Halo sobat medipedia.id, ini adalah launching pertama website ini loh, dan ini adalah postingan pertama dari Saya. Sesuai dengan judul yang tertera diatas sob, kali ini kita akan membahas apa saja sih niche website (sering kita sebut sebagai niche). Nah niche yang akan kita bahas kali ini adalah niche indonesia ya sob, ya berarti target dari pengunjung kita orang-orang indonesia (walau kadang ada pengunjung dari negara lain dan negara tidak dikenal).

Contoh Niche Website Indonesia untuk Adsense

Niche website Indonesia

Asumsi pertama kita tentang dunia website adalah jika ingin mendapatkan dolar ($) kita harus mempunyai sesuatu yang bisa ditawarkan dan bermanfaat bagi pembaca atau pengunjung website kita sob. Sebenarnya banyak cara juga sih untuk seorang pemain bisnis internet mendapatkan pundi-pundi dolar dari internet, seperti (Youtube, Afilasi, Marketplace, Dropship dan masih banyak lagi). Tapi khusus yang kita bahas disini adalah website atau blog ya sob.

Kembali lagi nih dengan niche website atau blog yang perlu kita ketahui dulu. Kita akan bahas topik ini ke beberapa bagian dulu ya sob, sub topik yang akan kita bahas adalah

  1. Apa sih niche itu ?
  2. Apa saja niche untuk website dan blog Indonesia ?
  3. Bagaimana menentukan niche yang tepat ?
  4. Dan yang terakhir adalah seberapa susah persaingan di google ?

Apa Pengertian dari Niche Website ?

Singkatnya gini ya sob, niche itu sama dengan tema website yang dibahas. Nah pengertian secara garis besarnya adalah topik permasalahan yang dibahas dalam suatu blog atau website. Kita ambil contoh saja seperti blog atu web besar (jalantikus.com yang membahas tentang tekonologi), (duniailkom.com yang membahas tengan coding), (rumaysho.com yang membahas tentang agama) dan masih banyak lagi tentunya.

Nah pertanyaan yang banyak saya denger dari beberapa orang yang baru terjun dari dunia imers adalah (Seberapa penting website yang seniche/satu tema dengan website yang isi kontennya campuran/gado-gado istilahnya. Jawabannya adalah penting banget sob, kenapa? karena jika website kita bertema/seniche itu akan mendapatkan otoritas kepercayaan dari pengunjung kita dan point plusnya adalah website kita akan lebih mudah di ingat oleh orang lain. Berbeda dengan website campuran atau gado-gado yang akan menurunkan nilai otoritas kepercayaan pengunjung dimana akan membuat pengunjung merasa bosan dan mempunyai anggapan (ih apaan sih blog ini, masa apa aja dibahas. Ngak Jelas!!!). Yakali masa iya sih blog kesehatan tiba-tiba ada artikel post teknologi sama budidaya, kan ngak etis di lihatnya. Oke, sudah paham kan?

Tema Niche untuk Blog Indonesia

Banyak sekali nih kalo dijabarin satu-satu niche website yang ada di Indonesia. Nah intinya juga sama ya sob, kalo dimanapun niche itu pembahasannya ya itu-itu saja (ngak ada bedanya niche orang bule sama orang indonesia) yang ngebedain cuma bahasanya sama nilai ininya ($) dolar sob. Loh kok beda sih, nah ini akan kita bahas lain kali ya sob.

Kembali ketopik, Secara umum untuk di indonesia banyak sekali tema niche yang bisa kita ambil nih. Sobat bisa lihat daftarnya dibawah ini:

1. Asuransi/Insurence

Siapa sangka loh sob kalo niche website ini sangat legit bagi para pemain HPK. Niche asuransi akhir-akhir ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan sudah banyak juga blog yang membahas asuransi. Dalam urusan trafik juga cukup besar loh sob, apalagi kalo blog sobat sudah dipucuk halam pencarian google. wah tinggal kipas-kipas saja sambil pantau.

2. Teknologi

Niche ini termasuk niche yang abadi loh sob, tapi abadinya ngikut trend alias kemakan jaman. Tahu ngak kalo niche ini adalah makanan empuk bagi para pemain adsen (publisher) karena nilai BPK-nya lumayan tinggi (istilahnya niche website for adsense). Nah keuntungan dari niche ini adalah jika ada update informasi tentang dunia teknologi kita tidak akan kekurangan topik untuk membuat konten baru. Tinggal pantau, analisa, buat konten dan update. Situs-situs yang membahas dunia teknologi juag banyak banget, tinggal jadiin referensi nulis konten deh.

3. Kesehatan

Niche website ini adalah topik yang menguntungkan loh sob, nilai CPC-nya pun juga ngak kalah tinggi. Topik kesehatan ini akan selalu dicari oleh para pembaca setiap harinya loh, dan untungnya lagi adalah niche ini termasuk niche abadi yang ngak kemakan oleh perkembang zaman. Tapi inget ya sob, kalo buat konten kesehatan gini jangan ngasal ya, kasian nanti pembaca yang percaya begitu saja.

4. Properti

Bahasan dari niche ini sangat luas ya sob, contohnya adalah properti yang ada dirumah (sofa, kasur, lantai, taman dll). Niche ini juga memiliki nilai BPK yang tinggi loh sob jadi bagus juga kalo sobat punya blog tentang property. Nah jika sobat ambil tema ini nanti, Usahakan selalu update konten terbaru agar blog kita tidak dimakan oleh blog-blog besar perayap SERP google.

5. Bisnis Online

Niche bisnis online sudah menunjukan nilai tren yang sangat bagus beberapa tahun ini, terutama bagi para pemain bisnis yang ingin mendapatkan uang secara instan dari bisnis online tanpa harus bekerja lembur di suatu perusahaan. Blog ini juga ngak pernah sepi pengunjung kalo tutorial kontennya selalu relevan dan mudah di ikuti.

6. Fashion dan Kecantikan

Buat kalian para kaum hawa, ini adalah tema blog yang sangat relevan untuk kamu tekuni. Kalian mempunyai nilai plus disini yang kaum adam ngak punya (masa sih kaum adam ngerti soal kecantikan sama fashion, kalo iya berarti lekong deh). Nah, tunggu apalagi nih? lekas bangun deh blog fahion dan kecantikan.

7. Blogging

Niche ini juga termasuk dalam tema yang menggiurkan untuk para pemain adsen loh. Kenapa?, karena banyak sekali orang yang mecari topik tentang blogging setiap harinya. Untuk dunia blogging itu mencakup banyak tips dan trik, ada juga trik SEO yang baik dan banyak lagi. Urusan BPK jangan ditanya lagi ya sob, blog dengan niche ini termasuk tinggi-tinggi.

8. Berita

Buat kamu yang selalu up-to-date dan mempunyai bakat menulis berita nih sob, niche berita adalah tema blog yang bisa anda tekuni. Kalian akan selalu update berita-berita terbaru dan bisa mengkaitkannya dengan google Adsense. Gunakan portal-portal berita besar untuk digunakan referensi agar web sobat dapat selalu update.

Sebenarnya masih banyak banget loh niche blog yang bisa kita jadikan topik blog kita contoh aja nih Saya ambil garis besarnya (Pertanian, Agama, Budidaya, Android, Resep, Wallpaper) pokoknya gali aja sesuai kemampuan deh sob. Karena banyak banget dan nanti bisa kepanjangan, jadi ya itu aja dulu sob mengenai niche-niche indonesia yang kita jadikan sampel buat kalian. Sekarang kita menuju bahasan berikutnya.

Bagaimana Menentukan Niche Website yang Tepat

Bagaimana Cara Menentukan Niche Website yang Tepat

Menentukan Niche Website

setelah kita bahas beberapa niche diatas kita akan mulai menentukan kira-kira apa ya niche website yang bagus. Perlu digaris bawahi terlebih dahulu ya sob, untuk tema niche yang bagus itu setiap orang mempunyai anggapan yang berbeda-beda sesuai dengan pashionnya. Loh, kok jadi kesini bahasnya?, Gini loh => Dalam membuat sebuah blog Saya sarankan jangan ngasal membuatnya, yaitu harus memperhatikan jangka panjang. Oleh sebab itu hal ini sangat saya tekankan!

Seorang konten creator/publisher dituntut agar selalu update konten setiap saat agar bisa berjalan terus-menerus. Berarti intinya kita tidak boleh untuk kehabisan ide dalam membuat konten loh sob. Nah untuk menentukan suatu niche maka kita tengok dulu pashion kita, kalo pashion kita condong ke teknologi berarti niche teknologi adalah tema yang paling tepat untuk dijadikan sebuah tema blog, dan hukum ini berlaku sama untuk semua niche (intinya sesuai pashion ya sob).

Jangan pernah nekat untuk membuat sebuah web atau blog yang tidak sepemahaman dengan kalian, karena kita akan berhenti ditengah jalan nantinya. Loh kok tau?, ya karena saya sudah pernah ngalamin itu sendiri dan akhirnya berhenti ditengah jalan dan rugi deh.

Susah Ngak Ya Persaingan di Google?

Ini juga pertanyaan yang sangat sering terlontar dalam beberapa kasus studi saya sob. Terus apa jawabannya Mas?, Tentu saja susah sob, di dunia ini menurut saya tidak ada yang mudah. Sekarang ini sudah banyak publisher yang terjun kedunia internet yang beranggapan bahwa menghasilkan uang dari internet sangatlah mudah. Anggapan ini akan saya jawab bahwa mereka salah besar. Jika kita ingin menikmati hasil maka kita juga harus bekerja keras sob. Bahkan di artikel pertama kali ini saya juga meraskan hal demikian, tapi jika saya selalu konsisten, bekerja keras membuat konten yang bagus dan tidak mengeluh maka saya yakin kalo blog ini juga akan mampu bersaing kedepannya. Satu pepatah yang mengatakan bahwa “tidak ada hasil yang mengkhianati kerja keras”, dan inilah yang akan saya pegang kedepannya sob.

Sekarang ini banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis online (Blogging) hanya sekedar ingin cepat mendapatkan uang secara instan tapi hasilnya belum ada. Keadaan ini yang membuat banyak sekali para pemain blog berhenti dan tidak ingin melanjutkannya kembali. dan akhirnya itu juga akan menjadi peluan untuk kalian sob (asalkan kalian bersungguh-sungguh loh). Nah buat kalian nih yang baru terjun kedunia Adsense, Saya pesan jangan pernah mengeluh! Ingat bahwa setiap usaha yang kalian lakukan akan menghasilkan hasil yang paling optimal. Toh kalian juga ngak sendirian kan?, banyak sekali teman-teman kalian diluar sana yang sedang berjuang sama seperti kalain (Sama seperti Saya).

Cape juga nulis ginian sob, (Nah jangan mengeluh). Semoga tulisan ini dapat menghibur eh membantu kalian yang sedang mencari info seputar niche blog dan website, dan kalo ada pertanyaan bisa hubungi saya dikolom komentar atau di form ya sob. Jangan lupa di share ya sob kalo merasa bahwa artikel akan bermanfaat bagi teman-teman kalian diluar sana. Byeee