Software Mahasiswa Teknik – Sepertinya keseharian kita tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi yang semakin memudahkan aktivitas. Pada kesempatan kali ini, artikel yang akan kami bahas mengenai Sofware Mahasiswa Teknik yang wajib dipelajari. Bagi sebagian orang, jurusan teknik terbilang susah dan memusingkan, namun dengan adanya software serba canggih, semua tugas kuliah menjadi lebih gampang. Simak penjelasannya berikut ini.

7 Software Mahasiswa Teknik Saat Kuliah

Perangkat digital atau software diciptakan memang bertujuan untuk memudahkan mengerjakan tugas atau nanti saat memasuki dunia kerja. Penguasaan terhadap software ini menjadi tuntutan utama dunia kerja apalagi untuk seorang insinyur teknik.

Baca: Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Terkena Virus

6 Software Mahasiswa Teknik

1. AutoCAD Civil 3D

AutoCAD Civil 3D

AutoCAD Civil 3D

Software mahasiswa teknik yang satu ini wajib dikuasai oleh para mahasiswa teknik terutama teknik sipil. Gunanya yaitu membantu anda ketika menggambar 2D atau bahkan 3D. Biasanya semua pekerjaan di bidang kontruksi bangunan mengharuskan pegawainya menguasai software CAD. Software mahasiswa teknik yang pertama ini merupakan AutoDesk. AutoCAD Civil 3D sendiri berawal dari CAD, ini merupakan pengembangannya saja. Civil 3D memberikan performa yang handal untuk mendesain 3D yang diterapkan pada proyek jalan dan bangunan air.

2. ArchiCAD

ArchiCAD

ArchiCAD

Building Information Modelling (BIM) pernah membuat software rancang bangun pada tahun 1980, software tersebut sangat efisien untuk Apple Macintosh. Meskipun terbilang sudah beberapa puluh tahun ke belakang, sofware ArchiCAD masih digunakan oleh Mahasiswa Teknik Arsitektur ataupun oleh Arsitek pemula yang baru terjun.

ArchiCAD dilengkapi dengan fitur perintah elemen bangunan yang lengkap misalnya kolom, dinding, blok, atap dan plat. Software yang khusus diperuntukkan menggambar artsitektur ini menawarkan juga berbagai komponen bangunan, interior hingga pencahayaan. Hasil gambar nantinya akan semakin terlihat seperti nyata karena gambarnya bisa dibuat dalam versi 2D dan 3D.

3. Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

Software ini sangat disukai kalangan profesional dengan alasan tingkat kesempurnaannya bagus, akurat dan detail yang dihasilkannya tidak mengecewakan. Sayangnya, vectorworks Architecture sangat rumit saat digunakan. Meskipun begitu, kerumitan yang terjadi saat digunakan akan terbayar lunas saat hasil yang diperoleh lebih memuaskan. Pelajari hingga benar-benar menguasai agar hasil desain bangunan dari Vectorworks Architecture lebih cepat diselesaikan.

4. STAAD.Pro

STAAD.Pro

STAAD.Pro

Software mahasiswa teknik yang bernama STAAD.Pro memang terdengar asing di telinga siapapun, hanya mahasiswa teknik yang mengetahuinya. Ketika anda bermaksud untuk menganalisis ketahanan gedung dan menghindari kerusakan, maka STAAD.Pro bisa anda gunakan. Analisis yang benar dengan hasil yang akurat akan memudahkan pekerja kontruksi menjalankan prosedur pembuatan gedung yang tahan guncangan.

5. 3D Max

3D Max

Agar desain yang anda membuat terkesan lebih hidup, anda bisa membuatnya menggunakan 3D Max. Efek visualisasi hasil 3D Max justru akan membuat orang lebih takjub ketika melihatnya. Software 3D Max mampu membuat animasi dari desain 3D, simulasi video yang bergerak dan beberapa desain yang lebih hidup.

6. Visio Drawing

Visio Drawing merupakan software mahasiswa teknik yang dapat membantu membuat sketsa gambar teknik yang tidak terlalu membutuhkan detail skala. Software ini juga sangat membantu penggambaran diagram alir terutama pada mata kuliah bahasa pemrograman komputer dan Metoda Numerik.

Kelebihan lain yang dimiliki Visio adalah template khusus untuk menggambar denah rumah dan bangunan. Untuk sekedar membuat gambar denah, Visio masih cocok digunakan, namun jika urusannya menggambar bestek, tentu Software Visio tidak direkomendasikan. AutoCAD lah yang akan memberikan hasil lebih menyeluruh mengenai pernak-pernik desain 3D.

7. MathCAD

Terakhir, software mahasiswa teknik yang harus dipelajari adalah MathCAD. Mahasiswa teknik sebaiknya tidak hanya mempelajari software yang handal untuk menggambar. Akan tetapi harus dibantu dengan software yang membantu perhitungan, salah satunya MathCAD.

Perencanaan Teknik Sipil biasanya melibatkan perhitungan matematis, oleh karena itu software ini sangat berguna dalam membantu perhitungan pada mata kuliah Struktur Beton Bertulang, Struktur Baja, Mekanika Fluida dan Hidraulika.

Baca Juga: Cara Menentukan Laptop Gaming dan Editing

Bagaimana penjelasan mengenai Software Mahasiswa teknik di atas? Setidaknya anda telah mengetahui sekilas penjelasannya. Jika anda merupakan mahasiswa teknik, segera mempelajarinya dan disesuaikan dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Software tersebut terbilang berat dan membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih baik. Agar saat digunakan terasa ringan tanpa adanya hambatan berupa laptop nge-lag. Terima Kasih.