau CPI.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

4. Perbedaan DPI (dot per inches)

DPI atau dot per inches merupakan satuan resolusi yang mengatur sensitivitas pada mouse gaming. Mouse biasa biasanya memiliki tingkat DPI antara 500-800 saja, berbeda dengan mouse gaming yang memliki tingkat DPi lebih tinggi yakni 2000 keatas. Perbedaan tingkat DPI ini sangat berpengaruh dalam bermain game agar lebih optimal karena dapat melakukan pemindahan kursor lebih cepat, tepat dari segala sudut layar monitor.

5. Konektifitas Mouse

Jika dilihat dari konektifitas yang digunakan antara mouse gaming dan mouse biasa sebenarnya tidak terlalu mencolok. Mouse gaming biasanya menggunakan konektifitas berupa bluetooth, bebeda dengan mouse biasa yang menggunakan konektifitas kabel, ini dilakukan agar para gamer lebih fleksibel dalam menggerakkan mouse saat bermain game. Meski beberapa mouse gaming masih menggunakan kabel namun dengan kabel yang lebih panjang daripada mouse biasa.

6. Fungsionalitas Lebih Kompleks

Pada mouse gaming fungsionalitas lebih beragam dan lebih kompleks. Pada mouse gaming terdapat keystroke dan beragam fungsi fitur micro, jelas fungsi tersebut merupakan faktor penting dalam bermain game agar lebih nyaman.

Jadi jika bermain game genre FPS seperti point blank, PUBG dan game yang sejenisnya dapat melakukan pergantian senjata atau item dengan lebih cepat dan efesien. Tombol keystroke pada mouse gaming berfungsi untuk menentukan langkah-langkah untuk memasukan karakter, jadi keystroke akan menampilkan sejumlah menu di layar monitor. Perbedaan tersebut tentu tidak terdapat di mouse biasa yang lebih sederhana yang hanya mendukung pemindahan kursor.

7. Efek Tambahan

Pada mouse gaming dilengkapi dengan efek tambahan contoh seperti penggunaan LED agar efek terkesan lebih menawan.

8. Tingkat Durabilitas

Perbedaan berikutnya yakni terdapat pada durabilitas, mouse yang digunakan untuk bermain game tentu harus bekerja lebih keras dan lebih lama. Oleh karena itu tingkat durabilitas mouse gaming jauh lebih baik dari mouse biasa. Mouse gaming memang sudah terkenal keawetan produk barangnya agar dapat mengimbangi kebutuhan bermain game.

Baca Juga: Asus Rilis Motherboard Seri X570 Untuk Ryzen 3000 Series

Well itu dia ya ulasan seputar bedanya mouse gaming dan mouse biasa. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.