medipedia.id – Bagi Anda yang memiliki laptop, biasanya ada spesifikasi yang disebutkan berupa ssd dan harddisk dengan kapasitasnya. Lalu, tahukah Anda yang dimaksud dengan ssd dan harddisk tersebut? Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai apa kelebihan dan kekurangan ssd daripada Harddisk. Sebagian orang memang masih kebingungan membedakan keduanya. Seperti nampak sama padahal memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

Kelebihan dan Kekurangan SSD Daripada Harddisk

SSD merupakan singkatan dari solid state drive, media penyimpanan data yang menggunakan memori begitu cepat dan mantap. SSD tidak menggunakan piringan magnetis seperti harddisk pada umumnya. Di pasaran banyak ditawarkan SSD yang beraneka ragam, bahkan SSD yang tersedia saat ini telah terbagi ke dalam beberapa kelas. Mulai dari SSD untuk kalangan low-end, mid-range hingga high-end dengan harga yang terjangkau. Saat ini, penggunaan SSD terbilang berhasil membantu meningkatkan performa PC atau laptop mereka.

Bagi para pekerja profesional, seperti desainer grafis atau multimedia developer membutuhkan sebuah PC atau laptop dengan spesifikasi yang tinggi. SSD dengan spesifikasi cukup mumpuni menjadi performance booster yang dapat memproses sistem PC menjadi lebih cepat meskipun menjalankan aplikasi berat.

Sebelum membahas apa kelebihan dan kekurangan SSD daripada harddisk, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu sekilas mengenai harddisk. Hardisk merupakan perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menyimpan data pada sebuah komputer atau laptop. Umumnya semua file berupa dokumen, foto, video, kemudian OS dan software disimpan pada harddisk.

Baca: Kelebihan dan Kekurangan SSD Sandisk

Kelebihan SSD Dibandingkan Dengan Harddisk

  1. Ketika mulai bekerja, SSD lebih cepat dibandingkan harddisk. Hal ini mempengaruhi akses data yang lebih tinggi, keterlambatan membaca data lebih rendah. Selain itu, waktu pencarian data juga jauh lebih cepat.
  2. Bobot SSD lebih ringan dan ukurannya pun lebih ramping, padahal kapasitas penyimpanannya sama. SSD menjadi terobosan yang baru untuk laptop atau notebook yang jauh lebih ringan.
  3. SSD juga mempunyai daya tahan yang bagus terhadap guncangan dan temperatur yang tinggi.
  4. Bagi Anda yang ingin menghemat daya listrik, maka SSD menjadi pilihannya. Harddisk biasa memerlukan lebih banyak energi, sedangkan SSD lebih hemat meskipun SSD berbasis DRAM memerlukan daya yang cukup tinggi.
  5. Tidak menimbulkan bising yang mengganggu ketika laptop dijalankan, apalagi bagi Anda yang menggunakan laptop dengan multitasking. Senyap yang dihasilkan SSD dikarenakan tidak adanya komponen yang bergerak.
  6. Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, SSD sangat cocok digunakan untuk laptop yang multitasking karena tidak akan membuat laptop atau komputer terjadi lag. Ditambah lagi maintenance dengan SSD hanya membutuhkan waktu 10-50% dari harddisk, artinya perawatan SSD lebih cepat.
Baca:  Pengertian Dan Fungsi Keyboard Serta Susunan Tombol Keyboard

Kekurangan SSD daripada Harddisk

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas kekurangan SSD daripada harddisk. Karena memang artikel ini sedang membahas Apa Kelebihan dan Kekurangan SSD daripada harddisk. Oleh karena itu kami mengulas kekurangannya dibawah ini:

  1. Dengan berbagai kelebihan di atas, harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan harddisk. Harga tersebut dipengaruhi oleh teknologi yang masih baru dan belum begitu populer di kalangan masyarakat.
  2. Meskipun kinerjanya cukup bagus, sayangnya urusan kapasitas masih dipimpin oleh harddisk. SSD masih belum ada perkembangan agar kapasitasnya bisa ditingkatkan.
  3. Ketahanan rata-rata SSD terbilang masih rendah, awalnya siklus cell dan tingkat keakuratan yang buruk pada SSD bisa anda temukan, saat ini kekurangan itu sudah berkurang sedikit demi sedikit.
  4. Beberapa model SSD tidak memiliki kualitas yang bagus dari sefi perspektif firmware. Namun, pihak produsen SSD terus berbenah dalam mengatasi kekurangan ini.
  5. Sebagai komponen yang memiliki spesifikasi tinggi, SSD masih sulit ditemukan di Pasaran. Bahkan tidak semua toko perangkat komputer menjual SSD, biasanya toko memesan terlebih dahulu. Namun jika Anda terbiasa membeli produk secara online maka Anda bisa mendapatkan dengan mudah. Sayangnya SSD juga belum terlalu familiar bagi anak yang kurang informasi update teknologi. Bahkan sampai sekaran Saya sering menemukan teman yang tidak tahu apa itu SSD.

Baca Juga: Cara Merawat Flashdisk Agar Terhindar dari Virus

Setelah ulasan apa kelebihan dan kekurangan SSD daripada harddisk, manakah yang akan anda pilih untuk melengkapi komponen laptopnya? Semua terserah anda dalam mengambil pilihan. Baik SSD atau harddisk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda seorang desainer atau multimedia grafis, maka SSD lah solusinya. Sedangkan harddisk bisa dipilih untuk secondary drive, NAS, RAID dan perangkat cadangan di sistem anda. Terima Kasih.